Fungsi Power Supply Lengkap dengan Cara Kerjanya

Fungsi Power Supply

Fungsi Power Supply – Power Supply atau dengan sebutan lainnya adalah catu daya merupakan suatu perangkat elektronik yang berguna untuk menyuplai energi listrik. Kegunaan utamanya ialah mengkonversikan salah satu energi ke lainnya sehingga disebut Electronic energy converters.

Fungsi Power Supply

Pada dasarnya, power Supply tidak hanya berfungsi sebagai penyalur suatu energi ke listrik ke perangkat lainnya. Kegunaannya bisa dikatakan cukup kompleks terutama jika bicara mengenai elektronika. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fungsi dari power Supply.

1. Rectification Atau Converters

Fungsi utama dari power Supply adalah sebagai converters yang melakukan energi conversion secara langsung. Dengan kata lain mengarahkan suatu energi listrik yang dihasilkan dari sumber energi utama. Kemudian barulah akan dilakukan proses konversi.

Salah satu contoh yang paling sederhana adalah mengubah arah energi listrik daya AC menjadi DC. Prosesnya berlanjut menuju tahap dikembalikan ke perangkat elektronik yang telah terhubung sebelumnya. Jenis ini memiliki 3 bagian yaitu PS, inverter dan konverter.

2. Voltage Transformation

Seperti yang diketahui bahwa perangkat elektronik membutuhkan daya yang sesuai dengan keperluan atau kapasitasnya. Jika melebihi atau kurang dari kebutuhannya maka bisa terjadi suatu masalah terhadap fungsi atau sistem. Disinilah peran power Supply sangat penting.

Sebab, fungsi lain dari power Supply atau catu daya adalah mengatur besaran dari energi yang keluar berupa tegangan (Voltase DC). Tujuan sudah pashttps://teknoapps.id/blog/tag/power-supply/ti supaya daya yang masuk ke dalam perangkat sesuai dengan kapasitasnya. Sehingga, semuanya akan berjalan lancar.

3. Filtering

Bukan hanya bicara mengenai bahwa perangkat elektronik membutuhkan daya yang sesuai, tapi juga ada aspek penting lainnya. Supaya semuanya dapat berjalan sesuai fungsi atau kerjanya, memerlukan daya yang cukup. Tapi, kualitas energinya pun harus diperhatikan.

Itulah mengapa peran power Supply menjadi sangat penting sebagai penyuplai tegangan atau daya. Sebab, kegunaan lainnya dari PS adalah sebagai filtering atau menyaring energi. Tujuannya agar arus listrik yang masuk ke dalam perangkat kondisinya bersih tanpa noise.

4. Regulation

Fungsi selanjutnya dari power Supply adalah sebagai regulation. Dengan perannya yang satu ini maka energi dapat dikendalikan. Bukan hanya itu saja saja tapi juga mengontrol tegangan output. Kemudian berguna juga untuk mengawasi beban daya hingga perubahan temperatur.

Melalui semua fungsi tersebut maka peran power Supply menjadi lebih penting lagi untuk sebuah perangkat elektronik. Karena, jika beban daya, tegangan itupun hingga temperatur tidak dikendalikan, maka akan berbahaya. Jadi tujuannya adalah supaya energi masuk tetap stabil.

5. Protection

Power Supply komputer atau pada laptop juga berperan sebagai protector agar perangkat elektronik tetap stabil dan tidak mengalami kerusakan. Sebab, salah satu pemicu adanya masalah pada perangkat diakibatkan oleh daya listrik. Dengan begitu secara tak langsung membutuhkan perlindungan.

Adanya power Supply tentu akan mencegah terjadinya lonjakan terhadap tegangan listrik. Terlebih hal tersebut terkadang berlangsung secara mendadak atau tiba-tiba. Dengan adanya proses Supply maka masalah seperti itu dapat dikendalikan karena telah menjadi fungsinya.

6. Isolation

Energi listrik memang merupakan salah satu komponen yang bisa dikatakan sangat rumit. Ada berbagai macam ketentuan yang tak bisa diabaikan dan dilawan. Karena, apabila terjadi kesalahan seperti pencampuran energi maka akan mengakibatkan sebuah risiko berbahaya.

Oleh karena itu, peran power Supply terhadap perangkat elektronik adalah sebagai isolation. Dimana memisahkan antara elektrik yang didapatkan dengan sumber input listrik. Apabila tak berfungsi sebagaimana mestinya, maka risiko seperti gagal fungsi akan terjadi pastinya.

Cara Kerja Power Supply Pada Perangkat

Sebenarnya cara kerja power Supply pada perangkat keras komputer sangat beragam. Hal tersebut tergantung pada kebutuhan serta jenis PS yang digunakan. Pasalnya, catu daya memiliki jenis yang bervariatif. Berikut penjelasan mengenai bagaimana cara kerja dari power Supply.

1. Komponen Penting Power Supply

Sebelum membahas tentang bagaimana cara kerja dari power Supply, ada baunya Anda ketahui juga perihal komponen pentingnya. Sebab, di dalamnya terdapat bagian-bagian yang berfungsi guna mendukung kinerja perangkat elektronik. Salah satunya adalah Kapasitor.

Selain itu, komponen lainnya dalam power Supply adalah Resistor yang berperan untuk menurunkan tegangan. Kemudian terdapat induktor dengan peran sebagai pengatur frekuensi serta menyaringnya. Beberapa komponen lainnya yaitu transistor hingga dioda.

2. Cara Kerja Dari Power Supply

Secara gampang, ketika Anda menghidupkan power pada perangkat komputer, maka dengan otomatis power Supply akan mengecek dan mengetes. Hal ini berlangsung saat sistem komputer belum bekerja . Fungsinya guna mengidentifikasi jika terjadi kerusakan.

Jadi, jika komputer bisa menyala secara normal seperti biasanya, maka dengan begitu power Supply akan memberikan informasi. Selain itu, PS ini juga membagi energi ke perangkat yang ada. Tentu energi akan dayanya disesuaikan dengan kapasitas kebutuhan perangkat.

Pengaplikasian Power Supply

Pada dasarnya, power Supply dapat Anda temukan dalam berbagai macam kegiatan di saat ini. Karena keberadaannya sangat dibutuhkan oleh berbagai macam perangkat elektronik sehari-hari. Untuk selengkapnya, berikut beberapa pengaplikasian power Supply.

1. Komputer

Salah satu perangkat elektronika yang menggunakan power Supply adalah komputer. Peran PSU terhadap perangkat ini ialah guna mengubah arah AC menjadi DC. Dengan kata lain yaitu mengubah sumber daya jaringan listrik jadi DC sesuai apa yang dibutuhkannya.

Bahkan peran power Supply terhadap perangkat komputer tak hanya tu saja. Keberadaannya mampu menjaga serta mengidentifikasi apabila adanya kerusakan. Jadi, ketika Anda menekan tombol power (menyalakan), PSU akan memberikan informasi jika terjadi suatu masalah.

2. Kendaraan Dengan Tenaga Listrik

Saat ini perkembangan teknologi melaju begitu pesat. Hal tersebut membuat ada banyak terobosan luar biasa dalam dunia teknologi. Bahkan kemajuan tersebut telah diterapkan dalam sebuah kendaraan bertenaga listrik. Secara otomatis power Supply ikut berperan.

Pasalnya, power Supply memiliki peran yang sangat penting dalam pengaplikasiannya pada kendaraan bertenaga listrik. Fungsinya adalah guna mengkonversikan yang bertegangan tinggi agar dapat disimpan ke dalam baterai. Karena bahan bakar utamanya ialah listrik.

3. Pesawat

Pesawat menjadi salah satu kendaraan udara yang menggunakan power Supply dalam pengaplikasiannya. Bahkan hal ini berlaku untuk pesawat komersial maupun militer. Perannya dapat dikatakan sangatlah penting terutama sebagai penyuplai energi listrik.

Peran power Supply terhadap Avionic sistem sangatlah krusial. Fungsinya adalah untuk mengubah daya atau energi listrik ke tingkat kebutuhan. Dengan begitu, energi yang dihasilkan akan sesuai pada kebutuhan pada pesawat sehingga semuanya tetap aman.

4. AC Adapter

AC Adapter menjadi perangkat selanjutnya yang sangat membutuhkan power Supply di dalamnya. Jenis yang digunakan umumnya berupa PS tegangan tetap. Dengan begitu, energi atau voltase yang dimiliki tidak dapat diubah dan sudah sesuai ketentuan pabriknya.

Jika Anda tidak tahu pengaplikasian AC Adapter, maka sederhananya perangkat yang biasa digunakan untuk Charger HP. Power Supply tentu berperan sebagai penyuplai energi listrik ke dalamnya. Hanya saja voltasenya tak dapat diatur atau diubah.

Penutup

Itulah tadi pembahasan dari TeknoApps mengenai berbagai macam tentang fungsi Power Supply. Kesimpulannya ialah, PS dapat diaplikasi pada beragam perangkat. Terutama barang elektronika yang membutuhkan aliran energi listrik.