Pengertian Shut Down adalah, dan Manfaatnya Untuk Kalian

Shut Down Adalah

Shut Down adalah sebuah aktifitas atau program yang dirancang didalam sebuah komputer atau laptop yang berfungsi untuk mematikanya. Nah jika kalian sudah selesai menggunakan perangkat tersebut, ada baiknya mematikannya supaya perangkat bisa istirahat nantinya.

Nah untuk mematikan perangkat komputer atau laptop ini pun juga tidak boleh sembarangan, kalian harus mengikuti prosedur yang telah dibenarkan, salah satunya adalah dengan memakai tombol Shut Down tersebut.

Perbedaan Sleep dan Shut down

Untuk perbedaan sleep dan Shut Down adalah dari cara kerja keduanya itu sendiri. Meskipun dari kasat mata tujuannya adalah sama-sama mematikan komputer atau laptop, namun ada perbedaan dalam kedua cara ini.

Jika kalian menggunakan tombol sleep untuk mematikan komputer atau laptop, maka dalam kondisi ini perangkat kalian tidak benar-benar mati alias hanya tertidur saja. jika kalian perhatikan secara detail, perangkat dalam kondisi sleep ini kalian bakal masih mendengar komponen didalamnya masih bergerak.

Memang saat mode sleep ini masih ada aliran listrik yang masuk dalam komponen, tujuannya adalah saat kalian menyalakannya kembali maka tidak butuh waktu booting lama. Sementara untuk mode Shut Down adalah kondisi komputer atau laptop benar-benar mati, dimana tidak akan ada aliran listrik yang masuk didalamnya.

Meskipun membutuhkan waktu booting yang lama saat menyalakannya kembali, namun ada banyak manfaat yang akan kalian dapatkan dengan melakukan hal ini.

Baca : Jenis-jenis Perangkat Keras Komputer

4 Manfaat yang Wajib Kamu Tahu Dari Shut Down

Dari pengertian diatas jika Shut Down adalah sebuah proses untuk mematikan komputer ataiu laptop yang baik dan benar. Dibalik itu semua pastinya ada manfaat yang mungkin tidak kalian sadari selama ini, apakah itu? Cari tahu jawabannya di bawah ini:

1. Sistem Didalam Perangkat Tidak Gampang Rusak

Manfaat pertama dari Shut Down adalah menjadikan perangkat kalian panjang umur dan tidak sering mengalami error. Dengan memanfaatkan menu Shut Down ini maka kalian akan terhindar dari masalah seperti sistem didalam komputer error atau mungkin kondisi yang lebih parahnya adalah kerusakan pada hardware perangkat itu sendiri.

Seperti padakomputer yang memang digunakan dalam kurun waktu yang lama, contohnya komputer server atau komputer yang ada di warnet khusus game. Dimana perangkat ini lebih sering mengalami error pada bagian temporer sistem maupun program didalamnya.

Jika masalah ini tidak parah mungkin masih bisa dimaklumi, namun jika sampai merusak komponen yang ada didalamnya tentu kalian yang akan mengalami kerugian nantinya. Terlebih harga komponen komputer ini sendiri juga tidak murah, sekalipun ukuran komponen itu kecil.

Nah untuk kalian yang ingin terhindar dari masalah seperti, jika kebetulan komputer ini memang sangat penting cobalah untuk melakukan Shut Down beberapa saat untuk istirahat. Karena bagimanapun benda elektronik ini layaknya manusia, jika dipaksa bekerja terus menerus juga bisa mengalami rusak juga nanti.

2. Bikin Hemat Listrik dan Baterai Awet

Manfaat selanjutnya dari Shut Down adalah bisa menghemat tagihan listrik kalian nantinya, jangan terlalu sering meninggalkan komputer dalam kondisi menyala hanya untuk keperluan mendownload film atau game semalaman penuh. Sementara kalian tinggalkan komputer itu tidur selagi ia terus menyala tanpa ada yang menggunakannya.

Kondisi ini akan diperparah jika komputer yang kalian miliki punya spesifikasi tinggi, yang pasti daya listrik yang dikonsumsinya pun juga semakin tinggi nantinya. Hal ini juga berlaku bagi kalian pengguna laptop, jangan pernah meninggalkan perangkat kalian dalam kondisi nyala seharian.

Meskipun laptop dalam kondisi di charge, hal ini juga sangat berbahaya dan merugikan karena baterai kalian bakalan rusak nanti.  Lebih baik jika kalian mematikan komputer atau laptop pada saat malam hari, agar perangkat kalian juga bisa istirahat sepertimu juga, sehingga saat besok digunakan komputer bisa bekerja secara maksimal.

Selain bikin komputer atau laptop, hal ini juga bisa menghemat biaya tegangan listrik juga. Dan pastinya dengan mematikan maka akan membuat baterai laptop kalian tetap awet tidak gampang ngedrop, mengingat harga baterai laptop ini juga cukup mahal dipasaran.

Baca : Jenis-jenis Power Supply

3. Perangkat Jadi Awet

Perlu kalian ketahui, jika komponen yang ada didalam komputer maupun laptop ini biasanya mampu bekerja secara optimal selama 3-5 tahun pemakain. Dan setelah itu, maka akan mulai terjadi beberapa masalah yang mungkin akan kalian hadapi.

Nah kurun waktu sendiri bisa dipersingkat jika kalian memiliki kebiasaan tidak mematikan komputer atau laptop dalam waktu yang cukup lama. Mungkin hanya dalam waktu 1-2 tahun saja kalian akan mulai menemui beberapa masalah pada perangkat tersebut.

Kembali lagi, awet tidaknya sebuah perangkat ini tergantung dari pemiliknya sendiri. Jika si pemilik ini bisa merawat dengan baik dan menggunakannya secara normal, maka usia dari laptop atau komputer juga bisa panjang. Namun jika si pengguna ini tidak aturan, seperti memakaianya terus menerus dengan durasi istirahat yang minim maka akan membuatnya cepat rusak.

Maka dari itu, manfaat selanjutnya dari Shut Down adalah bisa membuat perangkat jadi awet. Kalian gunakan komputer atau laptop dengan durasi waktu yang normal, maksimal 8 atau 12 jam perhari, dan sisanya bisa kalian matikan agar perangkat istirahat.

Disisi lain kalian juga bisa dengan melakukan perawatan, minimal dengan membersihkan komponen komputer ini dari debu yang menempel. Meskipun ukurannya kecil, namun jika sudah menumpuk maka hal ini juga menyebabkan performa perangkat menurun.

4. Bebas Dari Suara Berisik

Jika kalian yang menggunakan laptop dan tidak mematikan semalam mungkin tidak akan menimbulkan suara yang menggangu. Tentu hal ini tidak berlaku jika kalian pengguna komputer, suara fan maupun komponen lainnya ini tentu akan sangat mengganggu  di kondisi malam hari yang biasanya sunyi sepi.

Suara sekecil apapun dari komputer, pasti bakalan terdengar sehingga bisa menggangu jam tidur kalian juga nanti.  Apalagi jika komputer kalian jarang dibersihkan, maka suara fan atau kipas ini bakalan lebih berisik karena adanya debu yang menempel disekitarnya.

Dan manfaat terakhir dari Shut Down adalah tidak akan mengganggu waktu istirahat kalian, karena pastinya suara dari komputer kalian itu tidak akan muncul nantinya. Namun bukan berati meninggalkan laptop menyala semalaman adalah lebih baik ya, meskipun tidak menimbulkan suara berisik tapi hal ini tetap tidak dianjurkan.

Pastikan jika kalian untuk memlih fungsi Shut Down ya, jangan hanya sekedar sleep saja karena hal itu juga dirasa percuma karena komponen didalam perangkat kalian masih tetap bekerja meskipun tidak menimbulkan suara. Jika terjadi dalam kurun waktu yang lama, maka komponen didalamnya pun juga bakal panas nanti.

Baca : Pengertian Power Supply Adalah, Berikut Penjelasannya

Penutup

Mungkin cukup sekian dulu ulasan dari TeknoApps kali ini tentang pengertian Shut Down beserta manfaatnya, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian nantinya.