Wajib Tahu, Ini Pengertian Perangkat Keras dan Fungsinya

Pengertian Perangkat Keras

Pengertian Perangkat Keras – Jika menyebutkan nama perangkat keras, mungkin yang langsung muncul di pikiran Kamu adalah sebuah komputer. Memang tidak ada salahnya, namun sudah tahukah Kamu pengertian perangkat keras ini sendiri?

Tidak sedikit orang yang tahu dengan nama perangkat keras, namun tidak paham apa yang dimaksud dengan benda tersebut. Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini akan kami bahas mengenai pengertian perangkat keras dan apa saja komponen yang ada didalamnya.

Apa yang Dimaksud Perangkat Keras

Pengertian perangkat keras ini adalah semua jenis perangkat atau pun komponen yang ada didalam computer dimana bagian fisik dari benda tersebut bisa dilihat dan dirasakan.  Menurut James O’Biren, hardware atau perangkat keras ini adalah semua komponen / benda fisik yang berguna untuk pemrosesan informasi pada perangkat PC.

Pada umumnya, perangkat keras ini terlihat sebagai wujud output dari setiap proses sistem operasi computer. Namun pastinya, perangkat keras ini haruslah mendapat bantuan perangkat lunak (software) agar nantinya perintah yang diberikan oleh user bisa dijalankan dengan baik dalam computer.

Fungsi Perangkat Keras

Dari pengertian perangkat keras diatas tadi apakah Kamu sudah paham mengenai apa fungsi sebenarnya dari benda tersebut? secara umum fungsi perangkat keras komputer adalah untuk mendukung aktifitas dari computer, mulai dari menampilkan / menerima output, mengolah informasi/perintah, dan yang terakhir memberikan output lalu menyimpannya jika diperlukan.

Nah setiap fungsi perangkat keras  diatas tadi pastinya tidak dikerjakan oleh satu benda saja, namun ada beberapa komponen dengan tugas masing-masing dan menjadi satu-kesatuan dalam memberikan infromasi kepada user atau pengguna komputer itu sendiri.

Jenis Perangkat Keras

Dalam pengertian perangkat keras diatas tadi menyebutkan jika fungsi dari hardware ini adalah untuk mendapatkan input, memproses data, memberikan output, lalu menyimpan data. Nah berikut ini perlu Kamu beberapa macam perangkat keras yang masuk dalam masing-masing kategori yang sudah disebutkan diatas tadi.

1. Perangkat Input (input Device)

Dari namanya saja perangkat input, pastinya perangkat keras  yang masuk dalam kategori ini ialah mereka yang bekerja untuk memasukkan data atau perintah yang dilakukan oleh user. Nah perintah atau data yang dimasukkan ini bisa berupa teks, gambar, audio, video, maupun yang lainnya kedalam sebuah computer.

Lalu apa saja jenis atau contoh perangkat keras  yang masuk dala kategori Input Device ini? yang paling sering Kamu temui adalah keyboard dan mouse. Keyboard yang biasanya digunakan untuk mengetik juga berguna untuk memberikan sebuah perintah kedalam sistem computer.

Begitu pun dengan mouse yang sekilas hanya berfungsi untuk menggerakkan kursor didalam PC namun benda ini juga bisa memberikan perintah. Selain kedua benda diatas, masih ada input device lain yang mungkin juga Kamu temukan seperti Microphone, webcam, joystick, dan masih banyak lagi.

2. Perangkat Proses (Process Device)

Setelah perangkat keras  diatas tadi memberikan input / masukkan / perintah kedalam computer, maka langkah selanjutnya adalah memproses atau mengolah data yang dimasukkan kedalam computer untuk diketahui tindakan apa selanjutnya yang harus dilakukan.

Nah untuk mengolah perintah atau data yang diberikan user ini, perangkat keras  yang bertugas untuk hal tersebut adalah Prosesor, RAM, VGA, dan lain sebagainya. Khusus untuk prosesor ini bisa dibilang sebagai otaknya computer, sehingga segala perintah yang masuk akan diolah olehnya dan akan di distribusikan ke perangkat keras  lain untuk mengeksekusinya.

Meskipun sebagai otak dari computer, kinerja dari prosesor ini tidak terlepas dari dukungan RAM dan juga VGA didalamnya, Kedua perangkat keras  ini sangat berpengruh atas apa yang dilakukan oleh prosesor, misalkan jika kapasitas RAM dalam sebuah computer ini kecil maka kinerja prosesor pun akan melambat.

Sebaliknya jika kapasitas RAM ini besar maka kinerja prosesor pun juga bakal ngebut untuk mengeksekusi perintah user. Sementara VGA ini berpengaruh akan hasil tampilan (berupa gambar dan video) yang ada di dalam computer, semakin bagus jenis VGA yang diberikan maka semakin bagus pula hasil yang disuguhkan.

3. Perangkat Keluar (Output Device)

Dan komponen selanjutnya kali ini adalah pada sektor output device. Dari pengertian perangkat keras  diatas tadi disebutkan komponen PC ini bertugas memberikan hasil dari perintah (input) yang dimasukkan user, dan dikelola oleh bagian Proses device.

Nah contoh perangkat keras yang masuk dalam kategori ini diantaranya adalah Monitor, Speaker, maupun Printer. Dimana masing-masing perangkat ini bisa memberikan hasil yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Dimana untuk monitor ini bisa memberikan output berupa gambar dan video, lalu speaker menghasilkan output berupa suara, dan printer ini menghasilkan output berupa hardcopy (dokumen). Maka dari itu disebutkan diatas tadi, jika prosesor ini memiliki peran penting untuk mengolah perintah dari user setelah itu menyerahkan ke perangkat keras mana untuk mengeksekusinya.

4. Perangkat Menyimpan (Storage Device)

Memang untuk perangkat keras yang satu ini tidak ada kaitanya dengan tiga komponen lainnya, namun perangkat ini tetap sangatlah penting. Storage device ini merupakan perangkat untuk menyimpan data didalam computer seperti Harddisk, Flashdisk, Floppy disk, CD/DVD.

Tanpa adanya Storage device ini maka Kamu juga tidak akan bisa apa-apa, karena butuh untuk menyimpan data Kamu didalamnya. Karena ini nanti berguna untuk menyimpan data aplikasi yang mungkin Kamu simpan didalam PC nantinya.

Contoh Perangkat Keras dan Fungsinya

  • Casing berguna melindungi komponen didalam computer
  • Motherboard meurpakan papan sirkuit utama yang berguna untuk menghubungkan komponen perangkat keras lainnya.
  • Power Supply berguna untuk menyediakan daya pada motherboard.
  • Processor berguna untuk pemroses data atau bisa disebut otak komputer.
  • RAM berguna sebuah penyimpanan data sementara, data akan hilang jika komputer dimatikan.
  • Hard Disk memiliki kapasitas besar, dan jadi penyimpanan utama dalam komputer
  • DVD/CD ROOM berguna untuk membaca serta menulis data ke media dari dan ke CD/DVD.
  • Keyboard merupakan papan ketik pada komputer atau laptop
  • Mouse berfungsi untuk menggerakkan kursor yang ada didalam PC
  • Webcam berguna untuk mengambil atau merekam gambar dan video dari pengguna.
  • Mikrofon berguna untuk merekam suara dari pengguna .
  • Scanner berguna untuk memindai berkas.
  • Trakball ini terletak pada mouse, dimana fungsinya untuk memudahkan pengguna dalam melakukan scrolling pada monitor ketika membuka sebuah halaman
  • Monitor berguna untuk menampilkan hasil visual baik berupa gambar atau video dari komputer ke layar monitor.
  • Speaker bertugas untuk menghasilkan suara.

Penutup

Nah itu tadi sedikit penjelasan dari TeknoApps tentang pengertian perangkat keras, fungsi, dan macam-macam komponen yang ada didalamnya. Dengan memahami nama dan fungsinya begini Kamu pun akan lebih mudah lagi mengenali apabila suatu saat ada kerusakan pada perangkat computer Kamu.

Mungkin cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang pengertian perangkat keras, semoga apa yang sudah dibahas tadi bermanfaat dan menambah wawasan Kamu.