Mengenal Apa Itu Kesalahan Parse dan Cara Mengatasinya

apa-itu-kesalahan-parse

Hallo sobat tekno, apa kabarnya? Pada artikel kali ini Teknoapp.id akan membahas apa itu kesalahan parse dan cara mengatasinya.

Android merupakan sistem operasi terpopuler pada smartphone sejauh ini. Bagaiamana tidak, hanya kurang dari 30% penduduk bumi yang menggunakan sistem operasi iOS.

Sisanya lebih dari 70% penduduk bumi menggunakan sistem operasi Android. Android memberikan keuntungan penawaran akan kebebasan pada semua orang untuk menjadi kontributor melakukan pengembangan aplikasi pada penggguna smartphone atau dengan bahasa lain sistem operasi yang open source.

Seiring dengan pesatnya pengguna android. Pengguna android bukannya tidak memiliki masalah dalam menggunakannya.

Salah satu masalah yang mungkin saja ditemui ialah munculnya peringatan “Error there is a problem parsing the package” atau bila smartphone menggunakan bahasa indonesia maka akan muncul pesan “ada masalah saat mengurai paket”. Kesalahan yang menimbulkan pesan ini biasa disebut dengan kesalahan parse.

Apa Itu Kesalahan Parse?

Kesalahan parse adalah suatu masalah yang terjadi pada android yang tidak dapat memproses dan melakukan instalasi pada file sumber. Kesalahan parse ini disebabkan oleh banyak alasan, beberapa penyebab kesalahan parse atau kesalahan saat mengurai paket ialah:

  • File yang diakses termasuk file yang crash atau rusak,
  • File yang didownload yang tidak sempurna atau belum selesai
  • Ketidakcocokan atau perubahan yang tidak sah pada file.
  • Masalah perizinan pada instalasi pada smartphone.
  • Masalah pada hak akses pada smartphone itu sendiri.

Saat terjadi hal yang tersebut diatas maka umumnya akan terjadi kegagalan pada saat proses pemasangan aplikasi tersebut. Sehingga akan munculnya pesan error ini.

Kesalahan parse juga sering terjadi saat akan dilakukan pemasangan pada aplikasi di android yang sebelumnya di download pada sumber yang bukan berasal dari Google Play Store atau sumber pihak ketiga.

Akan tetapi bukan berarti aplikasi yang diinstall dari Google Play Store tidak pernah menerima pesan kesalahan ini dikarenkan pada beberapa kasus, aplikasi yang dari Google Play Store pun dapat mengalaminya.

Apabila kamu masih membutuhkan melakukan pemasangan atau proses install pada aplikasi yang bersangkutan dan terus menerima pesan kesalahan parse ini. Maka pada artikel ini kami juga menjelesakan dan menyertakan beberapa solusi yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Kesalahan Parse pada Android

Meskipun kamu tidak mengetahui penyebab pasti dari kesalahan parse pada smartphone kamu. Kamu tidak perlu bingung dan khawatir saat menghadapinya. Kamu dapat menerapkan salah satu diantara beberapa solusi ini untuk membantu mengatasi kesalahan parse atau kesalahan penguraian saat hendak menginstall suatu aplikasi:

Hapus Cache pada Google Play Store

Kemungkinan paling sederhana yang dinilai efektif untuk mengatasi kesalahan parse ialah menghapus cache pada google play store. Menghapus cache play store dapat menghapus data yang tidak berguna yang bisa jadi mengakibatkan kesalahan parse. Langkah langkah untuk menghapus cache pada play store yakni:

  1. Masuk pada “Play store”.
  2. Pilih menu “Settings”
  3. Pilih “Clear local search history”.

Apbila sudah kamu hapus cache pada play store. Coba ulangi lagi proses instalasi pada aplikasi yang sebelumnya menimbulkan kesalahan parse.

Perbarui Android

Saat kesalahan parse ini muncul bisa jadi diakibatkan oleh aplikasi yang diinstall tidak didukung oleh sistem operasimu.

Langkah yang dapat dilakukan ialah melakukan pembaruan pada sistem operasi di smartphone kamu ke versi yang paling baru. Apabila sudah dilakukan pembaruan coba lakukan ulang proses instalasi.

Lakukan Perubahan Pembatasan Izin pada Android

Kesalahan parse ini muncul bisa juga disebabkan oleh adanya pembatasan izin pada smartphone untuk melakukan instalasi pada sumber yang tidak dikenal.

Umumnya android mendukung kemanan android kamu. Sehingga setelan bawaan dari android ialah akan melakukan pemblokiran pada pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenali.

Pada dasarnya, melakukan pemasangan pada aplikasi dari pihak ketiga memang tidak disarankan karena dapat membahayakan smartphone kamu. Terjadi pemasangan aplikasi yang mengandung malware misalnya.

Apabila memang diperlukan aplikasi yang sebelumnya memunculkan pesan eror parse. Maka kamu dapat mengubah pengaturan pada smatphone kamu sehingga dapat mengizinkan instalasi pada sumber yang tidak dikenal. Sehingga pesannya tidak akan muncul kembali. Langkah langkah yang perlu dilakukan ialah

  1. Masuk menu “Pengaturan”
  2. Masuk pada menu “Security atau Keamanan”
  3. Langkah terakhir, kamu hanya perlu memberikan centang pada bagian “Unknown Source”.

Ulangi Pengunduhan dan Instalasi

Seperti yang disebutkan sebelumnya juga. Bisa jadi kesalahan parse ini muncul dikarenakan file aplikasi yang diunduh atau download tidak lengkap dan rusak.

Pada langkah ini kamu hanya perlu melakukan download ulang yang kemudian dilanjutkan dengan proses instalasi.

Cara lainnya ialah kamu dapat menggunakan sumber yang asli atau sumber lain atau bisa jadi sumber yang lebih terpercaya untuk mendownload aplikasinya. Selain itu, coba gunakan browser yang lain untuk mendownload file aplikasinya.

Nonaktifkan Antivirus Sementara

Sering kali file yang kita download dari pihak ketiga dianggap oleh android sebaagai aplikasi yang mengandung virus.

Langkah ini memang merupakan setelan bawaan dari smartphone kamu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Sehingga saat file tersebut didownload maka sistem akan mengentikan proses pemasangannya.

Namun, saat kamu yakin filenya aman dan memang kamu membutuhkan aplikasi tersebut. Kamu hanya perlu menonaktifkan sementara perangkat lunak antivirus android pada smartphone kamu.

Aktifkan USB Debugging

USB Debugging terutama pada pilihan opsi pengembang menurut beberapa pengguna android dapat memperbaiki kesalahan parse. Untuk mengatifkan USB Debugging kamu perlu masuk pada Developer Mode. Untuk mengatifkan USB Debugging langkah yang dapat dilakukan ialah:

  1. Masuk ke menu “Pengaturan”
  2. Cari opsi “About Phone”
  3. Cari “Build Number” dan ketuk minimal 7 kali pada menu tersebut. Maka akan muncul pop up “You are now a developer”
  4. Masuk lagi ke pengaturan
  5. Cari “Developer Options”
  6. Cari “USB Debugging” dan akitifkan.
  7. Lakukan pengulangan instalasi pada aplikasi yang sebelumnya memberikan pesan kesalahan parse.

Lakukan Reset ke Pengaturan Pabrik

Apabila langkah sebelumnya belum dapat menyelesaikan masalah kesalahan parse. Maka langkah terkahir ialah melakukan reset pada smartphone kamu.

Kamu dapat melakukan mengembalikan smartphone kamu ke setelan pabrilk. Namun, perlu diingat bahwasanya saat kamu melakukan reset, maka seluruh data yang ada di smartphone kamu akan dihapus.

Data yang dihapus termasuk file foto, video, dokumen dan lainnya. Sehingga langkah ini perlu dipikirkan secara matang apakah perlu dilakukan reset. Kesalahan Parse atau Parse Error ini ialah masalah yang umum ditemui pada semua pengguna android saat hendak melakukan pemasangan pada aplikasi tertentu.

Namun, saat semua langkah diatas untuk menghilangkan kesalahan pada parse sudah dilakukan. Akan tetap tidak juga menyelesaikan masalah. Maka kemungkinan terkahir ialah aplikasi yang hendak kamu install tidak mendukung sistem operasi kamu. Karena dalam beberapa kasus tertentu ada keterbatasan pada perangkat. Sehingga smartphone tidak dapat diperbarui dengan sistem operasi yang mendukung aplikasi yang hendak dipasang