5 Aplikasi Penjawab Soal Bahasa Inggris dengan Kamera Terbaik

aplikasi-penjawab-soal-bahasa-inggris-dengan-kamera

Pada artikel ini Teknoapp.id akan membagikan 5 rekomendasi terbaik aplikasi penjawab soal bahasa Inggris dengan kamera handphone.

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang disepakati sebagai bahasa internasional. Oleh karenanya, Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan.

Namun, bagi masyarakat Indonesia ternyata tingkat kecakapan dalam berbahasa inggris ternyata belumlah tinggi.

Hal ini mungkin dikarenakan bahasa inggris ini merupakan bahasa kedua atau bahkan bahasa ketiga dalam penggunaanya bagi mereka setelah Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah.

Sehingga, menurut data yang dirilis oleh EF English Proficiency Index pada akhir 2024 lalu, tingkat kecakapan masyarakat Indonesia dalam Bahasa Inggris hanya bercokol pada peringkat 80 dari 112 negara yang mereka survei. Hal ini tentu dipengaruhi oleh banyak faktor namun dapat menjadi salah satu bukti masih rendahnya tingkat kecakapan bahasa inggris di Indonesia.

Di era modernisasi yang serba canggih ini ternyata banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu kesulitanmu dalam belajar dan mengaplikasikan Bahasa Inggris. Kamu mungkin butuh menggunakan atau melakukan translasi pada teks dan gambar bahasa inggris ke Bahasa Indonesia.

Aplikasi Penjawab Soal Bahasa Inggris dengan Kamera

Pada artikel ini kami akan membahas, berbagai aplikasi penjawab soal Bahasa Inggris dengan kamera. Sehingga kamu dapat memfaatkan kamera di smartphone tanpa perlu memerlukan mengetik ulang kata kata yang temukan.

Misalnya teks dan kalimat yang terdapat pada brosur, buku, rambu jalan, daftar menu dan lainnya. Aplikasi ini juga akan membantu kamu dalam belajar serta membiasakan penggunaan Bahasa Inggris. Berikut daftar aplikasi penjawab soal bahasa Inggris dengan kamera yang dapat kamu download di Play Store atau App Store:

1. Google Translate

Aplikasi Penjawab Soal Bahasa Inggris dengan Kamera

Aplikasi penjawab soal bahasa Inggris dengan kamera yang pertama adalah Google Translate. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2006, Google translate terus mengalami perkembangan yang pesan setiap tahunnya. Terhitung sejak artikel ini dibuat, google translate telah mendukung sebanyak 109 bahasa di berbagai tingkatan.

Selain dapat mengunjungi dan melakukan terjemahan secara konvensional pada websitenya langsun. Kini, google translate telah dapat melakukan proses translate dengan menggunakan foto. Namun perlu diingat, hal ini hanya dapat dilkakukan saat perangkat kamu terhubung dengan internet. Berikut ini cara menggunakan google translate untuk membantu kamu menjawab pertanyaan dalam bahasa inggris dengan menggunakan kamera:

  • Hal pertama yang kamu lakukan ialah melakukan instalasi aplikasi google translate. Google translate dapat kamu unduh di Play Store atau App Store secara gratis.
  • Langkah selanjutnya, kamu membuka aplikasi dan memilih bahasa asal dan bahasa tujuan dari penerjemahan.
  • Klik ikon kamera yang bertuliskan “Camera”. Ikon ini terletak pada sebelah kiri ikon pulpen.
  • Akan muncul pop up permintaan izin aplikasi untuk mengakses kamera perangkat. Lanjutkan dengan memberikan izin akses.
  • Selanjutnya aplikasi google translate akan masuk pada kamera yang sekaligus akan mengambil kendali akses.
  • Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu mengarahkan kamera kamu pada objek yang akan diterjemahkan. Maka hasil terjemahan akan secara langsung muncul di kayar.

2. CAM Kamus Inggris

Aplikasi Penjawab Soal Bahasa Inggris dengan Kamera

Aplikasi penjawab soal bahasa Inggris dengan kamera berikutnya ada CAM Kamus Inggris, yang dapat dicoba untuk membantu kamu dalam menjawab soal bahasa inggris dengan bantuan kamera. Pada aplikasi ini terdapat lebih dari 115. 000 kata dan frase yang dapat kamu coba.

Cara penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah. Saat aplikasi ini telah dibuka, kamu hanya perlu klik ikon kamera. Saat kamera telah dibuka maka akan disediakan kotak yang lebih kecil dan lebih terang.

Kamu hanya perlu mengarahkan kotak yang tersedia tersebut pada kata ataupun kalimat yang ingin diterjemahkan. Maka selanjutnya, aplikasi akan melakukan terjemahan pada kata yang ada di dalam kotak.

Aplikasi akan memunculkan berbagai kemungkinan terjemahan pada kata dan kalimat yang ada pada kotak. Aplikasi ini akan bekerja dengan maksimal pencahayaan pada kamera dalam keadaan baik. CAM Kamus Inggris ini juga mendukung melakukan terjemahan dengan suara dan teks.

3. Papago

Aplikasi penjawab soal bahasa Inggris dengan kamera selanjutnya ialah Papago. Aplikasi ini dapat membantu sangat berguna untuk membantu kamu yang kesulitan dalam menjawab soal bahasa inggris. Aplikasi dengan lambang burung beo dapat diunduh di Play Store secara gratis.

Aplikasi papago akan dapat membantu kamu dalam melakukan terjemahan bahasa asing dengan menyediakan 13 bahasa. Bahasa Inggris, Cina, Jepang, Spanyol, Perancis, Vietnam, Thailand, Indonesia, Russia, German dan Italia serta tentunya terdapat fitur melakukan penerjamahan pada teks pada foto yang diambil.

Beberapa fitur utama dari aplikasi ini ialah:

  • Melakukan terjemahan kata atau frase pada teks secara langsung.
  • Dapat menggunakan terjemahan pada text yang terdapat pada gambar, dengan melakukan pengambilan gambar terlebih dahulu.
  • Terdapat fitur penerjemahan dengan menggunakan suara.
  • Mampu melakukan terjemahan saat offline.
  • Terdapat fitur percakapan dengan orang asing, untuk membantu mengasah kemampuan berbicara bahasa inggris kamu.
  • Handrwriting Translation. Dapat melakukan terjemahan pada kalimat yang ditulis tangan.
  • Website translation, yakni kemampuan melakukan penerjamahan pada keseluruhan isi yang ada dalam suatu website.

4. Camera Translator

Aplikasi penjawab soal bahasa Inggris dengan kamera lainnya ialah Camera Translator. Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis di Play Store mendukung lebih dari 100 bahasa. Dalam penggunaannya aplikasi in dapat memberikan hasil yang instan sehingga dapat sangat membantu.

Tentunya terdapat fitur melakukan terjemahan pada teks foto yang kamu ambil. Selain itu, hasil terjemahan dari aplikasi ini dapat kamu baca dan dengarkan cara pengucapannya Aplikasi ini telah diberikan ratings oleh 1 juta orang pada Play Store dengan rataan ratings sebesar 4,2. Lalu bagaiamana cara menggunakan aplikasi ini. Berikut langkah langkah cara menggunakan aplikasi ini.

  • Sebelum mengakses aplikasi ini, terlebih dahulu kamu pastikan kamu sudah mengunduh dan melakukan instalasi pada perangkatmu.
  • Lalu kamu akan diberikan beberapa menu pilihan, kamu silahkan pilih saja menu dengan ikon kamera.
  • Selanjutya kamu hanya perlu mengarahkan dan mengambil gambar teks yang ingin diterjemahkan.

Baca Juga:

5. Scan & Translate+ Text Grabber

Aplikasi penjawab soal bahasa Inggris dengan kamera terkahir yang dapat kamu coba ialah Scan & Translate+ Text Grabber. Aplikasi yang dirilis pada 2024 ini dapat kamu undah pada Play Store atau App Store dengan ukuran sebesar 52 MB secara gratis.

Penggunaan aplikasi penjawab soal bahasa Inggris dengan kamera ini pun sangat memudah. Ketika sudah masuk aplikasi, kamu hanya perlu mengarahkan kamera untuk menangkap teks yang ingin diterjemahkan, sesuai dengan bahasa yang dipilih.

Pada menu awal aplikasi terdapat menu manual dan snap. Untuk mendapatkan hasil yang spesifik, pilihlah opsi manual. Melalui opsi ini, kamu bisa melakukan pemotongan dan mengedit serta memilih area teks pada gambar yang sebelumnya telah diambil oleh kamera.

Selain itu aplikasi penjawab soal bahasa Inggris dengan kamera ini juga menawarkan berbagai fitur lain yang juga dapat membantu kamu belajar dan memahami bahasa inggris.

Beberapa fitur unggulannya ialah: terdapat fitur sistem suara otomotasi untuk tujuan pengucapan yang benar, fitur catatan, intruksi dan manual, berbagai rambu jalan dan masih banyak lagi.