APN Tidak Bisa Diaktifkan? Begini Cara Ampuh Mengatasinya

cara setting apn tidak bisa diaktifkan

Apakah kamu memiliki masalah APN tidak bisa diaktifkan? Pada artikel ini teknoapps.id/blog akan membahas cara mengatasi APN tidak bisa diaktifkan.

Dalam era teknologi sekarang ini sangat umum kita menggunakan istilah istilah dalam sebagai bentuk penyederhanaan akan suatu hal. Apalagi dalam teknologi biasa menggunakan istilah yang diserap dari bahasa inggris. Sehingga seringkali kita tidak mengetahui arti sebenarnya dari istilah yang digunakan. Salah satunya istiliah yang digunakan adalah APN.

Sebelum kita membahas cara mengatasi APN tidak bisa diaktifkan, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu APN.

Pengertian APN

APN merupakan salah satu istilah yang mungkin tidak asing atau bahkan baru pertama kali bagi kamu mendengarnya. Meskipun begitu, APN merupakan hal yang secara tidak sadar terus digunakan dan dipakai. APN sendiri merupakan akronim dari Acces Point Name.

APN ialah gerbang atau jembatan dari bagi berbagai jaringan termasuk GPRS, GSM, 3G, 4G dan bahkan 5G yang memiliki tugas untuk menyambungkan perangat android ke jaringan internet.

cara setting apn tidak bisa diaktifkan

Tanpa adanya keberadaan APN, perangkat android kamu tidak akan bisa terhubung ke internet. Umumnya konfigurasi atau pengaturann APN pada perangkat dilkukan secara otomatis. Namun dalam hal tertentu dilakukan pengaturan secara manual agar perangkat dapat tersambung ke internet.

Pengaturan APN yang tidak sesuai dapat menyebabkan permasalahan pada koneksi internet perangkat android kamu. Oleh karena itu pada artikel ini kami akan membahas permasalahan APN tidak bisa diaktifkan.

Konfigurasinya APN pada dasarnya merupakan hal yang sederhana. APN dapat di konfugrasi dengan menggunakan SMS atau dapat dilakukan konfigurasi manual melalui pengaturan jaringan. Gunakan konfigurasi APN yang sesuai dengan provider yang kamu gunakan. Apabila tidak sesuai ini akan berpengaruh pada koneksi internet kamu.

Langkah-Langkah Setting APN Tidak Bisa Diaktifkan

Berikut ini langkah-langkah setting saat APN tidak bisa diaktifkan:

  • Masuk menu “Pengaturan” yang diikuti dengan pilih menu “Jaringan Lainnya” (pada perangkat lain, masuk pada menu “Dual sim dan celuller”).
  • Kemudian pilih menu “Jaringan Seluler” dan plih “Acces Point Name”
  • Kamu bisa melakukan konfigurasi pada menu ini, baik kofigurasi pada GPRS atau MMS sesuai dengan penyedia layanan yang digunakan.
  • Kamu bisa menambahkan APN baru, dengan menekan ikon “+”, yang terletak di sudut kanan atas.
  • Apabila konfigurasi telah selesai klik “Simpan”.

Konfigurasi APN untuk setiap provider di Indonesia memiliki perbedaan yang signifikan. Sehingga, diperlukan konfigurasi khusus untuk setiap provider yang digunakan. Oleh karenanya dibawah ini terdapat beberapa konfigurasi settingan untuk APN pada berbagai provider yang ada di Indonesia.

Gunakan konfigurasi APN yang sesuai dengan provider yang digunakan. Ini penting untuk memaksimalkan pelayanan akses internet. Sebagai contoh saat kamu menggunakan provider dari smartfren maka gunakan konfigurasi setting APN smartfren. Begitu juga dengan penyedia provider lainnya.

Daftar Konfigurasi Setting APN

1. APN Telkomsel

Nama         : Dapat Diatur Sesuai Keinginan

APN          : Telkomsel atau Internet

Username  : wap

Password   : wap123

2. APN Axis

Name         : Dapat Diatur Sesuai Keinginan

APN          : AXIS

Username  : AXIS

Password   : 123456

3. APN By.U

Nama         : Dapat Diatur Sesuai Keinginan

APN          : byu

Username  : (kosongkan saja)

Password   : (kosongkan saja)

4. APN XL GPRS

Nama         : Dapat Diatur Sesuai Keinginan

APN          : www.xlgprs.net

Username  : xlgprs

Password   : proxl

5. APN XL Unlimited

Nama         : Dapat Diatur Sesuai Keinginan

APN          : xlunlimeted

Username  : (kosongkan saja)

Password   : (kosongkan saja)

6. APN Indosat

Name         : Dapat Diatur Sesuai Keinginan

APN          : indosatgprs

Username  : indosat

Password   : indosat

7. APN Three

Name         : Dapat Diatur Sesuai Keinginan

APN          : 3gprs atau 3data

Username  : 3gprs atau 3data

Password   : 3gprs atau 3data

8. APN Smartfren

Name         : Dapat Diatur Sesuai Keinginan

APN          : #999

Dial Number : #777

Username  : M8

Password   : M8

Fungsi APN

cara setting apn tidak bisa diaktifkan

Itulah tadi cara konfigurasi manual APN pada perangkat kamu. Selanjutnya, apa sebenarnya fungsi dari APN. Umumnya APN berfungsi sebagai penyambung perangkat atau device kamu dengan operator penyedia internet. Selanjutnya APN akan memberikan  akses internet bagi pengguna perangkat, akses internet yang diberikan sesuai dengan jenis provider apa yang dipakai. Selain itu fungsi APN lainnya ialah:

  • Mendapatkan alamat IP publik
  • Mendaftarkan perangkat ke jaringan internet
  • Membuat koneksi atau kecepatan internet stabil
  • Ping koneksi akan kecil sehingga menyebabkan koneksi yang menggunakan layanan internet akan lancar.

Baca Juga:

Struktur APN

APN terdiri dua penyusun dalam strukturnya. Berikut ini struktur yang terdapat didalam APN:

1. Network Identifier

Network Identifier merupakan struktur bagian yang penggunannya wajib. Network identifier ini berperan mendefenisikan jaringan eksternal dimana terdapat GGSN yang sedang terhubung.

Selain itu terdapat network id dan host id. Network id ialah bagian dari IP address yang berperan sebagai penunjuk jaringan komputer yang terhubung. Host id sebagai penunjuk server, router, workstation serta keseluruhan host TCP/IP pada jaringan.

2. Operator Identifier

Operator Identifier ialah bagian pada struktur yang merupakan bagian yang opsional. Operator identifier temppat GGSN berada dan merupakan jaringan paket operator khusus. Pada bagian ini terdapat mobile country code yakni kode jaringan yang memiliki untuk identifikasi operator yang dilakukan secara otomatis.

Fitur Pada APN

APN ini memiliki berbagai fitur yang dapat digunkan dan bermanfaat. Beberapa diantaranya ialah:

  • APN sebagai bagian yang mencari dan menentukan APN default dari operator.
  • Pemriksa pada status jaringan.
  • Melakukan pencarian otomatis pada APN untuk kartu SIM.
  • Pelapor pengaturan APN baru.
  • Pengaturan favorit dari berbagai aplikasi.
  • Menyediakan widget untuk memalukan pemantauan penggunaan data internet.

Pada APN juga terdapat berbagai informasi seperti nama APN, profil, password, username, proxy, autentikasi dan masih banyak informasi lainnya. Informasi ini salah satunya digunakan oleh provider untuk memberikan akses internet pada pengguna. Akan tetapi, dalam keadaan tertentu saat dilakukan konfigurasi pada pengaturan APN terjadi suatu masalah yang mengakibatkan terjadi kendala saat hendak tersambung ke internet.

Cara Mengatasi Masalah Saat Setting APN

Meskipun kamu sudah memasukkan detail yang sudah sesuai dengan provider penyedia layanan yang dipakai dan terjadi masalah, seperti APN tidak bisa diaktifkan. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:

  • Apabila detail dari konfigurasi sudah benar namun, tetap saja mengalami kendala koneksi internet. Cobalah untuk melakukan restart pada perangkat kamu. Akan tetapi, saat masih juga mengalam kendala maka, kesalahan yang terjadi berasa pada pihak operator penyedia. Mungkin saja jaringan yang digunkan sedang mengalam trrafic yang padat atau bahkan memang sedang dilakukan perbaikan pada jaringan.
  • Apabila detail konfigurasi sudah benar namun, masih tetap terjadi kendala pada koenksi. Lakukan pengembalian pada setting APN default, hal ini sering kali dapat membantu. Selanjutnya dapat dilakukan dengan mematikan sambungan data atau mengaktifkan mode pesawat, lalu sambungkan data kembali atau matikan mode pesawat yang sebelumnya dilakukan.
  • Saat kedua pilihan diatas telah dilakukan dan tetap mengalami kendala. Cobalah untuk menggunkan kartu sim lain namun dengan menggunakan provider yang sama, lalu sambungkan ke internet. Saat kartu sim ini dapat tersambung ke internet. Maka dapat dipastikan terjadi masalah pada kartu sim sebelumnya.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai cara mengatasi APN tidak bisa diaktifkan. Semoga artikel tentang APN tidak bisa diaktifkan ini dapat membantu kamu ya.