Gambar Perangkat Komputer Dari Beberapa Generasi

Gambar Perangkat Komputer

Gambar Perangkat Komputer – Sejarah perkembangan dari perangkat keras komputer ini memang sangatlah pesat, dimana hal ini bertujuan untuk mengikuti perkembangan zaman yang ada. Dikesempatan kali ini akan kita bahas tentang sejarah dan gambar perangkat komputer dari waktu ke waktu untuk kalian semua.

Pastinya tidak banyak yang tahu, jika dulunya komputer yang kalian temui saat sekarang ukurannya tidak sekecil itu. Saking besarnya, mungkin kamar kalian ini hanya muat untuk di isi satu komputer saja.

Sejarah Perkembangan Komputer

Dulunya komputer tidak secanggih saat ini, dimana setelah melalui proses yang sangat panjang membuat komputer ini jauh berbeda dengan yang dulu. Selain dari segi ukurannya saja, namun kemampuan komputer saat ini juga lebih canggih dibandingkan dahulu.

Nah pada ulasan kali ini tidak akan membahas mengenai sejarah perkembangan komputer saja, namun akan diserta gambar perangkat komputer jaman dulu untuk menambah pengetahuan kalian nanti.

Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)

gambar perangkat komputer

Gambar diatas bukanlah sebuah lemari tempat menyimpan buku, namun itu adalah gambar perangkat komputer generasi pertama di dunia. Alat ini mulai beroperasi sejak tahun 1946 hingga 1959, dimana saat itu para ilmuwan menggunakan tabung vakum sebagai komponen pembuatannya.

Namun sering waktu berjalan penggunaan tabung vakum ini kurang efisien karena dinilai cepa sekali panas. Tidak hanya itu, perangkat komputer ini juga membutuhkan daya listrik yang sangat besar untuk menjalankannya.

Komputer generasi pertama ini diciptakan oleh John Mauchly dan J.Presper Eckert di University of Pennsylvania, dimana saat itu mereka membangun komputer dengan nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Camputer) memakai 18.000 tabung vakum masing-masing memiliki ukuran 1.800 kak serta bobot 30 ton.

Bisa kalian lihat pada gambar perangkat komputer diatas tadi, dimana ukurannya yang sangat besar, membuat Program ENIAC ini butuh ruangan yang sangat luas untuk meletakkanya, dimana butuh ruangan berukuran 500 M2. Selain itu, komponen komputer ini terdiri dari 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor, 18.000 tabung, dan juga 70.000 resistor.

Untuk menjalankan ENIAC ini, mereka membutuhkan daya listrik yang sangat besar saat itu yakni 140 Kw. Dan untuk biaya yang dibutuhkan dalam pembuata komputer pertama ini juga sangat banyak, yakni mencapai 1 juta dollar saat itu.

Program ini sebenarnya mulai dirancang pada tahun 1942, akan tetapi baru bisa dimulai pada tahun 1943 dan baru selesai dikerjakan pada tahun 1946.

Komputer Generasi Kedua (1959 – 1965)

gambar perangkat komputer

Pada generesi kedua, tepatnya ditahun 1959 ini komputer berganti menggunakan teknologi transistor yang dinilai lebih efisien dibandingkan memakai tabung vakum. Meskipun dalam gambar perangkat komputer diatas tersebut masih memiliki ukuran yang sangat besar, namun sebenarnya ukurannya sudah lebih kecil dibandingkan generasi pertama.

Selain itu, daya listrik yang dibutuhkan pada komputer generasi kedua ini lebih kecil untuk menjalankannya, biaya pembuatannya pun juga lebih terjangkau. Untuk komputer generasi kedua ini memakai bahasa pemrograman yang berbeda, yakni bahasa Assembly dan bahasa Simbolik dalam menjalankannya.

Kelebihannya adalah, dengan bahasa pemrograman ini membuat para programmer bisa memberikan perintah pdengan kata-kata pada perangkat tersebut. Dan mesin yang pertama kali memakai teknologi ini diberi nama Super Komputer, dimana perusahaan IBM telah membuat super komputer pertama dengan nama Sprery-rand dan Strecth. 

Perangkat keras komputer ini telah dikembangkan dalam laboratorium memakai energi atom, dan pada than 1965 banyak perusahaan yang memakai komputer ini untuk keperluan dalam memproses informasi maupun mengelola keuangan perusahaan.

Baca : Biar Makin Tahu, Yuk Kenalan Dengan Bagian Bagian Komputer ini!

Komputer Generasi Ketiga (1965 -1971)

gambar perangkat komputer

Di tahun 1965, komputer generasi ketiga ini pun dimulai dengan menggunakan Integrated Circuit (ICs). Sekilas gambar perangkat komputer diatas ini masih sama dengan generasi kedua, nampun IBM sudah menigkatkan kemampuan dari komputer tersebut untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Dalam komputer generasi ketiga ini masih menggunakan transistor, hanya saja ukurannya diperkecil dari dibandingkan generasi kedua. Nah komponen komputer berupa transistor ini dimasukkan kedalam IC bersama dengan komponen lainnya seperti kapasitor dan juga resistor.

Ditahun inilah, seorang operator komputer bisa berinteraksi dengan memakai monitor dan keyboard serta memiliki tampilan sistem operasi. Selain itu pada komputer generasi ketiga ini juga membutuhkan biaya yang lebih murah lagi sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat umum yang ingin memilikinya saat itu.

Efek samping dari penggunaan transitor ini adalah membuat komputer cepat panas, dan karena hal itu banyak yang meninggalkan komputer generasi kedua dan pindah ke generasi ketiga.

Komputer Generasi Keempat (1971-sekarang)

gambar perangkat komputer

Dari gambar perangkat komputer diatas pastinya kalian sudah tidak asing lagi ya, dimana sampai saat ini desain perangkat tersebut masih digunakan sampai saat ini.  Dimana pada generasi keempat ini komputer menggunakan komponen dasar yang bernama Microprosesor, meskipun ukurannya kecil namun memiliki ribuan transistor dengan berbagai macam elemen sirkuit yang saling terhubung.

Ditahun 1971 inilah keberadaan komputer dengan ukuran normal mulai lahir, dimana berbeda dengan beberapa gambar perangkat komputer diatas tadi yang memiliki ukuran sangat besar. Pada komputer generasi keempat ini, Intel menjadi perusahaan yang paling berpengaruh dimana mereka telah sukses menciptakan Intel 4004 saat itu.

Dari sinilah cikal bakal keberadaan komputer dengan ukuran normal lahir, sehingga membuanya lebih efisien untuk digunakan.  Ditahun yang sama, IBM meluncurkan komptuter dengan desain khusus, dan ditahun 1984 ini perusahaan Apple meluncurkan Macinthos untuk pertama kalinya.

Di generasi inilah banyak sekali kemajuan pesat di industri komputer terjadi, mulai dari hardware serprtti mouse, GUI, hingga kemunculan komputer jinjing yang sekarang memiliki nama laptop. Bahkan perkembangan prosesor ini pun juga mengalami peningkatan yang cepat dan pesat dalam beberapa waktu saja.

Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa Depan)

gambar perangkat komputer

Keren banget ya gambar perangkat komputer diatas ini ? meskipun masih dalam tahap pengembangan, namun bisa dibayangkan jika hal ini benar-benar sudah nyata, tentu bakalan sangat  menakjubkan teknologi perkembangan komputer tersebut.

Dimana untuk komputer masa depan ini nantinya bakalan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang sekarang sudah banyak digunakan. Lantas apa harapan yang ada didalam perangkat komputer masa depan ini?

Dengan adanya tenologi AI didalamnya, diharapkan komputer generasi kelima tersebut mampu merespon, dan memahami bahasa manusia. Selain itu, komputer ini diharapkan juga bisa mempelajari lingkungan di sekitarnya, dan bisa menyesuaikan dirinya sendiri.

Dari gambar perangkat komputer diatas bisa dilihat, jika layar dari komputer generasi kelima ini hanya berupa kaca bening saja, dan nampaknya keyboard yang digunakan juga berupa digital, keyboard fisik seperti yang ada saat ini.

Penutup

Dari gambar perangkat komputer diatas tadi setidaknya kalian hanya tahu sejarahnya saja, namun juga mengetahui bentuk dari komputer pertama kali yang sangat besar tersebut. Cukup sekian dulu ulasaran dari TeknoApps kali ini, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.