Cara Cek Laptop Bekas Agar Tidak Salah Beli

cara cek laptop bekas

Cara Cek Laptop Bekas Agar Tidak Salah Beli – Laptop merupakan salah satu barang yang sangat dibutuhkan sekarang, apalagi untuk melakukan pertemuan secara online melalui zoom atau google meet. Jika Anda hendak membeli laptop, tidak harus selalu baru, second juga bisa asalkan tahu cara cek laptop bekas agar tidak salah belinya nanti.

Mengapa Harus Laptop Bekas?

Laptop bekas memiliki peminatnya sendiri, dalam artIan masih banyak orang yang lebih memilih untuk membelinya daripada barang baru. Bahkan Anda bisa mendapatkan device kualitas bagus hanya dengan mengeluarkan uang lebih sedikit.

Laptop second tidak selamanya buruk dan merupakan barang rusak. Jika dapat memilih dengan selektif, barang bagus akan bisa sampai ke tangan. Namun harus tetap hati-hati jika ingin membelinya, terlebih lagi Anda tidak terlalu paham cara cek laptop bekas, harus cari tahu dulu ya.

Cara Cek Laptop Bekas

Karena sudah pernah digunakan sebelumnya, Anda harus memeriksa beberapa fungsi pada laptop bekas karena ketidaktahuan bagaImana cara user terdahulu memberlakukannya. Apakah Ia merawatnya dengan baik atau sebaliknya, dijual sebab sudah rusak. Begini cara cek laptop bekas:

1. Periksalah Kondisi Hardisk

Selain motherboard, hardisk juga merupakan komponen yang dapat menjaga kesehatan laptop. Karena ketika Ia sudah penuh akan data-data, maka perangkat akan menjadi lemot. Sebelum membeli laptop bekas pastikan berapa kapasitas yang masih tersedIa, berikut cara cek laptop bekas:

  • Nyalakan laptop hingga hidup sepenuhnya.
  • Setelah itu tekan tombol windows+R secara bersamaan.
  • Tunggu hingga kotak dIalog Run muncul pada pojok bawah kiri layar.
  • Ketikan “cmd” pada kotak dIalog Run.
  • KemudIan tekan ok.
  • Setelah muncul jendela baru, ketikan WMIC pada C:\Users\User>
  • Setelah itu tekan enter.
  • Ketika telah muncul wmic :root\cli>, ketikan Diskdrive get status
  • Lalu klik enter.
  • Perhatikan apa yang muncul pada jendela, jika Status OK berarti tidak ada masalah.
  • Apabila yang ditampilkan adalah Status Pred Fail, berarti hardisk mengalami error.

Baca : Pengertian Desktop Adalah? Ini Dia Penjelasan Fungsi dan Kelebihannya

2. Cek Kecocokan Laptop Dengan Spesifikasinya

Ada beberapa oknum nakal yang memaksakan laptop seperti, memiliki casing tertentu tapi ternyata bukan perangkat aslinya. Istilah lain adalah hasil crack, itu sangat berdampak buruk bagi Anda karena perangkat yang akan dibeli ternyata tidak ori. Begini cara cek laptop bekas:

  • Nyalakan laptop hingga hidup sepenuhnya.
  • Masuk ke menu search, jika pada windows 8.0 geser kursor ke bagIan kanan laptop.
  • Sedangkan untuk windows 10 bIasanya terletak pada bagIan bawah kiri layar.
  • Klik menu search tersebut.
  • Ketikan “dxdiag”
  • Tunggu hingga muncul kotak dIalog DirectX DIagnostic Tool.
  • Setelah itu periksa semua spesifikasi apakah sudah sama seperti yang sebenarnya.
  • Bila tidak ada buku panduannya, bisa cari terlebih dahulu di internet.

KIat-kIat Saat Membeli Laptop Bekas

Tidak hanya menerapkan kedua hal dIatas, ada beberapa kIat yang harus Anda perhatikan juga sebelum memutuskan untuk membeli laptop bekas. Karena ternyata lebih banyak bagIan harus diperiksa dengan seksama agar tidak rugi nantinya. Berikut cara cek laptop bekas:

1. Memeriksa Bagian Casing dan Body Laptop

Sebelum Anda mulai untuk menghidupkannya untuk pengecekan lebih lanjut pada softwarenya, lebih baik melihat dengan teliti seperti apa penampakan body luarnya. Seperti apakah ada baut yang hilang, bekas benturan, goresan, retakan pada layar, serta karat.

Perhatikan juga dengan keadaan setIap port-portnya, berdebu atau tidak, menjorok ke dalam. Pastikan semua celah yang ada terlihat rapat, itu berarti laptop belum pernah dibongkar, kemudIan coba untuk membuka layarnya, apakah engselnya masih kokoh.

Baca : Ingin Tau Apa Itu Deep Freeze? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

2. Memeriksa Keyboard Laptop

Ada satu cara cek laptop bekas yang bisa Anda gunakan ketika ingin mengetahui apakah semua tombol pada keyboard masih berfungsi dengan baik atau tidak. Ketikan “The quick brown fox that jumped over the lazy dog?” dalam satu kalimat itu sudah terpencet semua huruf dari A hingga Z.

Jangan lupa untuk mengecek tombol-tombol yang lainnya seperti angka, fungsi F1 hingga F12, titik, koma, enter, shift, Fn, windows, alt. Pastikan semua keyboard masih dalam keadaan berfungsi dengan normal. Pasti Anda tidak mau kan harus membeli papan ketik eksternal.

3. Memeriksa Mousepad Pada Laptop

Selain keyboard, yang harus Anda periksa selanjutnya adalah mousepad. Anda sebenarnya bisa menggunakan mouse bIasa ketika Ia rusak, tapi alangkah lebih baiknya melakukan pemeriksaan secara menyeluruh sebelum membelinya.

Pastikan mousepad masih bekerja sangat baik seperti menggeser-geser tangan Anda dari atas hingga bawah, samping kiri kanan. Atau bisa putar semuanya membentuk obat nyamuk bakar yang spiral. Jangan lupa untuk menyentuh tombol optionnya.

4. Memeriksa Speaker

Cara cek laptop bekas selanjutnya adalah memeriksa speaker. Pastikan semua tingkatan volume Anda naik turunkan, suara bisa menAndakan apakah terjadi peningkatan atau tetap stabil meski telah digeser ke posisi atas. Dengarkan dengan seksama, terasa terlalu ngetribe, ngebas, atau stAndar.

Pastikan speaker tidak penuh dengan noise. Dalam artIan, Ia tidak mengeluarkan suara-suara berisik selain dari apa yang Anda putra. Mungkin terdengar seperti speaker ponsel yang sering ditutup ketiaknya bersuara, akhirnya rusak.

Baca : 2 Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Acer Dijamin Berhasil

5. Memeriksa Semua Port dan Sambungan WLAN

Anda juga harus memeriksa semua port yang terpasang pada laptop seperti USB, HDMI, lightning, jack audio, hingga charger. Pastikan semua dapat terbaca, terutama lubang pengisIan daya, jika tidak berfungsi ketika baterai habis perangkat tak akan bisa menyala.

Selanjutnya untuk memeriksa jaringan WLAN pada laptop, cobalah mengkoneksikannya dengan wifi di sekitar Anda. Jika tidak ada masalah dan tersambung baik pada internet, berarti jaringan wireless masih aman.

Tips Saat Hendak Membeli Laptop Bekas

Selain kIat-kIat di atas, ada tips agar lebih tenang saat COD laptop bekas. Dengan ini Anda bisa melakukan pengecekan perangkat sendiri tanpa bantuan orang lain. kemungkinan untuk ditipu juga kecil, jadi begini tipsnya:

1. Survei Harga Pasar

Selain cara cek laptop bekas, survei harga pasar harus terlebih dahulu Anda lakukan agar bisa mengira-ngira harga pantas untuk sebuah laptop bekas. Hal ini dapat dijadikan patokan untuk mengukur apakah perangkat tersebut ori, sudah rusak, atau masih bagus.

Seperti, jika ada yang menjualnya dengan harga rendah sedangkan di pasaran tidak, maka perlu ditanyakan lebih lanjut. Sebaliknya, apabila mendapatkan penawaran tinggi, Anda bisa mencari cari lainnya terlebih dahulu, namun jangan jauh-jauh rentan budgetnya.

2. Tanya Mengenai Garansi

Mau beli di gerai jual beli laptop bekas, COD, dari teman, atau sebagainya, bertanyalah mengenai garansi yang diberikan. Hal ini bertujuan jika perangkat mengalami kerusakan bukan karena Anda, bisa dilakukan pengembalIan dana atau bentuk kompensasi lainnya.

Tak apa-apa jika garansinya sebentar, paling maksimal bIasanya satu minggu hingga satu bulan, tergantung si penjual. Saat semua bagIan sudah Anda periksa, fungsi software normal, tidak ada yang tahu akan ada kelalaIan apa nantinya. Jadi, lebih baik untuk memintanya saja.

Baca : Kumpulan Tutorial Komputer yang Dapat Membantu Kamu

Penutup

Cara cek laptop bekas diatas dapat membantu menemukan laptop yang Anda suka dengan harga dan kondisi yang masih baik. Pastikan juga apakah perangkat itu terjangkit malware atau tidak, dan seperti apa riwayat dari penjual. Mungkin itu saja untuk artikel kali ini, sampai jumpa lagi di artikel TeknoApps berikutnya.