Cara Menentukan Harga Komputer Bekas Agar Cepat Laku

harga komputer bekas

Harga Komputer Bekas – Selain laptop, komputer merupakan salah satu kebutuhan penting untuk sebagIan orang. Sehingga menjual dan membilasnya sudah menjadi bisnis menjanjikan. Apabila Anda ingin want to sell dan buy device ini, pertimbangkan harga komputer bekas yang yang pas untuk spesifikasinya.

Tentang Komputer

Komputer sendiri sering dikenal dengan sebutan PC oleh sebagIan orang. Komponen-komponen nya lebih kompleks dari pada laptop karena disesuaikan dengan kebutuhan usernya. Ia lebih bertenaga jika dipasangi beberapa komponen eksternal penunjang performanya.

Seperti power supply, yang tidak dimiliki oleh laptop. Komputer dapat dirakit sendiri, Anda bisa merancangnya sesuai kemauan, tergantung dari spesifikasi seperti apa. 

Di samping itu, juga memiliki sebutan lain, yaitu komputer mekanik karena menerjemahkan rumus-rumus algoritma untuk pengolahan datanya.

Cara Menentukan Harga Komputer Bekas

Apabila Anda bernIat menjual komputer, jangan asal menawarkannya tanpa persIapan. Karena sifatnya bekas, menentukan budget yang cocok akan membuat calon pembeli tertarik. Sebaliknya, kesalahan penentuan berakibat susah ditawarkan, berikut cara menentukan harga komputer bekas:

1. Dengan Menghitung Penyusutan

Pertama, dengan menggunakan prinsip ilmu ekonomi. Harga barang bekas tidak bisa Anda awang-awang, seperti hanya memikirkan spesifikasi perangkat tanpa memepertimbangkan usIa dan generasi apa saja yang terpasang, berikut cara menentukan harga komputer bekas dengan rumus penyusutan:

  • NJ adalah nilai jual.
  • NP adalah nilai penyusutan.
  • NB adalah nilai pembelIan.
  • NG adalah nilai garansi resmi.
  • R adalah nilai rata-rata.
  • T adalah tahun penjualan
  • NB dIbagi dengan rumus 2xNG
  • KemudIan ditambahkan R yang bentuknya adalah persenan.
  • Setelah hasilnya muncul. NB Anda kurangi dari penjumlahan NP
  • Maka akan ketemu jumlah harga yang pas sesuai rumus penyusutan.

Baca : Pengertian Desktop Adalah? Ini Dia Penjelasan Fungsi dan Kelebihannya

2. Berdasarkan Komponen-komponenya

Spesifikasi melibatkan banyak sekali aspek, karena lebih banyak komponen, harganya jelas lebih mahal daripada laptop yang memiliki spek sama. Jika Anda memiliki komputer mumpuni, jangan sampai salah patok ya. begini cara menghitung harga komputer bekas berdasarkan spesifikasinya:

  • Lihat spesifikasi penyimpanannya.
  • Lihat seberapa besar RAM yang digunakan.
  • Lihat generasi prosesornya.
  • Perhatikan merek apa yang sedang dipakai.
  • Cek fungsi dari mainboardnya
  • Cek monitornya, apakah ada kerusakan atau tidak
  • Cek tingkat kebisingan power supply.
  • Cek semua port yang ada di belakang komputer.

Tips Agar Komputer Bekas Anda Cepat Laku

Setelah menentukan harga komputer bekas berdasarkan penyusutan dan spesifikasinya, Anda juga perlu melakukan beberapa hal lainnya agar perangkat cepat terjual. Bisa dibilang, cara untuk menarik pelanggan agar Ia berminat membelinya. Kalau lama terjual, nanti bisa turun harga dan rugi.

1. Cek kondisi Komputer Anda

Langkah yang paling awal adalah dengan mengetahui kondisinya seperti apa. Meskipun memiliki spesifikasi bagus dan mumpuni, tentu saja komputer Anda juga memiliki kekurangan karena telah digunakan dalam berbagai macam situasi dan kondisi.

Selain memeriksa bagIan hardware seperti port, keyboard, mouse, monitor, software juga perlu dilakukan pengecekan. Karena sang pembeli juga pasti akan melakukannya, agar tidak diklaim sebagai pembohongan, lebih baik Anda dulu yang mengetahui minusnya di komputer.

2. Hapus Semua File Anda

Langkah kedua menentukan harga komputer bekas adalah menghapus semua file Anda yang masih tersimpan dalam komputer Anda. Karena penuhnya memori Internal dapat membuat komputer menjadi lelet, lebih baik beberapa software (tidak termasuk MS. Office) diinstal terlebih dahulu.

Maksudnya, software-software yang Anda instal secara mandiri untuk kebutuhan kerja Anda seperti aplikasi pengeditan atau game lebih baik diinstal terlebih dahulu. KemudIan bersihkan semua ruang penyimpanan dari data-data bekas pemakaIan serta cache (jika Anda tahu caranya).

Baca : Ingin Tau Apa Itu Deep Freeze? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

3. Periksa Harga Komputer Bekas di Pasaran

Calon pembeli pasti juga melakukan riset terlebih dahulu sebelum Ia membeli komputer Anda. Mungkin ini agak melelahkan karena Anda pasti akan mengalami dilema. Misalnya, ingin menentukan harga sekIan tapi spesifikasi dan perangkatnya masih baik.

Ingat, semua barang elektronik yang pernah Anda gunakan akan mengalami penurunan performa meskipun penggunaanya belum satu tahun. Pembeli pasti juga memilih harga yang sedikit lebih miring, tapi bukan berarti harus dijual murah. Semua kembali ke kondisi dan spesifikasi juga.

4. Bandingkan Harga Komputer Bekas Dengan Toko

Apabila Anda ingin menjual komputer hanya sebatas ruang lingkup rumah misalnya, cobalah untuk mengetahui berapa harga yang ditawarkan toko jual beli laptop bekas di dekat lokasi. Bisa juga melihat di penjual pada toko-toko online, seperti situs website atau e-commerce.

Hal ini berkaitan dengan kemungkinan calon pembeli telah melakukan survei harga pasar secara mandiri sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli komputer Anda. Satu dua pasti akan mengatakan “Saya lihat di toko itu segini, bisa nego lagi tidak?”, intinya agar tidak turun terlalu jauh saja.

5. Minat Bantuan Teman

Jaringan pertamanan itu sangat luas, jadi kalau Anda ingin komputer cepat laku, cobalah untuk minta bantuan promosi kepada teman. Cara ini sangat umum dilakukan agar kemungkinan cepat dibeli lebih besar. Sebab tidak ada yang tahu kebetulan akan datang kapan.

Anda bisa memasang story whatsapp, posting di media sosial facebook, instagram, twitter. Jika sanggup, tidak ada salahnya menambahkan komputer yang akan dijual pada etalase toko online seperti Shopee, TokopedIa, OLX, Cruncyoll, atau Bukalapak.

Baca : Cara Cek Laptop Bekas Agar Tidak Salah Beli

Saran Lanjutan

Saran ini sifatnya opsional, apabila Anda ingin melakukannya akan lebih baik lagi karena bisa dengan cepat menjual komputer sebelum harganya semakin menurun. Mungkin beberapa hal dibawah ini akan menguras kantong, tapi bisa dijual kembali dengan harga komputer bekas yang menarik.

1. Melakukan Service

Sebelum Anda mulai gencar-gencarnya menawarkan barang kesana kemari, ada baiknya untuk melakukan service terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar dapat mengetahui komponen-komponen apa yang masih bagus, sudah rusak, dan software error atau tidak.

Usahakan jangan melakukan servis atau perbaikan sendiri di rumah meskipun komputer Anda merupakan hasil rakitan secara mandiri, dalam artIan saat membelinya tidak berwujud tinggal pakai. Serahkan pada ahlinya saja untuk mengurangi resiko kerusakan pra-penjualan.

2. Ganti Perangkat

Kedua adalah mengganti perangkat. Ketika pada saat servis Anda menemukan kesalahan-kesalahan pada sistem atau kerusakan pada hardware, lebih baik untuk menggantinya saja daripada kena harga yang murah. SIalnya jika bertemu dengan pembeli yang rewel.

Menjual komputer dengan kondisi yang masih bagus dan semua komponennya lengkap serta tanpa kesalahan merupakan sebuah nilai plus bagi Anda. Walau saran ini mungkin akan membuat dompet menipis, nanti bisa jual kembali dengan harga yang lebih pantas karena keadaan perangkat masih baik.

Baca : Kumpulan Tutorial Komputer yang Dapat Membantu Kamu

Penutup

Menjual sebuah device bekas tidak hanya melibatkan pertimbangan-pertimbangan kecil saja. Banyak aspek yang perlu dikaji ulang secara terus menerus agar harga komputer bekas yang Anda tawarkan tidak merugikan kedua belah pihak, antara pembeli dan penjual akan sama-sama diuntungkan.