Cara Ganti Icon Batre dan Sinyal di Android 100% Berhasil

cara-ganti-icon-batre-dan-sinyal-di-android

Pada artikel ini Teknoapp.id akan membagikan tutorial bagaimana cara ganti icon batre dan sinyal di android yang mudah kamu lakukan.

Di era yang sudah serba instan serta didukung dengan hebatnya teknologi yang memudahkan kita.

Contohnya saja saat kita ingin membeli makan sahur tapi lokasi warung cukup jauh dari rumah kita, maka kita bisa menggunakan hp dengan aplikasi pesan makanan secara onlinenya. Semua semakin mudah dengan hanya sentuhan jari.

Mulai dari hal-hal kecil dalam kehidupan kita bahkan sampai hal-hal penting seperti sumber penghasian semua berhubungan dengan hp.

Bisa dikatakan handphone sudah menjadi bagian dari hidup kita, bayangkan jika kita hidup di jaman ini tanpa hp, kita akan kesulitan untuk melakukan banyak hal dan tentunya kita akan memakan waktu lebih banyak untuk sebuah pekerjaan yang bisa lebih cepat jika mengunakan hp. Itulah begitu pentingya hp dalam kehidupan kita.

4 Cara ganti Icon Batre dan Sinyal di Android

Cara ganti icon batre dan sinyal di android

Karena pentingnya hp akan selalu bersama kita, tapi karena saking seringnya kita menggunakan hp, pernahkah kamu merasa atau sedang merasakan bosan dengan hp kamu.

Jika iya maka ini adalah bacaan yang tepat. Bosan dengan tampilan layar yang begitu-begitu aja.terutama pada icon batre dan sinyal yang paling sering kamu lihat cobain deh cara ganti icon batre dan sinyal di android ini untuk mengatasinya.

Mengganti tampilan icon batre dan sinyalnya menjadi lebih menarik seperti merubahnya menjadi animasi yang disukai. Adapun cara ganti icon batre dan sinyal di android ini memiliki beberapa metode yaitu sebagai berikut:

1. Cara Ganti Icon Batre Dan Sinyal di Android Dengan Metode Otomatis

Cara ganti icon batre dan sinyal di android yang pertama yaitu dengan metode otomatis. Jika kamu memilih metode ini pastikan terlebih dahulu kalau hp kamu sudah di root ya.

Karena nantinya kita akan menggunakan bantuan aplikasi yang memiliki syarat hp harus sudah diroot. Aplikasinya adalah Exposed Installer, aplikasi ini sering digunakan karena mudah dipakai untuk mengganti icon batre dan sinyal di hp android.

Selain Exposed Instalaller, kamu juga perlu menginstal satu  aplikasi lagi, aplikasi ini berguna  untuk memilih beragam jenis icon untuk nanti dipasang di hp android kamu, aplikasinya adalah Ex-Themer.

Oke, setelah siap dengan kedua aplikasi tersebut, kamu bisa mengikuti tutorial yang ada dibawah ini:

  • Buka aplikasi Ex-Themer, lalu pilih “status bar moods”
  • Lalu untuk mengubah icon batre pilih menu “Batteray Tweaks”, lalu centang pada menu “activate battery themer mods” lalu pilih menu “choose theme” untuk memilih mana tema yang akan menjadi icon baru dari batre kamu.
  • Selanjutnya jika ingin mengganti icon sinyal, kamu bisa pilih “signl bar tweaks” lalu centang “the theme signal bars” lalu pilih “choose theme” untuk memilih tema icon yang akan merubah icon sinyal hp kamu.
  • Tunggu sampai proses pergantian selesai, selanjutnya lakukanlah restart pada hp kamu.

Setelah me-restart hp mu icon batre dan sinyalnya akan berubah sesuai dengan pilihan mu tadi. Tema yang tersedia ada 5, yaitu Mata Biru, Hello Kitty, Gold Wings, Traffic Light, dan terakhir Tulang Ikan.

2. Cara Ganti Icon Batre Dan Sinyal di Android dengan Metode Manual

Selain metode otomatis yang sudah dijelaskan diatas, cara ganti icon batre dan sinyal di android dapat dilakukan dengan metode manual.

Metode manual ini sedikit berbeda, dan kita juga memerlukan aplikasi tambahan yaitu Root Explorer yang berfungsi untuk mengakses file system atau untuk me root hp kita terlebih dahulu. Untuk menggunakan metode ini memerlukan akses root pada HP. Berikut caranya:

  • Download dan Install aplikasi Root Explorer dari PlayStore.
  • Lalu buka aplikasi Root Explorer, kemudian masuk ke folder root.
  • Selanjutnya masuk ke pilihan system lalu pilih Priv-App.
  • Kemudian cari file yang Bernama SystemUI.apk lalu pindahkan ke kartu SD kamu sehingga mempermudah pada saat proses perubahan icon sinyal dan batre.
  • Setelah dipindahkan, silahkan silahkan kamu pilih file SystemUI.apk tadi lalu tekan sehingga akan keluar menu “extract”, lalu pilih.
  • Setelah berhasil ter-Extract, masuk Kembali kedalam file tadi, lokasinya berada di speedsoftware – pilih Extracted – SystemUI.
  • Nah sekarang kalian bisa mengubah icon sinyal dan btre pada hp android kamu, kamu bisa mencari desainnya melalui google.
  • Jika sudah selesai, klik Kembali lalu tahan folder SystemUI dan akan muncul berbagai pilihan, lalu klik “zip this folder”.
  •  Format file SystemUI.zip bisa kalian ubah menjadi semula yaitu SystemUI.apk.
  • Jika sudah, pindahkan file tersebut ke folder root – system – priv-app, lalu ubah perizinan nya menjadi rw-r-r.
  • Reboot hp android kamu maka icon batre dan sinyal kamu akan berubah.

3. Cara Ganti Icon Batre dan Sinyal di Android dengan Aplikasi Flat Style Bar Indicators

Cara ganti icon batre dan sinyal di android

Selanjutnya cara ganti icon batre dan sinyal di android dengan aplikasi Flat Style Bar Indicators.

Penggunaan aplikasi ini pun mengharuskan untuk terlebih dahulu me root hp android kamu. Selain itu aplikasi ini juga membutuhkan dukungan dari aplikasi Xposed Installer yang harus dimiliki bersamaan dengan aplikasi pengubah icon Flat Style Bar Insdications ini. Berikut caranya:

  • Pastikan kamu sudah mendownload kedua aplikasi yang sudah dijelaskan di atas ya.
  • Jika sudah maka biarkan kedua aplikasi ini terinsta tanpa langsung membukanya.
  • Beralih ke aplikasi Xposed Installer, buka aplikasinya kemudian pilih “modules” dan pada bagian Flat Style Bar Indicator dicentang. Jika sudah, lalu pilih “framework” dan pilih install, nanti akan muncul pop-up untuk restart hp android kamu.
  • Setelah HP menyala lalu buka aplikasi Flat Style Bar Indicator, lalu akan banyak menu pilihan. Pilih menu “data” jika ingin mengubah icon sinyal hp kamu.
  • Saat semua sudah dilakukan, jangan lupa untuk mereboot hp android kamu ya.
  • Selamat, icon batre dan sinyal kamu sudah berganti sesuai yang kamu inginkan.

Baca Juga:

4. Cara Ganti Icon Batre Dan Sinyal di Android Dengan Aplikasi Super Status Bar Gesture, Notifications & More

Cara ganti icon batre dan sinyal di android

Selanjutnya cara ganti icon batre dan sinyal di android dengan menggunakan aplikasi super status bar gesture, notification & More, aplikasi ini bisa kamu download di playstore ya.

Berikut Langkah-langkahnya :

  • Pastikan sudah menginstal aplikasinya ya
  • Jika sudah maka buka aplikasinya maka pada tampilan pertama dan pilih saja lewati untuk mempercepat.
  • Selanjutnya pilih opsi “start” untuk memulai melakukan pengaturan ke aplikasi ini.
  • Kemudian kamu akan dibawa ke menu permission disitu terdapat dua pilihan, tap saja opsi modify settings dan aktifkan opsi izinkan, jika sudah tekan opsi Kembali.
  • Lalu pilih Accesbillity Service, anda akan dibawa kke menu berkutny disini pilih layanan yang didownload, pilih opsi super status bar, lalu pilih opsi aktifkan. Jika sudah maka pilih opsi Kembali ke tampilan awal aplikasi.
  • Pada menu tampilan awal pilih opsi status bar, nah disini kamu mulai cara ganti icon batre dan sinyal android, jika ada tampilan pop-up pilih saja opsi custom. Maka anda akan diarahkan untuk mengaktifkan aplikasi ini, pilih aplikasi super stus bar, jika muncul tampilan pop-up lagi tap saja opsi izinkan.
  • Setelah itu tap opsi Kembali dan opsi tampilan custom pilih opsi style yang dibawah opsi enable custom status bar tadi. Maka akan diminta untuk memilih jenis tampilan icon batre dan sinyal, ada stats bar android, tampilan status bar iOS, One Ui dan yang lainnya. Maka pilih satu yang kamu inginkan ya.
  • Jika sudah memilih salah satunya maka selanjutnya pilih opsi system icon, pastikan semua icon tercentang agar tidak ada yang kurang.
  • Jika sudah maka kini tampilan icon batre dan sinyalmu akan berubah sesuai pilihanmu tadi.

Agar aplikasi tersebut tidak mudah hilang-hilang sendiri atau icon batre dan sinyal berubah Kembali karena tidak memulai otomatis, maka caranya kamu buka pengaturan hp lalu opsi aplikasi pilih aplikasi super status bar pilih memulai otomatis atau setel sebagai default.

Oke demikianlah cara ganti icon batre dan sinyal di android. Tipsnya sebelum kamu memutuskan untuk me-root hp, kamu harus tau dulu ya apa saja yang harus dipertimbangkan atau dipersiapkan sebelum kamu me-root hp kamu ya,