Cara Mematikan Komputer dengan Keyboard, Gampang Banget!

Cara Mematikan Komputer dengan Keyboard

Cara Mematikan Komputer dengan Keyboard – Komputer atau laptop ini adalah sebuah alat elektronik yang umum digunakan di perkembangan zaman saat ini yang serba digital. Nah pada kesempatan kali ini kita ingin membahas tips trik dari perangkat tersebut yakni cara mematikan komputer dengan keyboard.

Kenapa Komputer Perlu Dimatikan?

Perlu kalian ketahui, jika komponen didalam komputer ini juga bisa mengalami panas jika digunakan secara terus-menerus tanpa di istirahatkan. Seperti manusia yang jika dipaksa terus bekerja maka bisa membuatnya sakit, nah untuk komputer ini pun juga begitu dimana bisa merusak komponen didalamnya jika digunakan dalam jangka waktu lama.

Dikesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara mematikan komputer dengan keyboard. Jika umumnya untuk mematikan komputer ini kalian memakai mouse untuk menggerakan pointer dan menekan tombol Shutdown, namun bagaimana jadinya jika tiba-tiba mouse tidak bisa digerakkan?

Tentu kalian sangat tidak dianjurkan mematikan komputer secara langsung dengan menekan tombol power, karena ada cara mematikan komputer dengan keyboard yang bisa kalian coba pakai agar komputer bisa mati atau di restart secara normal.

Baca : Pengertian Power Supply Adalah, Berikut Penjelasannya

4 Cara Mematikan Komputer Pakai Keyboard

Nah dalam pembahasan kita kali ini ada empat cara mematikan komputer pakai keyboard yang bisa kalian coba, diantaranya:

1. Trik Pertama

Cara mematikan komputer dengan keyboard yang pertama kali ini sangatlah mudah, dan mungkin sudah banyak orang yang paham dengan trik tersebut. Dimana untuk caranya ialah dengan memakai kombinasi tombol pada keyboard.

Kombinasi tombol yang dimaksudkan ini adalah ALT + F4 yang ditekan secara bersamaan. Nantinya akan muncul pilihan untuk melakukan Shutdown, silahkan kalian pilih menu tersebut dengan memakai tombol panah di keyboard, lalu tekan Enter. 

Dengan begini maka komputer kalian akan otomatis  melakukan proses Shutdown, pastikan tidak ada aplikasi yang berjalan supaya proses Shutdown ini bisa berjalan dengan cepat.

2. Trik Kedua

Kurang lebih untuk cara mematikan komputer dengan keyboard yang kedua ini hampir sama dengan yang ada diatas tadi. Hanya saja untuk kombinasi tombol yang digunakannya ini berbeda, dan ada 3 tombol yang perlu kalian gunakan.

Untuk tirk kedua ini tombol yang perlu kalian pakai adalah CTRL + ALT + DEL, nantinya akan muncul beberapa pilihan dibagian pojok kanan bawah. Silahkan kalian pilih menu Shutdown, maka komputer kalian pun akan memulai proses Shutdown.

Umumnya cara yang satu ini banyak mereka gunakan ketika komputer atau laptop sedang mengalami hang atau macet karena suhunya meningkat. Nah supaya komputer bisa berjalan normal kembali, maka kalian bisa pakai cara ini untuk mengurangi aplikasi yang telah berjalan dan menyebabkan macet, atau kalian juga bisa menggunakannya untuk mematikan komputer nanti.

Baca : Pengertian Stavolt Adalah, Cara Kerja, Dan Jenisnya

3. Trik Ketiga

Untuk cara mematikan komputer dengan keyboard yang ketiga ini merupakan cara paling dasar, dimana ini menjadi cara yang umum dilakukan dan mungkin banyak diajarkan. Caranya ialah dengan menekan tombol Windows di Keyboad, setelah itu kalian gunakan tombol panah di keyboard untuk memilih menu Shutdown.

Setelah itu sudah pada menu shutdown, kalian tinggal tekan enter maka proses Shutdown ini pun bakal berlangsung. Cara ketiga ini paling umum dilakukan, dan memang inilah cara yang diajarkan untuk mematikan komputer atau laptop.

4. Trik Keempat

Dan untuk cara mematikan komputer dengan keyboard yang terakhir kali ini biasanya digunakan untuk mereka yang masih memakai komputer dengan sistem operasi Windows XP. Meskipun sudah jarang yang menggunakan, namun tidak ada salahnya kalian ketahui sebagai penambahan wawasan.

Untuk melakukannya pun sangat mudah, kalian juga hanya perlu melakukan beberapa kombinasi tombol saja nanti. Dimana kalian hanya perlu menekan tombol Windows, setelah itu silahkan ketik huruf U dan U, maka nantinya proses Shutdown ini pun bakalan berlangsung.

Nah gimana? Gampang banget kan cara mematikan komputer dengan keyboard yang kita bagikan diatas tadi? Tentu cara ini sangat bermanfaat untuk kalian yang kebetulan mouse-nya bermasalah, sehingga tidak bisa menggerakkan pointer didalam komputer untuk melakukan shutdown.

Selain itu cara ini juga berguna banget untuk kalian yang mengalami komputer hang, jelas cara ini lebih baik daripada kalian harus mematikan komputer secara paksa dengan menekan tombol power selama beberapa detik. Cara ini sangat tidak dianjurkan karena sangat beresiko untuk merusak komponen yang ada didalam komputer jika  dilakukan secara berulang kali.

Baca : Cara Mematikan Laptop Acer Anti Mainstream, Udah Coba?

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mematikan Komputer dengan Keyboard

Sebelum kalian melakukan cara mematikan komputer dengan keyboard diatas tadi, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan terlebih dahulu, diantaranya:

  • Pastikan jika semua aplikaisi yang berjalan di komputer ini sudah kalian tutup semua sebelumnya, dengan begini maka kalian tidak akan beresiko kehilangan data ketika harus menutup aplikasi dengan cara Force Shutdown.
  • Jangan meninggalkan flashdisk, ataupun kabel USB lain yang masih menancap didalam komponen komputer saat mematikannya. Serta jangan lupa untuk mengeluarkan CD jika kebetulan barusan menggunakan CD ROM di komputer.
  • Jika kebetulan kalian baru saja memakai komputer ini untuk browsing internet, maka jangan lupa untuk membersihkan cache terlebih dahulu pada browser. Hal ini dikarenakan cache yang terlalu banyak menumpuk maka hal ini juga bisa membuat kinerja dari komputer menurun, sehingga membuatnya lemot ketika dipakai.
  • Jangan pernah mematikan komputer dengan cara menekan langsung tombol power, jika hal ini kalian lakukan secara terus-menerus maka bisa membuat komponen didalam komputer kalian rusak nanti.
  • Untuk kalian yang menggunakan laptop, ketika proses Shutdown sedang berlangsung harap bersabar dulu sampai laptop benar-benar mati. Jangan pernah kalian menutup layar laptop ketika proses Shutdown belum selesai, karena hal ini akan membuat proses Shutdown tiak sempurna, dan bisa jadi nanti laptop malah dalam mode sleep.
  • Selain membersihkan riwayat internet tadi, kalian juga perlu membersihkan cache pada komputer melalui registry. Registry ini sendiri merupakan tempat yang biasanya menyimpan cache, jika jumlahnya terlalu banyak maka ukurannya pun semakin besar dan bisa menjadi beban dari perangkat itu sendiri.
  • Untuk kalian yang memakai laptop, sebelum menutup layar ini sebaiknya kalian pastikan tidak ada benda asing yang tertinggal di keyboard. Karena dalam beberapa kasus, kelalain pengguna saat menutup layar laptop ini membuatnya pecah karena terselip benda asing disana.

Pada umumnya cara mematikan komputer dengan keyboard diatas tadi sudah umum dilakukan, hanya saja mereka yang sering digunakan adalah menutup dengan cara manual. Hanya beberapa orang saja yang memakai trik seperti kombinasi tombol untuk mematikan komputer, alasan utamanya karena memang tidak paham dengan cara tersebut.

Penutup

Semoga dengan ulasan cara mematikan komputer dengan keyboard yang kita bahas kali ini bisa menambah waswasan kalian, sehingga kamu bisa menemukan opsi lain dalam mematikan komputer atau laptop ketika mengalami hang selain langsung menekan tombol power yang justru bisa membuatnya rusak nanti.

Cukup sekian dulu ulasan dari TeknoApps kali ini, semoga apa yang kita bahas diatas tadi bermanfaat dan selamat mencoba.