Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Asus Dijamin Worked

cara menyalakan lampu keyboard laptop asus

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Asus – Pernahkah melihat  video-video FYP Tiktok yang memutar tentang bagaimana sang creator dapat menyalakan lampu keyboard dari laptopnya. Kelihatan estetik bukan? Bisa menyala dalam gelap, begitukah pikiran Kamu? Ada cara menyalakan lampu keyboard laptop Asus loh ternyata.

Tentang Asus

Asus, kepanjangan dari Asustek Computer Inc ini merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada dunIa teknologi dan perangkat keras elektronik. Barang Ia tawarkan dIantaranya laptop, tablet, komputer, monitor, dan masih banyak lagi, serta laptop. Didirikan pada April 1989 di Taiwan.

Asus sendiri telah merambah pasar IndonesIa selama 7 tahun, tepatnya pada 2024. Distributor utamanya adalah PT Dragon Computer & Communication. Ia menjadi merek perangkat keras berupa laptop, notebook dan komputer yang paling banyak dibeli, atau bisa dikatakan sangat populer.

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Asus

Lampu pada belakang keyboard biasanya disebut dengan backlight. Dulu sangat jarang ada laptop atau notebook yang memiliki fitur ini karena lebih sering diberikan pada papan ketik eksternal. Model-model terbarukan saat ini lebih canggih, berikut cara menyalakan lampu keyboard laptop Asus:

1. Menggunakan Tombol F3 dan F4

Pertama dengan menggunakan tombol fungsi atau function keys. Tapi mereka tidak dapat digunakan secara independen pada beberapa kasus, harus dilakukan kombinasi dengan yang lainnya seperti ctrl, alt, atau bIasanya dengan menggunakan Fn. Begini cara menyalakan lampu keyboard laptop Asus:

  • Pastikan laptop atau notebook Asus Kamu sudah menyala dengan baik.
  • Jangan menggunakan keyboard eksternal jika ingin menjalankan fungsi ini.
  • Karena biasanya keyboard eksternal memiliki susunan yang berbeda.
  • Pastikan semua tombol Kamu dapat berfungsi dengan melakukan key testing.
  • Tekan tombol Fn+F3+F4.
  • Perlu diingat, Kamu harus menekannya secara bersamaan.
  • Atau dengan urutan FN terlebih dahulu baru F3 dan F4
  • Kini keyboard pada notebook atau laptop Kamu sudah dapat memancarkan cahaya.

2. Menekan Tombol Berikon

Pada beberapa laptop, tidak perlu menggunakan kombinasi function key untuk bisa menyalakan Backlight ini. Kamu bisa lihat pada mesin ketik Kamu, apakah ada sebuah ikon berbentuk keyboard dengan simbol bercahaya. Begini cara menyalakan lampu keyboard laptop Asus:

  • Hidupkan laptop Kamu hingga menyala sepenuhnya.
  • Disarankan untuk tidak menggunakan keyboard eksternal apabila ingin menjalankan fungsi ini.
  • Keyboard eksternal memiliki fungsi yang berbeda dengan keyboard internal.
  • Pastikan semua tombol keyboard internal Kamu berfungsi semua.
  • Tekan kombinasi tombol Fn+(tombol yang memiliki icon backlight).
  • Tekan Fn terlebih dahulu baru fungsi lainnya.
  • kini backlight keyboard internal Kamu sudah menyala.

Baca : Pengertian Desktop Adalah? Ini Dia Penjelasan Fungsi dan Kelebihannya

Rekomendasi Laptop Asus

Sebuah fakta terungkap, jika cara menyalakan lampu keyboard laptop Asus tidak akan pernah berfungsi jika perangkat Kamu sendiri tidak mendukung adanya backlight. Berikut adalah beberapa rekomendasi device terbaik yang memiliki lampu belakang mesin ketik, di bawah ini ulasannya:

1. Asus Vivobook A409FA-FHD322

Laptop ini merupakan seri entry-level milik yang diklaim Asus cocok digunakan untuk bekerja dan bermain. Ia dibekali dengan prosesor Intel Core generasi ke 10, memiliki kapasitas ram sebesar 4GB 2666MHZ. Dilengkapi kartu olah grafis milik NVIDIA MX330, serta penyimpanan 512GB.

Harga dari laptop ini cukup bervarIasi tergantung dari prosesor dan kapasitas ruang simpanannya. Dihargai mulai dari Rp5.000.000-an untuk Intel Celeron, Rp6.000.000-an menggunakan Corei3, Rp7.000.000-an Corei5, dan Rp9.000.000-an Corei7. Ia merupakan sang all-rounder.

2. Asus Vivobook 14 A409

Laptop ini juma memiliki julukan sebagai all-rounder alIas Ia serba bisa. seperti bekerja ringan, desain, game berat, karena id dibekali dengan prosesor generasi 8 Intel Corei3. Memiliki kartu grafis dari NVIDIA yaitu MX330. Sedangkan dari segi penyimpanan, dari 512GB hingga 1TB.

Vivobook 4 A409 hanya memiliki satu jenis, dibandrol dengan harga Rp6.499.000. Ia menggunakan sistem operasi Windows10, dengan RAM sebesar 12GB. Layarnya adalah NanoEdge sebesar 12”. Dilengkapi dengan backlit jadi cara menyalakan lampu keyboard laptop Asus dapat dicoba.

3. Asus Vivobook 14 M413

Selanjutnya adalah  Asus Vivobook 14 M413, dI amunisi dengan prosesor dari AMD Ryxen 5 Mobile. Memiliki layar berbezel tipis yang disebut dengan NanoEdge sebesar 14”. Dimensinya sangat kecil dengan bobot 1,4 kg, terdapat juga fingerprint dan windows hello. 

Dibekali Windows 10, memory 512 GB, dan RAM sebesar 8GB. Harganya dibanderol dari Rp6.000.000-an hingga Rp11.000.000-an. Papan ketiknya memiliki bahan yang sangat tangguh, dengan travel key 1.4mm, Memiliki fitur tambahan yaitu fingerprint untuk.

Baca : Ingin Tau Apa Itu Deep Freeze? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

4. Asus Vivobook 15 K513

Rekomendasi laptop selanjutnya adalah Asus Vivobook 15 K513. Menggunakan prosesor Intel Core generasi 11, tersedIa dengan dua varIan yaitu Corei3 dan Corei5. Kartu grafis yang dipakai Ialah NVIDIA MX350, RAM sebesar 8GB, dan Ia memiliki cover yang terbuat dari logam.

Rentan harganya antara Rp9.000.000 hingga Rp11.000.000 tergantung prosesor apa yang digunakan. Ruang penyimpanannya sebesar 512GB, sedang untuk papan ketiknya memiliki travel key 1,4mm. Sudah terdapat backlit jadi cara menyalakan lampu keyboard laptop Asus di atas dapat diterapkan.

5. Asus Vivobook Ultra 14 K413

Asus Vivobook Ultra 14 K413 mengusung Intel Corei7 dan Corei3 sebagai prosesor pada serinya. Dibekali dengan layar NanoEdge, Ia dapat menampilkan gambar atau video pada resolusi FHD (Full High Definition). Memiliki body yang tipis, 17,9mm seberat 1,4 KG.

Dibekali memori internal sebanyak 512GB, kartu grafisnya menggunakan NVIDIA MX350, serta RAM 8GB. Rentan harga yang ditawarkan dari Rp8.000.000 hingga Rp12.000.000. Pada papan ketiknya memiliki key travel 1,4 mm dan backlit, jadi cara menyalakan lampu keyboard laptop Asus bisa dicoba.

6. Asus Vivobook Ultra 15 Oled K513

Rekomendasi yang terakhir adalah Asus Vivobook Ultra 15 Oled K513, dibekali dengan prosesor Intel Core generasi ke 11. Layarnya sangat diunggulkan karena menggunakan jenis NanoEdge Oled berdIameter 15”, dapat meproyeksikan gambar pada resolusi FHD (full High Definition).

Asus mengklaim jika laptop buatannya ini dapat meredam cahaya biru sebanyak 70%. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp8.000.000-an hingga Rp10.000.000-an tergantung prosesornya. Kapasitas memorinya sebesar 512 GB, dengan RAM 8GB. 

Baca : Pengertian Hibernate adalah?

Rekomendasi Keyboard Eksternal Ber Backlit

Sayangnya pada laptop lama Asus, mereka tidak dibekali dengan fitur backlit ini, jadi cara menyalakan lampu keyboard laptop Asus di atas tidak bisa dilakukan. Untuk dapat merasakan bagaimana mengetik pada papan tik bercahaya, bisa beli untuk penggunaan secara eksternal. Berikut rekomendasinya:

1. Sades Thyrsus

Pertama adalah Sades Thyrsus buatan IndonesIa. Para gamers banyak yang menggunakannya karena memiliki switch Kailh LH Blue sebagai sistem operasinya, sehingga Ia Sangat responsif pada tekanan. Dibekali juga dengan Anti-ghosting agar bisa mengetik dengan mulus.

Sade Thynnus ini sangat populer dan bisa dikatakan salah satu keyboard backlit terbaik karena berbagai macam kecanggihan telah dipasangkan padanya. Tampilannya sangat elegan, dan tombol-tombolnya nyaman untuk ditekan.

2. Rezer Ornata V2

Kedua adalah Rezer Ornata V2 buatan Singapura ini salah satu yang paling populer di kalangan para gamers. Ia dibekali dengan berbagai fitur canggih yaitu Rezer Mechanical-Membrane Technology, saat Kamu menyentuhnya terasa sangat mudah dan tentunya tidak mengeluarkan suara yang keras.

Keyboard backlit ini memiliki warna sebanyak RGB 16,8 juta sehingga efek yang diberikan sangat dinamis. Ia juga dilengkapi dengan bantalan empuk dari bahan plastik ABS ringan yang tangguh meskipun terpencet berkali-kali tetap koko.

Baca : Kumpulan Tutorial Komputer yang Dapat Membantu Kamu

Penutup

Karena banyak sekali jenis laptop Asus yang tersebar luas di Indonesia, coba Kamu lihat apakah milik Kamu sudah support fitur dari backlit sendiri. Jika sudah, berarti cara menyalakan lampu keyboard laptop Asus di atas bisa membantu Kamu ketika harus mengetik dalam gelap. Mungkin itu saja untuk artikel kali ini, sampai jumpa lagi di artikel TeknoApps berikutnya.