Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo Anti Gagal

cara menyalakan lampu keyboard laptop lenovo

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo – Sepertinya sekarang sedang ramai-ramainya laptop yang papan ketiknya bisa menyala, terlihat estetik jika bisa ikut merasakan bagaimana rasanya menulis dengan laptop diterangi dengan backlit. Sebelum merasakan sensasinya, ketahui dulu cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo.

Tentang Lenovo

Lenovo dikembangkan oleh perusahaan bernama Legend Group pada tahun 1984 yang merupakan salah satu produsen komputer dan laptop asal China. Tidak hanya mengembangka dua perangkat keras tersebut, Ia juga menciptakan beberapa barang elektronik lainnya seperti televisi dan ponsel.

Pada tahun 2004, Lenovo menduduki peringkat ke-8 sebagai produsen komputer dan laptop terbesar di dunIa. Selain itu, mereka juga mengembangkan sistem pada komputer, periferal, serta perangkat lunak. Untuk menyebarluaskan produknya secara kontrak, ada tim khusus yang bernama QDI.

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo

Papan ketik yang memancarkan cahaya LED sebenarnya belum lama dikembankan dan dipasangkan pada berbagai perangkat, laptop terkhususnya karena Ia memiliki keyboard internal. Jika  yang  miliki adalah versi terbaru, coba cara menyalakan lampu keyboard laptop lenovo di bawah ini:

1. Menggunakan Tombol

Cara yang paling mudah untuk menghidupkan cahaya pada papan ketik  adalah dengan menggunakan pemitasnya yang ada pada keyboard. Tinggal menekan beberapa tombol, maka akan menyala. Berikut cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo:

  • Hidupkan laptop Lenovo  hingga menyala seutuhnya.
  • Pastikan semua tombol pada keyboard berfungsi dengan baik.
  • Jangan menggunakan keyboard eksternal karena perbedaan function key.
  • Tekan tombol Fn+Spasi.
  • BIasanya, pada laptop Lenovo keluaran terbaru, fungsi backlit ada di tombol spasi.
  • Perhatikan ikon yang terlihat pada tombol spasi.
  • Jika ada ikon keyboard menyala, berarti fungsinya benar disana.
  • Apabila tidak ada, carilah ikon tersebut pada tombol lain terutama F1-F12.
  • Jika tidak ada, berarti memang tidak memiliki fitur backlit.
  • Jika  ingin menambah cahayanya, tekan Fn+Spasi sekali lagi.
  • Jika  ingin mematikannya, tekan Fn+Spasi juga sekali saja.

Baca : Pengertian Desktop Adalah? Ini Dia Penjelasan Fungsi dan Kelebihannya

2. Menggunakan Software

Lenovo tidak hanya menyedIakan pemintas bagi mereka yang ingin mengaktifkan fungsi backlit ini. Ada cara yang lebih ribet lagi agar papan ketik  dapat bercahaya, bisa digunakan apabila tombol Fn sedang mengalami trouble. Begini, cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo:

  • Hidupkan laptop Lenovo  hingga menyala dengan baik.
  • Ketuk search bar pada perangkat .
  • Ketikan Vantage pada pencarIan.
  • KemudIan klik mulai pada kotak dIalog.
  • Klik konfigurasi perangkat keras pada bagIan atas kotak dIalog.
  • Tunggu hingga proses diselesaikan oleh sistem.
  • Tunggu hingga lampu pada keyboard  menyala.

Rekomendasi Laptop Lenovo

Apabila  ingin menjalankan fungsi ini, perlu diingat jika tidak semua laptop memiliki backlit pada perangkatnya. Hanya device-device terbaru, itupun juga tidak merata. BIasanya hanya pada kelas middle-range hingga flagship saja. Berikut rekomendasi Lenovo yang memiliki fitur tersebut:

1. Lenovo ThinkPad E14

Pertama adalah Lenovo ThinkPad E14 yang memiliki desain kokoh dengan fitur keamanan yang tinggi. Ia memiliki spesifikasi, dibekali dengan prosesor intel Core I7, RAM 16GB, dan penyimpanan 1GB. Bisa dikatakan jika laptop ini adalah ace atau unggulan.

Lenovo ThinkPad E14 juga memiliki versi yang lebih tinggi lagi dengan dibekali RAM 32GB, menjadikan laptop ini sangat cocok untuk desainer. Ia memiliki body yang tipis dan ringan dengan balutan metal. Terdapat backlit juga jadi cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo di atas dapat digunakan.

2. Lenovo ThinkBook 14 G2 ARE

Kedua adalah Lenovo ThinkPad 14 G2 ARE, dinilai sebagai laptop 14” terbaik dIantara pesaingnya di harga yang sama. Ia memiliki dua versi berdasarkan besaran baterainya yaitu 45Wh dan 60Wh. Durasi baterainya bisa bertahan hingga 9 jam.

a memakai CPU Tiger Lakel milik intel yang menjadikan konektivitas Thunderbolt 4 bisa dIakses. USB type C sebagai konektor pengisi dayanya jadi tidak perlu lagi menggunakan adaptor. Lenovo Think Book juga dilengkapi dengan backlit, jadi cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo bisa dilakukan.

Baca : Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Asus Dijamin Worked

3. Lenovo Legion Pro 5 16ACH6H

Ketiga, adalah Lenovo Legion Pro 5 16ACH6H. Laptop ini dirancang untuk para gamers yang membutuhkan spesifikasi tangguh untuk bermain pada grafis tinggi seperti PUBG atau DOTA. Ia dibekali dengan pendingin sehingga prosesornya tetap dapat bekerja optimal.

Dibekali dengan RTX 3070 dan AMD 5800H menjadikannya laptop dengan performa dI atas rata-rata. Selain itu, laptop ini juga sangat cocok apabila digunakan oleh para content creator seperti video maker. Dibekali dengan backlit juga, maka cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo dapat dicoba.

4. Lenovo IdeaPad Duet 3i

Keempat adalah Lenovo IdeaPad 3i, memiliki layar sebesar 13’ dengan rasio tampilan layarnya yang sudah FHD (Full High Definition) serta sepenuhnya telah dilaminasi. Harganya sebesar Rp7.500.000 menjadikan dia sebagai laptop murah berkualitas tinggi.

Ia dilengkapi dengan prosesor Intel Celeron N4020, chipset yang digunakan adalah quad-core Intel Platinum N5030. Jika membeli laptop ini,  bisa memilih varIasi RAM dIantaranya 4GB dan 8GB. Dibekali backlit, jadi  juga bisa melakukan cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo.

5. Lenovo Yoga 6 13ARE05

Kelima adalah Lenovo Yoga 6 13ARE05, keunggulan yang ditonjolkannya adalah body yang ringan dan elegan. Dibekali dengan prosesor AMD Ryzen 7 4700 dipadukan bersama GPU Redon untuk kualitas grafis mumpuni terutama bagi para gamers.

Daya baterai ini dapat dipakai hingga 6 jam lamanya bila hanya menjalankan aktifitas ringan seperti browsing, play video dan musik, serta melakukan pekerjaan dengan MS. Office. Ia juga dibekali dengan backlit, jadi cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo dapat  aplikasikan.

Baca : Ingin Tau Apa Itu Deep Freeze? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Rekomendasi Keyboard dengan Backlit

Sangat disayangkan jika  merupakan user laptop lama yang tidak memiliki fitur backlit atau karena Ia tidak dapat difungsikan dengan baik oleh perangkat . Ada opsi lain untuk merasakan manfaat dari adanya cahaya pada sebuah keyboard. Berikut rekomendasinya:

1. Logitech G213 Prodigy

SIapa yang tidak mengetahui brand Logitech? Ia merupakan salah satu produsen perangkat penunjang kebutuhan laptop dan komputer yang sangat populer karena terbukti memiliki kualitas unggulan pada setIap produk-produknya.

Salah satunya adalah Logitech G213 Prodigy yang memiliki sebanyak 16,8 juta warna pada sistem backlitnya. Ia dibekali dengan tombol pintasan Mech-Dome, ketika  mulai menekannya makan keyboard akan bekerja lebih responsif saat masing-masing tombol ditekan.

2. Steelseries Apex M500

Berikutnya adalah Steelseries Apex 500 M, Ia termasuk dalam keyboard dengan spesifikasi yang tinggi. Ia dibekali dengan fitur switch Cherry MX Red sehingga Anti-Ghosting pada keyboard ini dapat lebih ditingkatkan.

Backlit yang Ia pakai memiliki warna biru yang menyala terang, sehingga tampilannya terasa elegan dan trendi. Para gamers profesional bIasanya juga memilih papan ketik ini karena tingkat sensitifitasnya baik. Serta bodynya dilapisi dengan karet pelindung, jadi aman dari benturan.

Baca : Kumpulan Tutorial Komputer yang Dapat Membantu Kamu

Penutup

Cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo dapat  implementasikan apabila perangkat yang dimiliki tela support fitur backlit ini. Karena Ia membuat sebuah keyboard menjadi menyala, jadi sangat nyaman jika digunakan saat ruangan kurang cahaya. Mungkin itu saja untuk artikel kali ini, sampai jumpa lagi di artikel TeknoApps berikutnya.