Cara Mudah Cleaning Printer Epson untuk Semua Tipe

Cara-Cleaning-Printer-Epson-Untuk-Semua-Tipe

TeknoApps.id – Melakukan cleaning atau pembersihan printer menjadi hal yang penting. Terlebih lagi jika Anda menggunakan printer dalam waktu yang sering, sudah seharusnya melakukan cleaning agar tidak terjadi masalah. Apalagi cara cleaning printer Epson semua tipe juga terbilang mudah.

3 Fungsi Pengaturan Cleaning

Bagi pengguna pemula penting sekali mengetahui Apa saja fungsi pengaturan pada cleaning printer. Sederhananya ada tiga fungsi yaitu head cleaning, power ink flushing dan paper guide cleaning. Nah, setiap jenis fungsi pengaturan cleaning mempunyai fungsi tersendiri. Nah, mengenai ketiga fungsi tersebut berikut ini penjelasannya.

1. Head Cleaning

Fungsi pengaturan cleaning yang pertama yaitu head cleaning. Sederhananya proses ini dilakukan agar sisa tinta yang mengendap di bawah cartridge bisa terbuang. Mengingat jika sisa tinta tersebut tidak segera dibersihkan bisa menghambat kerja printer.

Dengan kata lain tinta tersebut menjadi kendala proses berjalannya tinta agar bisa mencetak dokumen dengan maksimal. Biasanya jika terjadi permasalahan ditandai dengan tinta putus-putus pada kertas. Jadi, hasil printer seperti ini membuat tulisan tidak bisa dibaca dengan jelas. 

2. Power Ink Flushing

Fungsi power ink flushing sebenarnya tidak jauh berbeda dengan head cleaning. Namun, proses yang satu ini jauh lebih maksimal karena melakukan cleaning sebanyak 2 sampai 3 kali. Tujuannya agar tinta yang mengendap pada bagian bawah terbuang dengan sempurna.

Namun, perlu diketahui juga jika fungsi Cleaning yang satu ini hanya bisa dimanfaatkan pada beberapa tipe printer Epson saja. Jadi, jika anda memiliki fungsi cleaning printer yang satu ini, itu berarti memang tidak ada, sehingga harus menerapkan fungsi cleaning lainnya.

3. Paper Guide Cleaning

Paper Guide Cleaning ini berfungsi untuk menampilkan cara dalam membersihkan roll kertas dengan benar. Banyak orang yang menggunakan fungsi Cleaning yang satu ini terutama saat penggunaan printer muncul bercak kotor pada kertas di berbagai tempat.

Tentunya bercak kotor yang muncul bisa membuat hasil cetakan terlihat tidak rapi. Apalagi bercak tersebut muncul cukup banyak, sehingga sangat mengganggu. Maka dari itu jika menjumpai tanda-tanda seperti ini segera terapkan paper guide cleaning.

Cara Cleaning Printer Epson dengan Mudah

Jika membahas mengenai cara cleaning printer Epson pasti selalu dikaitkan dengan kemudahan prosesnya. Memang benar adanya cara cleaning printer tipe ini cukup mudah. Bahkan, anda hanya perlu menerapkan beberapa langkah berikut mudah berikut ini.

  • Langkah pertama hubungkan komputer dengan printer yang bermasalah.
  • Setelah itu arahkan kursor pada tombol Windows.
  • Selanjutnya pilih menu device and printers.
  • Jika sudah, klik klik kanan pada mouse di tulisan printer.
  • Langkah selanjutnya pilih menu printer preferences.
  • Setelah itu pilih menu maintenance.
  • Jika sudah, pilih pada menu head cleaning.
  • Pada menu tersebut pilih start.
  • Secara otomatis proses cleaning printer akan berlangsung.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses cleaning berhasil.
  • Jika sudah biasanya akan muncul beberapa menu.
  • Pilih menu print nozzle check pattern.
  • Selanjutnya pilih tulisan finish atau selesai.
  • Sedangkan untuk melakukan pengecekan tinggal klik tombol print nozzle.
  • Lakukan langkah-langkah ini berulang sampai printer kembali normal.

Demikianlah penjelasan lengkap dari kurotekno mengenai cara cleaning printer Epson beserta dengan tiga fungsi pengaturannya. Jadi, meskipun terlihat mudah, jangan menyepelekan caranya begitu saja. Namun sebelum itu penting juga untuk memperhatikan cara instal printer epson l360 agar nantinya saat memilih printer dengan tipe tersebut tidak kebingungan saat lakukan proses penginstalan.

Mengingat untuk hasil yang lebih maksimal pastikan menerapkan caranya dengan benar. Selain itu, untuk meminimalisir permasalahan pada printer pastikan merawatnya dengan baik.