Download Nadhom Alfiyah Ibnu Malik PDF

Download Nadhom Alfiyah Ibnu Malik PDF

Download Nadhom Alfiyah Ibnu Malik PDF – Sebuah kitab Nadhom Alfiyah merupakan suatu hal yang paling dirindukan buat para santri dan pastinya sudah tidak asing lagi dengan kitab tersebut, sebuah kitab yang memiliki jumlah lebih dari 1000 bait dalam membahas luasnya yang terkait dengan Nahwu.

Salah satu kitab ini sangat populer dikalangan pesantren dan biasanya para santri diwajibkan untuk memperlajari kitab ini setelah Jurumiyyah dan Imrithi. Sebuah kata yang sering dibaca berulang kali agar mudah dihafal sering disebut dengan lalar.

Bagi yang anda yang saat ini sedang mencari kitab Nadhom Alfiyah Ibnu Malik, disini kami Calon Siswa akan memberikan link download versi pdf dari kitab tersebut yang bisa anda unduh secara gratis loh. Tetapi sebelum itu, disini kami akan berbagi sedikit informasi mengenai kitab tersebut.

Sekilas Alfiyah Ibnu Malik

Alfiyah Ibnu Malik merupakan sebuah buku atau syair/nardhom tentang suatu gramatika dalam bahasa arab “Nahwu” dari abad ke-13. Kitab tersebut ditulis oleh seorang ahli dibidang bahasa arab dan kelahirannya di Jaen, Spanyol yang bernama Ibnu Malik atau nama panjang dari beliau yaitu Abu Abdillah Jamal ad-Din Muhammad ibn Abdillah ibn Malik al-Tha’i al-Jiyani al-Andalusi. Alfiyah memiliki arti “Seribuan” yang memiliki rujukan pada jumlah butir bait yang terdiri dari 1002 bait.

Berbicara mengenai proses pembuatan kitab tersebut. Pada saat Ibnu Malik menuliskan Nadhom tersebut ketika sampai pada bait ke-15, lalu secara tiba-tiba Ibnu Malik tidak bisa melanjutkan dikarekan lupa. Berbagai macam cara telah dilakukan oleh dirinya untuk mengembalikan ingatannya tentang Ilmu Nahwu yang telah ia hafal sebelumnya.

Namun tidak membuahkan hasil apapun dikarenakan dia telah merendahkan kitab Nahwu Alfiyah milik Ibnu Mu’thi dan akhirnya Ibnu Malik mendoakan kepada Ibnu Mu’thi dan menambahkan beberapa pujian kedalam kitab Ibnu Malik.

Setelah menambahkan beberapa pujian kedalam kitab yang telah dia buat dan akhirnya ingatan dia sebelumnya kembali dan dia melanjutkan karangan Nadhom Alfiyah Ibnu Malik lagi sehingga terbentuklah 1002 bait tersebut.

Download Nadhom Alfiyah Ibnu Malik PDF Lengkap

Judul KitabAlfiyah Ibnu Malik fi an-Nahwi wa as-Sharfi
PengarangAbu Abdillah Jamal ad-Din Muhammad ibni Abdillah ibni Malik al-Tha’i al-Jiyani al-Andalusi Abad 13
FormatFile PDF
Ukuran File772 KB

Berikut ini adalah link download untuk mengunduh file Nadhom Alfiyah Ibnu Malik Versi PDF Lengkap, sebagai berikut :

Atau

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat mengenai link unduh Nadhom Alfiyah Ibnu Malik PDF Lengkap yang bisa anda unduh secara gratis melalui situs TeknoApps, Apabila anda memiliki pertanyaan seputar artikel diatas silahkan komen dikolom komentar dibawah artikel ini.