Fungsi Stavolt, Macam, dan Keuntungan Menggunakannya

Fungsi Stavolt

Fungsi StavoltStavolt adalah sebuah benda elektronik yang dikenal mampu  menstabilkan tegangan listrik di tempat yang menggunakannya. Namun apakah hanya itu saja Fungsi Stavolt tersebut? tentu tidak, masih ada beberapa keuntungan lain yang bisa kalian dapatkan nantinya.

Nah pada ulasan kali ini tidak akan membahas tentang Fungsi Stavolt saja, namun juga akan dibahas tentang macam dari Stavolt itu sendiri yang bisa dijadikan bahan pertimbangan nanti.

Fungsi Stavolt

Nama Stavolt ini mungkin sudah pernah kalian dengar, namun apakah kalian tahu dengan fungsi dari alat tersebut? secara garis besar Stavolt sedikit berbeda dari Power Supply, Fungsi Stavolt ini adalah untuk menjaga tegangan listrik agar tetap stabil atau normal.

Tegangan listrik yang stabil ini memang sangat penting dan dibutuhkan, karena hal ini untuk menjaga peralatan elektronik kalian supaya tidak rusak nantinya.  Beberapa perabotan rumah tangga seperti kulkas, Air Conditioner (AC) atau perangkat lain seperti komputer, mesin CNC, maupun peralatan laboratorium ini juga butuh Stavolt agar daya listrik yang masuk bisa normal sehingga mereka bisa bekerja secara optimal.

Dengan Fungsi Stavolt untuk mensabilkan aliran listrik yang masuk ke perangkat elektronik, maka kalian sudah melakukan salah satu upaya untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada komponen elektronik karena aktifitas tegangan listrik yang naik turun.

Selain itu hal ini juga akan membuat usia dari benda elektronik kalian bakal awet dan berumur panjang. Stavolt ini bukanlah peralatan utama, ini merupakan sebuah aksesoris yang digunakan untuk menstabilkan arus listrik.

Sehingga jika ditempat kalian memiliki arus listrik yang stabil, maka tidak perlu menggunakan Stavolt tersebut. Namun jika ditempat kalian terkenal memiliki arus listrik yang tidak stabil, maka wajib sekali memiliki Stavolt tersebut nantinya.

Ketika sedang terjadi pemadaman didaerah kalian, beberapa orang biasanya memilih untuk menggunakan genset. Nah kalian juga perlu memasang Stavolt pada genset tersebut, karena arus listrik yang dihasilkan oleh genset ini juga termasuk pada arus listrik yang tidak stabil.

Stavolt untuk genset ini juga bisa kalian beli kok, yang pasti Fungsi Stavolt ini secara umum sama dengan Stavolt pada rumah-rumah yakni berguna sebagai stabilizer pada aliran listrik yang masuk kedalam peralatan elektronik.

Maka dari itu, Fungsi Stavolt beserta sistem kerja dari stabilizer listrik ini menjadi komponen yang tak bisa dipisahkan, karena memang peranan dari keduanya ini sangatlah penting. Jika pada suatu waktu tiba-tiba muncul beban arus listrik yang sangat besar dan kalian tidak memiliki Stavolt ini, maka tidak menutup kemungkinan perangkat elektronik kalian bisa rusak dalam jangka waktu lama.

Namun jika aliran listrik ini memang begitu besar, bukan tidak mungkin perangkat kalian bisa error saat itu juga. Maka dari itu, sebagai antisipasi kalian boleh saja menggunakan Stavolt ini meskipun daerah kalian tidak termasuk memiliki aliran listrik tidak stabil, karena besaran arus listrik ini kita tidak pernah tahu bentuknya dan kapan waktu terjadinya.

Baca : Pengertian Perangkat Keras Komputer

Macam-macam Stavolt

Setelah kalian paham dengan Fungsi Stavolt, selanjutnya yang harus kalian ketahui adalah macam-maca dari Stavolt itu sendiri.  Jadi Stavolt ini ada tiga macam, Fungsi Stavolt ini sama, hanya saja proses eksekusinya saja yag sedikit berbeda.

1. Stavolt dengan Servo Motor

Untuk jenis Stavolt yang pertama kali ini adalah dengan servo motor sebagai media untuk menstabilkan tegangan listrik. Dimana cara kerja dari Stavolt ini adalah mengambil tegangan listrik yang tidak stabil itu terlebih dahulu.

Setelah itu motor yang ada didalamnya bakalan berputar untuk dapat tegangan stabil ini, maka dari itu butuh waktu sekitar dua sampai lima detik untuk mendapatkan listrik yang stabil tersebut sebelum dialirkan ke perangkat elektronik yang ada ditempat kalian.

Jenis Stavolt servo motor ini tidak dibekali dengan filter atau penyaring pada gangguan listrik seperti surge, spikes, sag, maupun petir.

2. Stavolt dengan Relay

Fungsi Stavolt dari jenis ini adalah  dimana relay bakalan bekerja ketika ada tegangan listrik yang turun maunpun naik, sehingga respon yang diberikan sangatlah cepat akan tetap soal kestabilan listrik yang dihasilkan dirasa kurang baik. 

Selain itu Stavolt relay ini tidak bisa mencapai kestabilan listrik di angka 200 volt, dimana mereka hanya bisa memberikan kestabilan listrik diangka mendekati 220 volt. Sama halnya dengan tipe Servo motor, untuk Stavolt ini juga tidak dilengkapi dengan filter didalamnya.

3. Stavolt dengan Sistem Digital Control

Dan jenis Stavolt yang terakhir kali ini memiliki teknologi yang lebih canggih jika dibandingkan dua jenis diatas tadi, selain itu Stavolt ini juga sudah dibekali dengan filter juga didalamnya. Salah satu kemampuan handal yang dimiliki oleh Stavolt Sistem digital control ini adalah sistem Ferro-Resonant / Line Conditioner yang sangat penting.

Dimana sistem ini mampu memberikan tingkat kestabilan terhadap beban reaksi atau respon yang sangat cepat,  dimana hanya butuh waku sekitar 0,04 detik saja. Bisa dikatakan jika Stavolt ini merupakan jenis yang paling stabil, namun dengan kemampuanya tersebut juga membuat harga Stavolt ini lebih mahal.

Baca : Pengertian Power Supply Adalah, Berikut Penjelasannya

Keuntungan Memakai Stavolt

Dari Fungsi Stavolt diatas tadi, apakah kalian sudah bisa menarik kesimpulan apa keuntungan menggunakan Stavolt ini? jika tidak, maka berikut ini akan berikan kesimpulan mengenai keuntungan memakai Stavolt yang perlu kalian ketahui.

1. Membuat Tegangan Listrik Konstan

Fungsi Stavolt yang paling penting dan sangat diperlukan adalah hal ini, dimana akan menjadikan tegangan listrik ditempat kalian jadi lebih konstan. Contohnya jika kalian memakai listrik 1 phasa, maka teganganya ini adalah 220 volt, sementara untuk listrik 3 phase ini maka tegangannya menjadi 380 volt.

2. Bisa Mengantisipasi Lonjakan Tegangan

Seperti yang sudah disinggung diatas tadi, jika tegangan listrik ini bisa sewaktu-waktu mengalami peningkatan sekalipun didaerah kalian ini dikenal memiliki listrik yang stabil. Lonjakan tegangan listrik ini pun bisa disebabka oleh banyak hal, dan kita tidak bisa melihat bentuknya seperti apa.

Maka dari itu, karena Fungsi Stavolt ini sebagai penstabil tegangan maka kalian bisa memakainya sebagai antisipasi dirumah. Dengan begini, maka perangkat elektronik di rumah kalian pun bakalan aman dan bisa panjang umur nanti.

Berbagai perabotan elektronik jenis apapun bisa mengalami kerusakan pada saat terjadi tegangan tinggi, jadi jika perangkat tersebut tidak bisa menahan tegangan listrik ini maka bisa saja rusak saat itu juga.

3. Tagihan Listrik Stabil

Jika ada tegangan tinggi yang masuk ke tempat kalian maka bisa dikembalikan lagi, sehingga kebutuhan sumber listrik kalian pun tidak akan berlebihan hingga terbuang percuma. Jika sudah begini, maka tagihan listrik kalian pun juga bakal stabil atau normal, tidak mengalami pelonjakan secara signifikan.

Penutup

Cukup sekian dulu ulasan dari TeknoApps kali ini tentang Fungsi Stavolt dan macam-macamnya, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian nanti.