Fungsi VGA : Definisi, Jenis, yang Biasanya Digunakan Sehari-Hari

Fungsi VGA

Fungsi VGA – VGA merupakan salah satu jenis komponen berupa kartu video. Beberapa orang mungkin ada yang masih merasa asing dengan komponen satu ini. Penjelasan dibawah ini akan memberika pemahaman tengang fungsi VGA, definisinya secara singkat, maupun penjelasan lebih rinci tentang definisinya. 

Definisi dari Sebuah Fungsi VGA untuk Komputer Maupun Laptop

VGA merupakan salah satu jenis kartu atau adaptor grafis. Secara sederhananya merupakan perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk menterjemahkan tampilan ke layar monitor. Banyak orang lebih senang menyebutnya dengan kartu grafis. Fungsi VGA sangat penting untuk bermain game. 

Saat bermain game atau sedang melakukan proses desain grafis VGA akan memberikan akses agar hasil akhirnya tampak maksimal secara keseluruhan. Jika Anda ingin hasilmya lebih maksimal lagi maka bisa ganti standar VGA dengan super VGA saja. Dijamin perbedaannya akan sangat terasa sekal.

Jenis-Jenis VGA Card Pada Komputer Maupun Laptop

Dalam perkembangannya sendiri sekarang ini jenis dari VGA semakin beragam. Tentu saja semakin banyak variasinya semakin lengkap VGA komputer atau laptop yang dibutuhkan oleh masyarakat. Adapun jenis-jenis yang biasanya digunakan pada komputer adalah sebagai berikut. 

1. VGA Onboard

Jenis pertama yang pastinya sudah tidak asing lagi adalah VGA onboard. Fungsi VGA ini adalah memproses integrasi melalui motherboard. Secara sederhanya sudah tidak membutuhkan VGA standar lagi karena saat digunakan onboard juga bisa di setting ke mode tidak aktif. 

Ketika fungsi VGA onboard menjadi tidak aktif maka pengguna bisa memasang jenis Vga lain sesuai dengan kebutuhannya. Dengan begitu kinerjanya juga lebih bagus dan fleksibilitas tinggi karena bisa digantikan dengan berbagai macam jenis dan VGA lainnya. 

2. VGA Card atau kartu VGA

Selanjutnya adalah jenis VGA standar yang biasanya banyak digunakan oleh masyarakat. Fungsi VGA ini adalah yang pertama dapat menggantikan on board ke performa yang lebih maksimal lagi. Kapasitasnya juga lebih besar dari sistem VGA standar biasa, sangat rekomen bagi aktivis grafis. 

Oleh karenanya jika Anda memiliki aktivitas yang banyak di dunia grafis maka VGA jnenis card ini bisa dijadikan rekomendasi pilihan pertama. Selain fungsional soal harga juga terjangkau, terbilang murah dan mudah di dapatkan. Hanya perlu cari di beberapa toko komputer pasti langsung dapat. 

3. VGA type PCI 

Rekomendasi selanjutnya adalah VGA dengan tipe PCI. Fungsi VGA tipe satu ini juga tak kalah kerennya dengan lainnya. Namun jarang orang menggunakan jenis satu ini karena memang ada keterbatasan fitur. Salah satunya adalah ciri slot di bagian depan ada noda, bentuknya juga lurus vertikal.

Fungsi VGA PCI ini lebih direkomendasikan bagi Anda yang baru belajar grafis sedikit-sedikit saja belum terlalu banyak. Karena jika kebutuhannya sudah banyak tentu butuh ruang lebih banyak untuk menyimpan dan menunjang hasil akhir agar lebih maksimal sesuai hasil di komputer.

4. PCI Express

Selanjutnya adalah fungsi VGA PCI express. Pengembangan jenis ini dianggap memiliki kemampuan yang luar biasa. Dari namanya saja sudah terlihat yakni Express dirancang agar bisa menginstall aplikasi terbaru, juga adanya peralatan terbaru. Misalnya saja 2 versi slot PCI Express.

Fungsi VGA PCI Express terbaru ini juga bisa digunakan untuk keperluan pemasangan adanya peralatan tambahan pada komputer. Jadi bagi Anda yang sat ini sedang menacari VGA dengan performa unggul mungkin PCI Express bisa jadi pilihan paling tepat. Walaupun nantinya soal harga tentu lebih mahal.

5. VGA type AGP 

Rekomendasi selanjutnya adaah VGA type AGP yang awalnya diagunakan untuk transFer data. Fungsi VGA satu ini dulunya hanya untuk tranfer data dari memori ke CPU display saja. Namun sekarang kegunaanya sudah semakin beragam. Akhirnya saat ini sudah ada slotnya juga. 

Kegunaan slot tersebut adalah untuk memasang VGA Card. Setiap tegangan yang dihasilkan juga berbeda-beda, ada yang 3,3 v sampai 1,5 volt. Tentu saja Anda bisa memilih sesuai kebutuhan masing-masing. Soal harga sebenarnya juga sesuai dengan keadaan dompet masyarakat yang menggunakannya. 

Fungsi VGA yang Biasa Digunakan 

Kebanyakan orang hanya memahami fungsi VGA paling utama adalah pengolah data visual. Namun ada beberapa fungsi VGA lain dimana dipengaruhi oleh kapasitas prosesor. Semakin memadai maka pengguna juga bisa memaksimalkan kegiatan grafis atau lainnya sesuai kebutuhannya. 

1. Membantu Menerjemahkan Output 

Terkadang bahasa pemrogaman dalam komputer masih tidak bisa diterjemahkan oleh monitor. Sedangkan untuk beberapa kebutuhan tentu seperti grafis dan bermain game membutuhkan bahasa pemrogaraman yang lebih detail. Oleh karenanya Anda butuh VGA berdasarkan kebutuhan. 

Fungsi VGA satu ini rasanya sudah umum, namun masih belum diketahui oleh banyak orang juga. Namun jika memang ingin mendapatkan hasil akhir yang maksimal usahakan pahami dengan baik kekurangan dan kelebihan jenis-jenis VGA yang ada

2. Mengubah Sinyal Digital dari Komputer 

Tampilan grafis yang Anda lihat dari komputer merupakan salah satu hasil dari fungsi VGA. Adanya sinyal digital dari komputer akan ditampilkan menjadi gambar grafis pada layar monitor komputer atau laptop. Oleh karenanya fungsi VGA dinilai sangat penting untuk melengkapi kinerja perangkat. 

Kelengkapan perangkat komputr tentunya sangat banyak selain VGA. Namun semua perangkat tersebut tentunya berkaitan satu sama lain. Performa dari fungsi VGA nantinya juga akan dipengaruhi oleh sistem lain. Kualitas grafis atau tampilan yang diberikan tidak semata-mata hanya dari VGA saja. 

3. Suplai Data Pada Prosessor 

Selain untuk merubah grafis pada tampilan komputer fungsi VGA lainnya adalah sebagai suplai data [ada prosessor. Nantinya data tersebut akan diproses menjadi perintah dan semacamnya. Jadi bukan hanya semata-mata untuk menampilkan grafis saja. 

Proses data dari prosessor ini juga sangat penting jika Anda adalah pemain game. Tampilan grafis tentunya menjadi salah satu aspek penting yang harus ada. Oleh karenanya para gamers sangat memperhatikan dengan detail fungsi VGA ingin digunaknan. Tidak hanya asal beli dan murah saja. 

4. Membuat Kualitas Gambar Lebih Unggul

Selanjutnya adalah memastikan jika gambar atau grafis yang tampil memiliki kualitas super bagus. Namun hal ini tentunya juga tergantung pada fungsi VGA masing-masing jenisnya. Tidak bisa disamakan antara satu dan lainnya. Disini Anda bisa membuktikan ada harga juga ada rupa. 

Untuk anak gamers atau grafis pastinya desain dengan kualitas unggul lebih diutamakan. Oleh karenanya sebelum memilih pastikan sudah mengetahui kelemahan dan kelebihan masing-masing VGA yang ingin dimiliki. Jangan hanya asal pilih karena tawaran dari teman saja. 

Penutup

Itulah beberapa penjelasan dari TeknoApps mengenai fungsi VGA untuk para pengguna komputer maupun laptop. VGA sebenarnya bukanlah komponen baru di dunia digital, namun masih banyak orang sampai sekarang belum mengetahui secara jelas kegunaannya.