Beragam Macam VGA Komputer dan Card

VGA Komputer

VGA Komputer – Jika Anda pecinta komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan komponen satu ini, yakni VGA Card. Ada beberapa jenis VGA komputer yang digunakan untuk menunjang kinerja PC. Jika saat ini Anda sedang mencari tipe paling sesuai dengan kebutuhan, penjelasan dibawah ini mungkin bisa jadi petunjuknya. 

Berbagai Macam Tipe VGA untuk Komputer 

Pada praktiknya fungsi VGA dan jenis VGA pada komputer memang sangat beragam. Performa dari tipe VGA komputer memang disesuaikan dengan kemampuan prosessor PC. Di bawah ini ada beberapa penjelasan dari beberapa tipenya yang bisa digunakan oleh para pengguna komputer. 

1. VGA On- Board

Jenis pertama yang paling umum adalah VGA on board, jenis VGA komputer dengan spesifikasi terendah. Aktivitas yang dilakukan adalah sejenis menulis, perhitungan keuangan bukanlah kegiatan yang berhubungan dengan tampilan grafis. Itulah mengapa tipenya sering ditemukan. 

Ciri-Ciri VGA on-board 

  • Memiliki kapasitas server yang kecil 
  • Layar laptop atau netbook dengan ukuran kecil 
  • Spesifikasi low end kisaran harga 2 sampai 4 jutaan

Kelemahan dari VGA On Board

  • Kurang maksimal ketika dipakai untuk kebutuhan aktivitas grafis kualitas HD
  • Lemah dan tidak bisa menunjang game dengan resolusi tinggi
  • Sering lemot atau lag ketika memutar video HD

Keunggulan dari VGA On Board

  • Mudah dalam segi perawatannya 
  • Punya harga jauh lebih murah dan terjangkau 
  • Cukup jika hanya menjalankan kebutuhan dasar komputer
  • Sistem tidak terlalu sulit juga

2. VGA ADD- On 

Masih ada lagi VGA komputer yang bisa dipilih, yakni VGA on- Board. Salah satu hal yang identik dengan tipe satu ini adalah dapat dilepas pasang sesuai dengan keinginan. Selain itu penempatannya juga tidak langsung tertanam pada motherboard sehingga mudah juga ketika ingin melepasnya. 

Spesifikasi yang Memakai VGA On- Board 

  • Tergolong tipe middle sampai high end
  • Komputer khusus untuk gaming 
  • Bisa juga komputer dipakai untuk desain 

Kelemahan dari VGA Add- On 

  • Belum bisa digunakan untuk semua jenis komputer 
  • Soal harga sudah diatas 4 jt 
  • Agak resiko ketika melepasnya 

Keunggulan dari VGA Add-on 

  • Selalu bisa diupgrade ke versi terbarunya 
  • Tidak lemot untuk memutar film kualitas HD
  • Tampilan gambar lebih jelas dan detail 
  • Sistem pendingin yang terpisah 
  • Awet dan tahan lebih lama
  • Bisa digunakan untuk hal-hal berat 
  • Performa maksimal untuk desain dan game HD

Jenis-Jenis VGA Komputer Card 

Video Graphics Adapter atau yang sering disebut dengan VGA card komputer. Dimana perangkat keras komputer ini memiliki berbagai macam fungsi menterjemahkan tampilan dari prosessor ke layar monitor. Menurut perkembangannya sekarang VGA tipe card juga sudah banyak jenis-jenisnya. 

1. S3 VIRGE 

Virtual Reality Graphics Engine atau lebih dikenal sebagai S3 Virge. VGA jenis ini merupakan generasi pertama dengan teknologi 3D grafik yang bagus. Pemakaian teknologi 4 MB dan memory clockpeeds up sampai dengan 66 MHz. Sehingga mendukung kegiatan grafismu. 

Tidak heran jika saat ini sudah banyak dari orang-orang yang juga menggunakan S3 Virge untuk VGA komputer mereka. Selain itu tipe satu ini juga sudah dapat mendukung fitur-fitur yang ada seperti Bilinear dan Trilenear texture filtering. Tak ketinggalan tentunya 3D tekstur lainnya.

2. ATI Rage 3D & Rage II

Rekomendasi VGA komputer selanjutnya adalah ATI Rage II yang kapasitas memory sebenarnya hanya 2 MB saja. Namun pemakaiannya sudah bisa digunakan untuk memutar DVD playback, jadi sangat cocok jika komputer hanya digunakan untuk aktivitas biasa seperti menulis atau akunting. 

Selain itu memory bus yang disediakan bahkan sampai 64- bit pada RAGE II, namun jika versi VGA komputer ATI RAGE spesifikasinya adalah 32 bit pada memory bus. Untuk pemakaiannya tentu tergantung dengan kegunaan dan kebutuhan masing-masing, tidak bisa disamaratakan. 

3. NVIDIA NV4

Sebelum ada NVDIA NV4 sebelumnya sebenarnya ada NVIDIA NV3. Namun dalam seri VGA komputer card satu ini tidak terdapat penambahan spesifikasi lebih khusus. Namun kapasitas memory maksimum yang disediakan ada penambahan jadi 16 MB. Selain itu komponen lain tetap pada kemampuan semula. 

VGA komputer jenis satu ini tidak jauh berbeda dengan NVIDIA NV3, hanya saja pada ada beberapa kemampuan lain yakni teknologinya lebih unggul. Seperti second pixel pipeline, menangkap sampai 32 warna lebih real dan terdapat fitur trilinear filtering.

4. NVIDIA GEFORCE 256

GA Nvidia merupakan salah satu jenis VGA komputer yang memiliki performa cukup maksimal. Bahkan kecepatannya juga 2 kali lebih cepat dibandingkan seri-seri lain pada umumnya. Tentu saja hal ini sangat bagus bagi Anda yang memiliki banyak kegiatan di bidang grafik dan gamers. 

Selain itu NVDIA GEFORCE 256 juga sudah memiliki fitur cube environment mapping yang bisa menciptakan efek secara real time reflection. Bahkan rendering pipeline 4 directX 7, tak heran jika hasil akhir pada gambarnya memang sudah sangat real, jadi tidak akan mengganggu kegiatanmu, 

5. ATI RADEON R520

VGA komputer satu ini tidak kalah bagusnya. Dinilai sudah lebih efisien untuk menampilkan image dengan performa dan kualitas lebih baik dibandingkan lainnya. Tidak heran jika VGA komputer satu ini cukup diminati oleh banyak orang, bahkan kemampuan high dynamic range juga bagus. 

Kemampuan High Dynamic Range ini juga akan membuat hasil output data lebih bagus. Oleh karenanya sudah bisa dipakai juga ke VGA komputer card dengan kemampuan atau kualitas gambar HD. Tidak perlu pakai bantuan atau sampai menggantinya dengan VGA lain. 

6. NVIDIA Geforce 9 Series

VGA komputer selanjutnya yang bisa dipakai untuk card komputer adalah NVIDIA Geforce 9 . Bisa dikatakan tipe ini adalah yang paling populer di kalangan masyarakat karena sudah masuk ke spesifikasi VGA komputer atau laptop high end. Kualitas gambar sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Spesifikasi dari high end adalah dimana komputer atau laptop yang punya harga diatas 4 juta. Sistem di dalamnya juga mendukung VGA komputer untuk melakukan semua fungsinya. Proses output data juga menjadi lebih mudah jika dibandingkan pakai VGA komputer jenis lainnya. 

7. NVIDIA Geforce 200 Series

Terakhir adalah NVIDIA Geforce 200 200 Series yang digadang-gadang menjadi VGA komputer dengan kemampuan yang sangat powerful. Mampu membuat tampilan grafis jadi lebih real dengan detail warna dan output lebih bagus. Soal harga memang jauh lebih mahal karena memang kualitasnya bagus. 

Sampai saat ini NVIDIA Geforce 200 series memang menjadi salah satu pilihan VGA komputer paling diunggulkan. Jadi jika saat ini masih bingung terkait pemilihan VGA komputer, jika masih ragu sebaiknya minta petunjuk dari staff toko untuk menjelaskan lebih lanjut. 

Penutup

Itulah sedikit penjelasan dari TeknoApps mengenai jenis-jenis VGA komputer yang paling umum digunakan. Pastinya soal harga sebenarnya menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Jika Anda seorang gamers atau orang yang pekerjaannya berkaitan dengan grafis maka pakailah VGA yang bagus.