Mau Punya Komputer Gaming? Deretan Komponen PC ini Harus Dimiliki

Komponen PC

Komponen PC – Memiliki komputer gaming tentu  menjadi idaman banyak orang, karena seperti diketahui jika PC gaming ini memiliki spesifikasi yang sangat gahar. Deretan komponen PC untuk membangun perangkat tersebut pastinya sangat berkualias, baik dari sisi performa maupun kualitas grafis yang disajikan.

Nah untuk anda yang ada cita-cita ingin membangun komputer gaming, maka beberapa komponen PC ini haruslah anda miliki. Apakah Itu? Simak ulasan lengkapnya Dibawah ini.

Apa itu PC Gaming?

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara PC biasa dengan PC gaming, dimana keduanya ini memiliki fungsi yang sama. Hanya untuk komponen PC gaming ini bisa dikatakan lebih unggul jauh jika anda bandingkan dengan pc biasa atau pc kantoran. 

Pada umumnya komponen komputer gaming ini dibekali dengan spesifikasi tingkat tinggi. Meskipun terdapat PC gaming untuk kelas pemula, namun spesifikasi yang dimilikinya ini pun juga masih tetap unggul dibandingkan dengan PC biasa.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika harga dari PC gaming ini sangatlah mahal karena memang komponen pendukungnya ini memiliki kualitas tinggi, dan harganya pun juga sangatlah mahal.  

Komponen PC Apa yang Dibutuhkan Untuk Membangun Komputer Gaming?

Untuk membangun perangkat ini, ada sejumlah komponen PC khusus yang harus anda siapkan. Kenapa disebut khusus? Karena memang beberapa komponen ini oleh sang vendor diciptakan secara khusus untuk membangun PC gaming tersebut, dengan kemampuan diatas PC pada umumnya. 

Untuk komponen PC membuat komputer gaming ini butuh budget yang besar, jadi anda harus menyiapkannya secara benar. Penasaran kira-kira komponen apa yang dibutuhkan untuk mewujudkan PC gaming pertama anda? yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

CPU dan Motherboard

Komponen PC pertama yang harus anda siapkan dalam membuat komputer gaming ini adalah CPU dan juga Motherboard. Sama dengan PC pada umumnya, dua komponen ini menjadi faktor penting atau jadi otak dari komputer yang anda bangun nanti.

Kedua komponen PC ini tidak bisa anda pisahkan, dimana CPU tersebut nantinya juga harus kompatibel dengan rangkaian motherboard yang anda gunakan. Dalam membangun PC gaming, maka anda tidak bisa memilih CPU dan motherboard biasa saja, namun harus memiliki kualitas mumpuni dikelasnya.

Untuk motherboard, maka anda bisa memilih merek MSI dengan seri H110M. Dari segi harga memang sangat menguras kantong, namun hal ini dirasa seimbang dengan kualitas yang memadai untuk mewujudkan PC gaming anda yang pertama.

Setelah motherboard, komponen PC selanjutnya adalah pemilihan prosesor atau CPU. Pada sektor ini anda bisa menggunakan CPU dari Intel Core i5 6600, dimana kemampuan dari prosesor ini sendiri dirasa masih cukup mampu untuk memenuhi kebutuhan bermain game anda secara lancar.

Nah untuk menyambungkan CPU dan Motherboard tersebut, maka anda bisa memasangkan prosesor ini dengan soket LGA standar 1151. Dengan begini maka otak dari PC gaming anda pun sudah siap untuk memanjakan anda.

Random Access Memory (RAM)

Untuk mengimbangi kemampuan dari motherboard dan CPU anda, maka dibutuhkan RAM dengan kemampuan tinggi juga nantinya. Untuk memenuhi kebutuhan prosesor core i5 ini bersama dengan motherboard H110M, maka anda bisa memiliki RAM DDR4 nantinya.

Untuk kapasitasnya sendiri ini tergantung keinginan anda, namun semakin besar kapasitas RAM maka semakin mantap juga PC gaming anda. Anda bisa menggunakan kapasitas RAM minimal 16 GB, untuk mereknya anda bisa menyesuaikan budget atau mencari informasi dari mereka para master PC gaming. Idealnya anda bisa menggunakan dua batang RAM dengan kapasitas masing-masing 8 GB nanti. 

Kartu Grafis (VGA Card)

Komponen PC yang satu ini tidak boleh anda lupakan jika ingin membangun komputer gaming. Karena dalam bermain game ini tidak hanya soal performanya saja, namun juga harus di imbangi dengan kualitas grafis mumpuni supaya nanti mendapatkan hasil sempurna.

Kartu grafis ini tugasnya adalah mengimplementasikan script grafis khusus kedalam monitor komputer itu nantinya, dimana semakin canggih kartu grafis yang anda gunakan maka gambar yang dihasilkannya pun juga makin mantap lagi.

Seperti pada detail gambar yang lebih halus, serta kecepatan resolusi grafis yang dihasilkan, sehingga anda tidak akan menemui yang namanya gambar patah-patah nanti. Karena kemampuannya tersebut, bisa jadi komponen PC ini menjadi salah satu yang memiliki harga paling mahal dalam membangun sebuah komputer gaming.

Semakin kualitas dari kartu grafis, maka semakin tinggi pula kemampuan yang dihasilkannya. Seperti contoh kartu grafis 1080p, dimana perangkat keras komputer tersebut akan masih tetap bisa anda gunakan hingga beberapa tahun kedepan.

Jika berbicara soal kartu grafis, maka yang menjadi paling rekomendasi adalah miliki Nvidia. Nah untuk tipenya ini sendiri ada banyak sekali, namun yang banyak direkomendasikan dalam membangun PC gaming pemula adalah seri GTX 1070 atau bisa juga GTCX 1080.

CPU Cooler

Terlihat sepele, namun komponen PC ini juga sangatlah penting untuk anda masukkan. Dari namanya saja sudah paham ya apa fungsi dari alat ini? dimana perangkat tersebut adalah untuk menurunkan suhu dari CPU dan motherboard supaya tidak overheat. 

Pastinya pada saat sedang asik main game kebanyakan dari mereka ini sampai lupa waktu, sehingga peru dijaga kestabilan suhu dari prosesor dan motherboardnya. Maka jangan heran jika komputer gaming dari ASUS ROG ini hadir dengan menggunakan kipas yang berukuran besar, ya tujuannya untuk menjaga kestabilan dari performa komputer itu sendiri.

Untuk komponen PC yang satu ini anda bisa menggunakan CoolerMaster Hyper 212 Evo yang merupakan salah satu CPU Cooler cukup terkenal di pasaran. Tak masalah keluar uang untuk membeli alat ini, mengingat harga motherboard dan prosesor PC gaming anda harganya juga sangat mahal.

Solid State Driver (SSD)

Untuk menjalankan game dengan resolusi HD, maka anda butuh memori internal didalam komputer dengan kecepatan transfer data yang cukup mumpuni. Saat ini memakai Hard Drive memang masih bisa, namun akan lebih baik lagi jika anda menggunakan SSD dengan kapasitas 500 GB.

Sangat wajar ya jika kapasitas memorinya sangat besar, mengingat dalam satu game saja biasanya memiliki ukuran hingga puluhan Giga. Meskipun begitu, anda pun akan dimanjakan dengan kualitas yang disajikan jika dibandingkan dengan game yang memiliki ukuran kecil.

Pasalnya semakin bagus kualitas dari game tersebut, maka semakin banyak pula program yang dimasukkan didalamnya. Maka jangan heran jika game didalam PC ini rata-rata memiliki ukuran minimal 1 GB.

Power Supply

Agar semua komponen PC ini mendapatkan sumber daya, maka kalian butuh alat yang namanya power supply. Baik PC biasa maupun PC gaming pasti butuh yang namanya Power Supply, karena memang tugas dari alat ini adalah memberikan sumber daya kepada seluruh hardware didalam komputer.

Power Supply yang baik adalah mampu menyalurkan arus secara stabil, untuk komponen PC yang satu ini tidak ada merek khusus ya. Anda bisa mencari referensi dari mereka yang memiliki PC gaming nantinya.

Kotak Casing

Setelah komponen PC untuk membuat komputer gaming anda sudah siap, jangan lupa yang terakhir adalah kotak casing sebagai rumah untuk para peralatan diatas tadi. Silahkan anda gunakan caing yang memiliki ventilasi baik, tujuannya adalah suhu panas yang ada didalam kotak casing tersebut bisa keluar dan tidak menyebabkan over heat nantinya.

Biasanya para gamer ini menggunakan kotak casing yang dilengkapi dengan lampu LED didalamnya, kalau hal ini opsional saja tergantung selera anda. Selain untuk gaya, keberadaan lampu LED dalam kotak casing ini juga cukup berguna untuk melihat isi jeroan dari PC anda.

Sistem Operasi

Setelah komputer gaming anda diatas tadi sudah terangkai semua, saatnya anda menginstall sistem operasi kedalam PC tersebut sesuai dengan kebutuhan game anda. Namun saat ini kebanyakan dari mereka menggunakan sistem operasi Windows 10 yang merupakan versi paling baru yang diluncurkan oleh Microsoft.

Gunakan sistem operasi Windows 10 yang asli, karena hal ini akan membuat perangkat komputer anda aman nantinya. Selain itu, OS Win 10 juga bisa didapatkan secara gratis, tinggal menyesuaikan kebutuhan komputer anda saja nanti.

Koneksi Internet

Ada yang tak kalah penting, dimana kebanyakan game terbaru saat ini berbasis online maka anda pasti butuh yang namanya koneksi internet. Pada poin ini anda memiliki dua opsi yakni menggunakan sistem LAN atau menggunakan jaringan Wifi.

Pastikan anda menggunakan jaringan internet yang paling stabil, karena nantinya hal ini juga berpengaruh pada game anda. Percuma saja jika kemampuan PC sudah mumpuni namun jaringan internetnya lelet, pasti anda bakal tetap kalah saja nantinya.

Peralatan Gaming

Untuk poin yang terakhir ini opsional saja, dimana anda boleh menggunakannya apa tidak. Beberapa gamer ini biasanya memiliki peralatan tambahan supaya kegiatan mereka saat bermain game ini tidak terganggu nantinya.

Peralatan gaming ini bisa berupa headphone dengan tema gaming, biasanya untuk alat ini dijual dengan harga yang lebih tinggi namun memiliki kualitas suara yang sangat mantap.  Selain itu ada juga beberapa dari mereka yang membeli kursi khusus untuk para gamer, harganya pun juga jauh lebih tinggi dibandingkan kursi biasa.

Penutup

Nah itu tadi sedikit ulasan tentang sejumlah komponen PC yang direkomendasikan untuk anda yang ingin membangun sebuah komputer gaming sendiri. Hanya saja perlu anda ketahui, jika ulasan diatas tadi hanya sekedar rekomendasi saja mengenai sejumlah komponen yang digunakan.

Anda pun boleh untuk merakit PC Gaming memakai saran diatas tadi atau mungkin ingin mengganti beberapa komponen dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Semua itu tergantung dari selera serta budget yang sudah anda siapkan.

Namun untuk anda yang tidak ingin ribet membeli komponen PC untuk membuat komputer gaming, maka bisa membeli yang sudah jadi seperti Asus ROG, Acer, Dell maupun merek lain yang memang sudah menyiapkan PC khusus gaming untuk para konsumen setianya.

Mungkin cukup sekian dulu ulasan dari TeknoApps kali ini tentang rekomendasi komponen PC yang harus anda miliki jika ingin membuat sebuah komputer gaming, semoga ulasan diatas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda nantinya.