Tutorial Cara Reset HP Xiaomi 4A Ke Setelan Pabrik

tutorial-cara-reset-hp-xiaomi-4a-kesetelan-pabrik

Pada artikel ini teknoapps.id/blog akan memberikan tutorial cara reset HP Xiomi 4A. Yuk simak penjelasannya agar HP Xiaomi anda bisa pulih kembali.

HP Xiaomi 4a merupakan handphone entry level yang dikeluarkan oleh xiaomi pada awal 2017 saat mereka sangat masif meluncurkan produk smartphone baru.

HP Xiaomi Redmi 4a sendiri diklaim oleh pihak xiaomi merupakan model pertama yang diproduksi di Indonesia.

Pertama kali diluncurkan di Indonesia pada Februari 2017, seperti biasanya xiaomi mengusung keunggulan pada spesifikasi dan fitur yang mumpuni dibanding dengan pesaingnya, dibarengi dengan harga yang terjangkau tentunya.

Namun, seiring dengan bertambahnya umur, akan ada suatu waktu kita butuh melakukan reset terhadap smartphone ini. Reset pada smartphone ini diperlukan untuk mengembalikan fungsi default atau bawaan dari HP Xiaomi Redmi 4a. Pada artikel ini akan dibahas Cara Reset Hp Xiaomi 4a.

Beberapa alasan khusus kita butuh memutuskan bagaimana cara reset hp xiaomi 4a seperti:

  • Performa Xiaomi Redmi 4a berjalan lambat atau tidak responsive.
  • Mengatur ulang kata sandi atau pola yang terlupa.
  • Aplikasi yang di jalankan lebih lamabat atu bahkan freeze serta mengalami hang secara terus menerus.
  • Membersihkan seluruh data di hp Xiaomi Redmi 4a, termasuk menghapus kontak, video, gambar, dokumen, serta aplikasi bukan bawaan.

Cara Reset hp Xiaomi 4a

Akan tetapi perlu diingat sebelum anda memutuskan untuk mereset hp Xiaomi Redmi 4a anda, pastikan anda sudah melakukan back up pada data yang ada di smartphone anda.

Karena sekali lagi, saat sudah direset maka seluruh data yang ada di smartphone anda akan dihapus.

Berikut ini akan di uraikan 2 cara reset Hp Xiaomi Redmi 4a. cara pertama reset dengan pengaturan pabrik via pengaturan smarthpone dan cara yang kedua yaitu recovery mode (hard reset).

Cara Reset Hp Xiaomi Redmi 4a via pengaturan (kembali kepengaturan pabrik)

Apabila anda hendak melakukan reset dan mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik, ikuti langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke menu “setelan atau pengaturan”
  2. Silahkan scroll ke bawah, lalu klik menu “sistem atau system”
  3. Selanjutnya pilih menu “setelan tambahan atau Advanced”
  4. Klik “cadangkan dan setel ulang atau reset option”
  5. Pilih menu “Kembalikan kesetelan pabrik atau factory data reset”
  6. Pada langkah ini akan ada konfirmasi bahwa seluruh data yang ada di smartphone kita akan dihapus. Termasuk; akun google, aplikasi yang terinstall, foto, musik dan data lainnya. Klik saja “Setel ulang telepon atau Reset phone”
  7. Selanjutnya akan ada konfirmasi bahwa informasi yang ada di handphone akan di hapus. Klik saja “Hapus atau Reset everything”
  8. Tunggu saja sampai proses selesai, dibutuhkan sekitar 2-3 menit sampai proses berhasil. Jika smartphone sudah melakukan factory reset maka, hp Xiaomi Redmi 4a akan langsung melakukan restart secara otomatis.
  9. Selesai, hp Xiaomi Redmi 4a anda sudah berhasil direset.

Cara Reset Hp Xiaomi Redmi 4a via recovery mode atau hard reset.

Untuk melakukan hard reset atau recovery mode sebelumnya harus dipastikan baterai cukup, ini diperlukan agar proses reset dapat berjalan dengan normal dan sempurna serta menghindari resiko bootloop. berikut langkah langkah Reset pada Xiaomi Redmi 4a via recovery mode;

  • Pastikan hp Xiaomi Redmi 4a sudah benar benar mati. Namun, apabila ada suatu alasan yang membuat tidak bisa mematikan smartphone maka dapat dilakukan dengan menekan dan menahan tombol “Power sekitar 20-25 detik” sampai smartphone benar benar mati.
  • Selanjutnya, tekan dan tahan tombol “Power Dan Volume Up” secara bersamaan dalam beberapa detik sampai dengan logo Xiaomi sudah muncul. (Dalam kasus perangkat tertentu dibutuhkan kombinasi tombol power dan volume bawah).
  • Saat logo sudah muncul, maka kita sudah masuk pada menu recory mode. Sebagai catatan untuk navigasi pada menu ini kita menggunkan, tombol volume up (+) untuk naik, volume bawah (–) untuk turun, dan tombol power untuk enter.
  • Kemudian pilihlah Bahasa Inggris, agar lebih mudah dalam proses selanjutnya.
  • Untuk melakukan Hard Reset, kita butuh memilih menu “Factory Reset atau Wipe Data”. Kemudian pilih “Wipa All Data”. Apabila muncul pesan notifikasi, maka pilih saja “YES”.
  • Tunggu saja sampai proses selesai, dibutuhkan waktu beberapa menit sampai proses berhasil. Jika proses telah selesai hp Xiaomi Redmi 4a bisa langsung di restart. Proses restart ini mungkin akan sedikit lebih lama dibandingkan dengan restart yang sering dilakukan, karena smartphone membutuhkan beberapa proses optimasi pada aplikasi yang ada didalamnya.
  • Selesai, jika anda sudah melakukan cara reset hp Xiaomi 4a diatas dengan seksama maka 100% cara ini pasti berhasil

Sebagai catatan melakukan metode yang kedua atau cara Reset hp Xiaomi Redmi 4a metode Hard reset dapat mengatasi masalah lupa kunci ataupun pola termasuk smartphone yang lambat atau tidak responsive.

Namun, cara Reset hp Xiaomi 4a metode kedua tidak dapat mengatasi masalah smartphone yang mentok dilogo Mi saja (bootloop) Untuk khusus masalah ini, anda harus melakukan install ulang ROM yang baru.

Keuntungan dan Risiko melakukan Reset

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa melakukan reset hp Xiaomi Redmi 4a ini dapat memberikan manfaat seperti:

  • Hp Xiaomi Redmi 4a akan memiliki kecepatan yang jauh lebih baik. Ini dikarenakan virus ataupun cache pada hp, akan direset semuanya. Layaknya smartphone baru.
  • Smartphone yang sudah direset pun akan memberikan kembali kelonggaran pada ruang penyimpanan. Terkadang beberapa sampah pada smartphone kita, tidak bisa dihapus atau bahkan tersembunyi sehingga mengakibatkan ruang penyimpanan pada internal sumpek. Padahal aplikasi yang diinstaal ataupun data yang disimpan tidaklah sebanyak itu. Maka, dengan melakukan reset ini ruang penyimpanan internal akan direset sehinggal layaknya menjadi smartphone baru.

Selain memiliki beberapa keuntungan diatas, melakukan reset juga memiliki risiko tersendiri, sehingga kami tidak menyarankan anda melakukan reset secara berulang ulang.

Beberapa risiko reset hp Xiaomi Redmi 4a ialah:

  • Rentan akan bootloop, Bootloop (smartphone yang mentok pada di logo Mi) sangat rentan saat melakukan reset. Risiko ini biasa terjadi apabila proses reset tidak berjalan dengan sempurna. Misalnya saat proses reset smartphone kehabisan baterai.
  • Dkarenakan proses reset akan menghapus seluruh data. Maka data yang dihapus termasuk data yang ada dan tersimpan didalam aplikasi. Ini berbahaya apabila anda tidak mengingat username ataupun password untuk mengakses atau log in ke aplikasi tertentu. Sehingga anda perlu mencatat ataupun mengingat username ataupun password akun akun milik anda.

Itulah tadi tutorial bagaimana cara reset hp xiaomi 4a yang baik dan benar. Semoga dengan membaca artikel ini Anda dapat mempraktikkan langsung cara reset hp xiaomi 4a ini. Semoga membatu.