Tutorial Cara Reset HP Xiaomi Note 3 Agar Tidak Lemot

tutorial-cara-reset-hp-xiaomi-note-3-agar-tidak-lemot

Pada artikel ini teknoapps.id/blog akan membahas tutorial bagaimana cara reset HP Xiaomi Note 3. Semoga dengan menyimak artikel ini sampai akhir diharapkan HP Xiaomi Redmi Note 3 kamu dapat kembali seperti semula.

Hp Xiaomi Redmi Note 3 pertama kali diluncurkan pada awal 2024. Sebenarnya terdapat 2 tipe chipset pada varian Redmi jenis ini. Untuk versi awal yang diperkenalkan pada Januari 2024 dengan chipset mediatek Helio X10, sedangkan versi kedua yakni dengan chipset Snapdragon 650 besutan Qualcomm.

Dihitung sejak artikel ini dibuat, maka sudah lebih dari 6 tahun pasca diluncurkan, umur Hp Xiaomi Redmi Note 3 pro ini. Seiring dengan bertambahnya umur Hp Xiaomi Redmi Note 3 tentu akan banyak masalah yang akan temui. Salah satu masalah yang mungkin akan anda temui ialah performa dari smartphone yang terus melambat. Ini bukan tanpa sebab, bisa jadi ini dikarenkan banyaknya ruang penyimapan yang sudah terpakai pada smartphone kamu atau banyaknya sampah yang tersembunyi yang tidak bisa dihapus.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas Cara Reset Hp Xiaomi Redmi Note 3. Reset smartphone ini salah satunya manfaatnya untuk mengembalikan performanya. Selain yang telah kami jelaskan sebelumnya, berikut ini beberapa alasan umum kamu perlu melakukan Reset pada smartphone;

  • Kecepatan yang terus melambat.
  • Seringkali mengalami hang.
  • Ruang penyimpanan kamu sudah penuh dan kamu ingin membersihkannya.
  • Kamu lupa kombinasi kunci atau pola untuk membuka Hp Xiaomi Redmi Note 3.

Cara Reset Hp Xiaomi Redmi Note 3

Sebelum kamu melakukan reset, kami perlu mengingatkan bahawasanya yang kita lakukan ialah menghapus seluruh data dan informasi yang ada didalam smartphone kamu sehingga membuatnya bersih layaknya smartphone yang baru dibeli.

Jadi ketika ada data penting yang termuat didalam smartphone anda, kamu harus melakukan back up data terlebih dahulu ke perangkat lainnya, ini penting sebelum dilakukan jika kamu tidak mau kehilangan seluruh datamu. Kami juga menyarankan untuk menghapus atau log out pada seluruh akun pada smartphone kamu, ini penting untuk memutuskan tautan dengan akun google.

Nah, ketika kamu sudah memastikan semuanya telah aman dan hendak mengatasi smartphone kamu karena masalah umum yang kami sebutkan sebelumnya diatas. Maka, berikut kami akan menguraikan 2 cara reset Hp Xiaomi Redmi Note 3. Cara pertama reset dengan pengaturan pabrik via pengaturan smarthpone sendiri atau mungkin kita sering sebut dengan mengembalikan kepengaturan pabrik serta cara yang kedua yaitu recovery mode (hard reset).

Cara Reset Hp Xiaomi Note 3 Kepengaturan Pabrik atau Factory Reset

Berikut ini langkah langkah yang bisa kamu ikuti, apabila hendak melakukan Reset Hp Xiaomi Redmi Note 3 kepengaturan pabrik:

  • Masuk ke menu “setelan atau pengaturan”
  • Klik menu “sistem atau system”
  • Pilih “setelan tambahan atau advanced”
  • Klik “setel ulang atau reset option”
  • Pilih opsi menu terkhir “Kembalikan kesetelan pabrik atau erase all data (factory reset)”
  • Pada langkah ini akan ada konfirmasi bahwa seluruh data yang ada di smartphone kamu akan dihapus. Termasuk; akun google, foto, musik dan data lainnya. Klik saja “Setel ulang telepon atau Reset phone”
  • Langkah ini akan ada konfirmasi bahwa informasi yang ada di handphone akan di hapus. Ingat ketika kamu menekan menu yang ini maka seluruh proses yang akan dilanjutkan setelahnya tidak akan bisa dibatalkan. Namun, apabila mau dilanjutkan klik saja “Hapus atau Reset everything”.
  • Apabila kamu sudah melakukan langkah sebelumnya. Tunggu saja sampai proses selesai, dibutuhkan beberapa menit sampai proses berhasil. Jika proses selesai, hp Xiaomi Redmi Note 3 akan langsung melakukan restart.
  • Selesai, hp Xiaomi Redmi Note 3 kamu sudah berhasil direset kepengatruran awal.

Cara Reset Hp Xiaomi Redmi Note 8 dengan Hard Reset atau Recovery Mode

Hard Reset atau Recovery Mode dapat menyelesaikan masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan cara reset sebelumnya. Misalnya saat kamu lupa sandi atau pola untuk membuka kuncinya.

Untuk melakukan hard reset atau recovery mode sebelumnya harus dipastikan baterai cukup setidaknya 50%, ini diperlukan untuk menghindari risiko gagal melakukan reset. Ketika proses reset gagal ditengah jalan, maka smartphone kamu rentan akan kerusakan lainnnya. Apabila telah selesai, berikut cara Reset pada Xiaomi Redmi Note 3 dengan hard reset atau recovery mode:

  • Pastikan hp Xiaomi Redmi note 3 pada keadaan mati. Apabila, kamu tidak bisa membuka kunci layar, karena lupa kombinasi kunci ataupun pola. maka kamu dapat melakukan mati paksa dengan menekan dan menahan tombol “Power sekitar 20-30 detik” sampai smartphone benar benar mati.
  • Selanjutnya, tekan dan tahan tombol “Power Dan Volume Bawah (–)” secara bersamaan dalam beberapa detik sampai dengan logo Xiaomi sudah muncul. (Dalam beberapa keadaan dibutuhkan kombinasi tombol power dan volume atas.)
  • Saat logo xiaomi sudah ditampilkan, maka kita sudah masuk pada menu recovery mode. (Sebagai catatan untuk navigasi pada menu ini gunakan tombol volume up (+) >> naik, volume bawah (–)  >>  turun, dan tombol power >> enter.)
  • Gunakan tombol volume up dan volume bawah untuk mencari menu “Recovery Mode” selanjutnya tekan tombol power sekali untuk mengaksesnya.
  • Untuk melakukan Hard Reset, kemudian pilih menu “Wipe Cache Partition”.
  • Setelah beberapa detik, kemudian pilih “Wipa Data / Factory Reset”. Apabila muncul pesan notifikasi, maka pilih saja “YES” untuk melanjutkan prosesnya.
  • Setelah selesai, klik “Reboot System Now”. Tunggu saja sampai proses selesai. Proses restart ini mungkin akan sedikit lebih lama dibandingkan dengan restart yang sering kamu lakukan, ini dikarena smartphone harus melakukan beberapa optimisasi pada sistem dan aplikasi bawaan yang ada.
  • Selesai, Xiaomi Redmi Note 8 kamu sudah berhasil direset.

Apabila HP Xiaomi Redmi Note 3 sudah di reset, maka proses ini akan menghapus seluruh data yang tersimpan yang smartphone kamu. Proses reset ini akan membantu mengembalikan kecepatan smartphone kamu. Sehingga kamu akan merasakan perbedaan kecepatan dibandingkan dengan kecepatan sebelum kamu lakukan reset.

Selain itu melakukan reset dapat membuat runag penyimpanan internal kamu lebih banyak. Sehingga akan berdampak bagus pada kecepatan smartphone kamu dalam memproses dan menjalankan aplikasi.

Seperti kami jelaskan sebelumnya bahwa ketika mereset smartphone kamu, maka seluruh data yang tersimpan akan dihapus. Maka disini penting untuk menyelematkan data, termasuk username dan password kamu sebelum melakukan reset HP Xiaomi Redmi Note 8 kesayangan kamu.

Selain itu, kami perlu mengingatkan bahwa melakukan reset ini sebenarnya tidak baik dilakukan secara terus menerus. Karena melakukan reset juga memiliki risiko. Salah satunya ialah rentan akan bootloop atau masalah smartphone yang mentok dilogo Mi saja. Biasanya bootloop rentan saat proses reset tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Sekian informasi yang dapat kami berikan seputar cara reset hp xiaomi note 3 yang baik dan benar, semoga  cara reset hp xiaomi note 3 ini dapat membantu dan terimakasih telah berkunjung.