Jangan Asal Pilih VGA Card PC Untuk Laptop

VGA Card PC

Salah satu komponen penting yang harus dipilih dengan baik adalah VGA. Sekarang ini sudah banyak tipe VGA laptop dan VGA card pc yang bisa disesuaikan dengan perangkat masing-masing. Agar tidak asal ketika membelinya, tentu harus tahu terlebih dulu kondisi PC dan beberapa pertimbangan lainnya. 

Aspek Petimbangan Ketika Memilih VGA Card PC

Terkadang ketika ingin ganti VGA card PC lama pasti menemukan sebuah masalah. Memilih VGA bisa dikatakan gampang-gampang susah terutama jika ternyata PC sudah lama dan mengalami berbagai masalah sebelumnya. Anda bisa lihat artikel ini untuk mencari tau cara mengecek VGA rusak atau tidak. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang bisa Anda buat sebelum memili VGA.

1. Adanya Ketersediaan Slot Pcle x 16 di Motherboard

Jika ingin membeli VGA card PC yang sekalian awetnya Anda bisa memilih pakai motherboard dengan slot Pcle x 16. Jika sudah memiliki tipe slot ini maka mau menggunakan VGA card PC jenis apapun sudah tidak masalah. Bahkan tipe x4, x1 sampai 8 masih aman dan berjalan dengan lancar. 

Laptop sekarang ini kebanyakan memang sudah dilengkapi dengan dilengkapi dengan slot Pcle x 16. Biasanya laptop kualitas high end dengan harga lebih dari Rp 5 juta speknya sudah mendukung untuk VGA card PC dengan kualitas premium. Ketajaman gambar dan resolusinya tidak perlu diragukan lagi. 

2. Ada Ruangan yang Cukup Pada Bagian Casing 

Selanjutnya ktika ingin membeli VGA card Pc yang baru sebaiknya juga mempertimbangkan adanya ketersediaan ruang pada area casing. Komponen satu ini sangat penting untuk menunjang dan memastikan performa dari VGA tetap maksimal. Ukur dari panjang juga lebar ruangannya. 

Dengan adanya pengukuran ruang kosong tersebut, Anda bisa memilih jenis VGA card PC mana yang sesuai. Pertimbangan lainnya juga sebaiknya jangan terlalu pas juga, sebaiknya sisihkan sedikit tuangan misal ada space 300 mm, maka belilah VGA dengan ukuran 200 atau paling banyak 250mm.

3. Ukuran CPU juga RAM dari Laptop

Jangan hanya memperhatikan kapasitad dari VGA card PC saja, namun tidak memperhatikan kapasitas dari CPU juga RAM laptop. Untuk pertimbangan agar tidak salah pilih, pertama harus tahu dulu kegunaan atau fungsi dari laptop. Kebutuhan gaming, grafis atau software Word.

Dengan begitu Anda bisa setting sesuai kebutuhan. Pertimbangan ini sangat cocok agar memadai terutama ketika kebutuhannya untuk game online. Kegiatan satu ini sangat membutuhkan tampilan grafis yang jelas dan detail. Dengan begitu user akan merasa nyaman.

4. Power Supply yang Mencukupi 

Ingat ya laptop atau komputer merupakan performa dari banyaknya komponen. Jadi tidak bisa jika hanya mengandalkan satu komponen saja. Banyak orang tidak memperhatikan power supply dan asal beli VGA card PC kelas atas, padahal PSU nya mash bawaan lama. 

Hal ini tentunya sangat dipertanyakan mengingat spesifikasi kedua komponen ini harus selaras. Biasanya agar tidak salah beli toko yang menyediakan VGA akan memberikan label kesesuaian antara kebutuhan daya dari keduanya.

Rekomendasi Pemakaian PSU dan VGA Card PC

  • GPU PEG Connectors dual 8 pin REG 
  • Pakai Minimum PSU 550W 
  • Rekomendasi PSU adalah 750W or larger
  • Contoh VGA yang cocok RTX 2080 Ti, RTX 2080 Super

Penutup

Masih banyak rekomendasi lainnya yang bisa Anda temukan. Biasanya informasi untuk tabel kecocokan pembelian VGA ini juga tersedia di banyak website internet selain. Jadi jika malu bertanya saat ada di storenya, bisa cari tahu dengan kata kunci rekomendasi kecocokan pembelian VGA card PC dengan PSU. Mungkin itu saja, sampai ketemu lagi di artikel TeknoApps berikutnya.