2 Cara Cek VGA Laptop atau Pada Komputer

Cara Cek VGA Laptop

Cara Cek VGA Laptop – Walaupun nampaknya mudah namun ternyata cara cek VGA laptop atau pada komputer belum bisa dilakukan semua orang. Dari sinilah Anda bisa mengetahui spesifikasi dari perangkat bisa diketahui secara lengkap. Dalam hal ini biasanya ada 2 cara untuk melakukannya.

2 Cara untuk Cara Cek VGA Laptop atau Komputer Sebelum Digunakan

Setiap perangkat keras seperti laptop atau komputer pastinya memiliki sistem yang menunjang opersionalnya. Salah satu komponen paling penting adalah VGA. Berikut ini adalah petunjuk lengkap bagaimana cara cek VGA laptop atau perangkat komputer Anda di rumah atau kantor. 

1. Cara Cek VGA Laptop Melalui DXDIAG Windows 

Cara cek VGA laptop atau komputer yang pertama adalah melalui DXDIAG Window. Aplikasi ini merupakan tempat dimana Anda bisa melihat jumlah memory pada ram, ukuran VGA, dan tentunya jenis processor yang dipakai. Untuk mempermudah, berikut adalah urutan langkah-langkahnya. 

  • Tekan Windows + R secara bersamaan
  • Tunggu sampai tulisan ‘run’  muncul
  • Lalu ketik ‘dxdiag’ kemudian tekan OK 
  • Tunggu sampai DirectX dan diagnostic Tool muncul
  • Jika muncul langsung masuk ke Tab Display pada opsi Name
  • Tunggu sampai keterangan VGA muncul 
  • Anda bisa melihat semua keterangan lengkap disana 

2. Cara Cek VGA Laptop Melalui GPU- Z

Cara cek VGA laptop melalui GPU Z bisa dilakukan jika opsi pertama tadi ternyata tidak berhasil. Disini Anda bisa memanfaatkan software dengan nama GPU-Z. Sebelum menggunakannya Anda bisa unduh terlebih dulu kemudian di install dalam komputer atau laptop. Namun pastikan link sudah aman. 

  • Cari link situs yang ada di internet 
  • Kemudian unduh GPU-Z yang dinginkan
  • Pilih server negara yang diinginkan
  • Anda juga harus memilih bendera mana saja
  • Jika sudah selesai maka tunggu proses installnya
  • Klik dua kali saat sudah di download
  • Jiak ingin meneruskan tinggal tekan Yes
  • Ketika Anda pilih close maka file gagal terinstall

Tips Merawat VGA Agar Awet dan Tahan Lama 

Harga VGA laptop bisa dibilang cukup mahal, jika rusak maka akan mengeluarkan biaya yang lumayan banyak. Setelah mengetahui cara cek VGA laptop atau pada komputer, sekarang waktunya Anda harus tahu bagaimana cara merawatnya agar awet dan tahan lama. Cara merawat VGA juga mudah tidak perlu menggunakan bantuan orang lain asal tahu dan paham tentang masing-masing komponen. 

1. Pakai Power Supply yang Sudah  80 Plus

Informasi power supply juga bisa Anda ketahui lewat cara cek VGA laptop.  Harga power supply memang berbeda-beda, namun untuk yang 80 plus bisa memberikan aliran listrik dengan lebih stabil sehingga aman untuk orang-orang memang punya kegiatan di dunia grafis dan gaming. 

Dengan supply yang sudah stabil maka komponen lain juga akan aman. Misalkan saja seperti saat cara cek VGA laptop card atau komputer, hardisk, processor dan masih banyak lagi hardware lain. Dengan begitu tidak hanya VGA card saja yang awet, namun semuanya juga jadi tahan lama.

2. Menghindari Adanya Overclock Pada Laptop atau Komputer

Cara cek VGA laptop atau pada komputer bisa membuat Anda mengetahui juga jika ada masalah tengah terjadi. Salah satunya dipakai untuk menghindari adanya overlocking dengan user. Dengan begitu performa dari perangkat juga akan tetap optimal dan maksimal. 

Jika performa sudah maksimal maka ketika melakukan cara cek VGA laptop Anda juga tidak akan menemukan suatu masalah. Selain itu jangan membuat perangkat di laptop maupun komputer bekerja terlalu ekstra karena bisa memperpendek usia hardware atau berbagai macam komponen yang ada. 

3. Perhatikan Suhu agar Tetap Stabil Agar Komponen Tetap Awet

Langkah selanjutnya adalah dengan memperhatikan suhu agar tetap stabil. Biasanya saat melakukan cara cek VGA laptop atau pada komputer juga bisa membantu untuk mengetahui suhu standar atau normal dari perangkat keras tersebut. Ada banyak faktor yang menyebabkan suhu dari hardware naik.

Salah satu faktor suhu bisa naik adalah karena hardware dipakai bekerja secara terus menerus. Jika terlalu diforsir akibatnya justru sirkulasi udara jelek jga kotoran akan masuk juga menempel pada bagian perangkat. Jika sampai hal ini terjadi maka bisa membuat komponen fan juga cepat rusak.

4. Menggunakan Drive Versi Terbaru 

Saat melakukan cara cek VGA laptop atau komputer periksa juga drivenya. Jika sudah dirasa sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan maka lebih baik diganti yang baru saja. Dengan menggunakan driver versi terbaru bisa memaksimalkan kinerja dari VGA card saat proses penggunaannya. 

Jika kegiatan sehari-hari Anda memang banyak dihabiskan untuk gaming atau grafis maka memperbaharui driver sangat penting dilakukan. Biasanya dengan adanya komponen baru maka bisa memperbaiki kerusakann atau sistem lemot. Untuk memastikan bisa sekalian ke cara cek VGA laptop.

5. Berhati-Hati Ketika Melepasnya dari MotherBoard

Perlu diketahui jika sampai saat ini masih banyak VGA yang dipasang ke motherboard. Sehingga ketika melepasnya harus sangat berhati-hati. Jangan sampai ketika melakukan cara cek VGA laptop justru tidak terpasang pada tempat semula. Jika sudah begini bisa jadi VGA tidak bisa digunakan lagi. 

Bagi pemula yang saat ini sedang belajar otak atik sistem di perangkat keras uasahakan jangan terlalu sering bongkar pasang VGA. Jika tidak hati-hati maka socket yang ada di bagian tersebut akan ikut rusak. Pastikan mematikan dulu pc kemudian cabut kabeli listriknya. 

Penutup

Itulah penjelasan dari TeknoApps tentang cara cek VGA laptop atau komputer, kemudian juga tambahan dari tips bagaimana cara merawatnya. Intinya jangan terlalu sering buka dan pasang agar tidak menyebabkan kerusakan lebih parah pada bagian sistem lain.