Harga VGA Laptop Sesuai dengan Kapasitasnya

Harga VGA Laptop

Harga VGA laptop sebenarnya tidak terlalu mahal, tentunya tergantung dengan spesifikasinya. Semakin besar kapasitas maka harga juga semakin mahal. Oleh karenanya sebelum membeli harus diperhatikan dulu kegunaan dari VGA. Berikut adalah harga yang ada di pasaran. 

Harga dari VGA Laptop Beserta Kapasitasnya 

Harga VGA laptop memang cukup mahal. Oleh karena itu sebisa mungkin sebelum membeli pastikan dulu kapasitasnya dan disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan begitu Anda tidak akan merasa sudah salah membeli produk VGA. Beberapa rekomendasi harga VGA laptop dan kapasitasnya. 

VGAHarga
AMD ATI RADEON 7670 VGA CARD REBORN 4 GB DDR5 128BIT Harga VGA Laptop Rp 925.000
Axle gtx 650 1 gb Harga VGA laptop Rp 400.000
Type C to HDMI VGA USB 3.0 Audio PD Charging WIWU Alpha A513HVP 5in1Harga VGA laptop Rp 398.000
Type C HDMI LAN VGA USB3 0 AudioHarga VGA laptop Rp 988.000
VGA Nvida Quadro K1200 4 GB 128 bit Harga VGA laptop Rp 2.090.000
MSI Geforce GTX 1660 Ti Armor 6 GB OC GDDR6Harga VGA laptop Rp 10.935.000
VGA Sapphire RX580 Nitro Plus 8GB Special Edtion Harga VGA laptop Rp 10.500.000
Daftar Harga VGA

Tips Memperhatikan Kualitas dari VGA Agar Awet dan Nyaman Digunakan 

Kartu grafis dalam komponen komputer memang sangat penting. Harga VGA laptop di atas tentunya setara dengan kualitas yang diberikan. Semakin bagus kualitasnya kartu grafis maka kualitas gambar maupun video juga bertambah jelas dan detail. Berikut adalah tips pertimbangan harus dilakukan. 

1. Memperhatikan GPU bukan Hanya Brand 

Selain memperhatikan harga VGA laptop sebaiknya Anda juga merlihat kapasitas GPU. Jangan hanya terpengaruh pada brand yang sudah terkenal dan populer saja. Memang brand besar seperti NVIDIA atau MSI kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun jangan sampai tidak diperiksa. 

Walaupun beli dari brand besar dan harga VGA laptop yang mahal tetap harus teliti dan memperhatikan aspek GPU. Komponen GPU tak kalah pentingnya bagi komputer atau laptop, karena disinilah perhitungan matematis akan dilakukan kemudian masuk ke proses render penampilan gambar ke layar.

2. Menghitung Jumlah Core yang Ada Didalamnya 

Perlu diketahui jika banyak sekali peranan dari komponen graphics card laptop atau komputer yang akan mempengaruhi harga VGA. Salah satunya adalah mengetahui jumlah core yang ada pada kartu grafis. Semakin banyak jumlahnya maka akan semakin bagus pula operasional laptop atau komputer, 

Misalnya saja dalam GPU terdapat 6 core, jika ada 3 tugas yang harus dikerjakan maka bisa selesai lebih cepat. Masing-masing 2 core bisa bekerja bersama untuk menyelesaikan 1 tugas, lebih efisien dan tidak buang-buang waktu. Sangat cocok bagi Anda yang punya banyak kegiatan gaming atau grafis. 

3. Lihat Pada Tipe Memori dan Bandwith

Pertimbangan lain yang terkadang luput adalah melihat pada tipe memori pada kartu grafis. Semakin besar kapasitasnya tentu harga VGA laptop atau komputer juga semakin mahal. Ada beberapa tipe memori yang paling umum digunakan, misalnya saja GDDR2 , GDDR3, GDDR5X dan masih banyak lagi.

Bila melihat pada angka yang ada pada tulisan GDD, semakin besar maka harga VGA laptop juga akan bertambah mahal. Selain tipe memori perhatikan juga bandwith untuk memori kartu grafis yang akan dibeli. Jika tidak begitu memahaminya maka bisa minta bantuan ke staff yang bertugas. 

4. Sesuaikan dengan Budget Masing-Masing 

Aspek yang tidak boleh dilupakan selanjutnya menyesuaikan budget. Seperti informasi diatas harga VGA laptop sangat beragam. Jika memang hanya memiliki budget kurang dari RP 2 juta jangan berharap mendapatkan kartu grafis dengan kualitas dan spesifikasi yang tinggi. 

Oleh karenanya jika tidak mendesak lebih baik kumpulkan budget terlebih dahulu. Harga VGA laptop biasanya memang tinggi namun jika memang ingin spek yang medium bisa beli Asus GTX 1050 atau DA GTX 960. Jika budgetnya cukup besar maka bisa beli Radeon R9 dengan harga Rp 7,3 juta.

5. Pilih VGA dengan Power Lebih Rendah 

GPU ternyata juga bisa menghasilkan panas jika ternyata terlalu sering digunakan. Panas yang ditimbulkan berasal saat proses render gambar. Semakin tinggi Thermal Design power nilainya maka bisa menghasilkan besaran panas semakin maksimum. Kalau sudah begini harus benar-benar hati-hati. 

Harga VGA laptop yang cukup mahal tentunya juga mempengaruhi kualitas nilai dari TDP. Dengan power lebih rendah tentunya tidak akan menyebabkan overheat atau suara bising. Komponen fan atau kipas pada laptop juga aman. Tidak terlalu berat bekerja sehingga tetap tahan lama. 

6. Periksa Bagian Kompatible Pada Motherboard juga Layar

Terakhir adalah memastikan bagian terpenting yakni motherboard. Komponen satu ini bisa ditunjang kinerjanya jika VGA card juga kompatibel. Sebelum akhirnya memutuskan VGA yang akan dibeli, pelajari dulu informasi tentang motherboard yang Anda miliki agar keduanya terhubung dengan baik. 

Pastikan juga jika layar monitor sudah mendukung untuk menampilkan resolusi yang tinggi sehingga dapat mengimbangi jenis VGA juga motherboard yang dimiliki. Ibarat satu tubuh maka semua organ harus bisa bekerjasama dengan baik agar tidak sakit dan tetap sehat. 

Penutup

Berbagai macam ulasan tips diatas dari TeknoApps sepertinya bisa menjadi pertimbangkan ketika Anda ingin membeli kartu VGA dengan spesifikasi sesuai kebutuhan. Soal harga VGA laptop tentunya juga disesuaikan dengan kapasitas kompoten lainnya. Dengan begitu laptop akan menghasilkan gambar maksimal.