Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Tri (3)

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Tri

Halo sobat tekno, apa kabarnya? Pada artikel ini teknoapps.id/blog akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi data seluler tidak muncul tri.

Setiap perangkat seperti laptop dan smartphone membutuhkan koneksi internet agar dapat melakukan aktivitas penggunanya. Pada smartphone, umumnya tersambung dengan koneksi internet melalui data seluler dan WiFi.

Data seluler merupakan koneksi langsung yang terdapat pada smartphone dengan operator seluler sebagai penyedia layanan jaringan seluler. Namun sering terjadi pada beberapa kartu perdana dan yang paling sering yaitu pada kartu perdana Tri (Three) tidak muncul jaringan data setelah menghidupkan data seluler.

Terkadang sisa kuota internet masih banyak akan tetapi tidak dapat mengakses internet sama sekali. Ada banyak penyebab yang menjadikan data seluler pada perdana Tri (Three) tidak muncul, seperti kartu perdana Tri (Three) yang digunakan masih baru dan belum terdaftar, dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Tri (Three)

Masalah yang muncul yang mengakibatkan data seluler tidak muncul pada kartu perdana Tri (Three) tidak terlepas dari berbagai penyebab. Beberapa penyebab yang sering terjadi pada kartu perdana Tri (Three) sehingga tidak muncul data jaringan. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi data seluler tidak muncul tri:

1. Lakukan Registrasi SIM

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Tri (Three)

Kemungkinan pertama yaitu kartu perdana Tri (Three) belum terdaftar atau belum melakukan registrasi SIM.  Penyebab ini sering dijumpai oleh beberapa pengguna kartu perdana Tri (Three) sehingga kartu perdana tersebut harus diaktifkan terlebih dahulu.

Langkah-langkah untuk melakukan registrasi pada kartu Tri (Three) sangat mudah dilakukan. Mengaktifkan kartu perdana Tri (Three) dapat dilakukan secara online maupun melalui SMS.

Berikut ini adalah cara mengatasi data seluler tidak muncul tri dengan registrasi kartu Tri (Three) secara online:

  • Masuk ke website https://registrasi.tri.co.id/
  • Pilih menu Registrasi Kartu Prabayar.
  • Isi nomor NIK dan nomor KK.
  • Minta nomor rahasia untuk diisi kolom berikutnya.
  • Selanjutnya mengisi 4 angka terakhir nomor seri yang tertera di belakang kartu perdana Tri (Three).
  • Lalu tekan kirim agar dapat menyelesaikan registrasi kartu perdana Tri (Three) secara online.

Berikut ini adalah cara mengatasi data seluler tidak muncul tri dengan registrasi kartu Tri (Three) melalui SMS:

  • Ketik: REG NIK#Nomor KK#
  • Kirim SMS tersebut ke 4444
  • Contohnya: REG 3429202831038123#1234567890987654232#

Untuk pengguna lama kartu perdana Tri (Three).

  • Ketik: ULANG NIK#Nomor KK#
  • Kirim SMS tersebut ke 4444
  • Contohnya: ULANG 3429202831038123#1234567890987654232#

Baca Juga:

2. Gangguan pada Operator

Tidak munculnya data seluler pada kartu perdana Tri (Three) bisa disebabkan oleh gangguan pada operator. Banyak penyebab yang menyebabkan terjadinya gangguan pada operator. Penyebab yang paling sering terjadi pada gangguan operator yaitu faktor cuaca seperti terjadinya hujan badai.

3. Gangguan pada Sinyal

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Tri (Three)

Gangguan pada sinyal biasanya dapat terjadi pada lokasi yang jauh atau tidak dapat terjangkau pada menara tower dari operator Tri (Three). Tempat yang tertutup juga menyebabkan tidak munculnya data seluler ketika telah diaktifkan, seperti ketika berada di basement.

Jika beberapa hal ini adalah penyebabnya maka tidak cara mengatasi data seluler tidak muncul tri.

4. Kesalahan pada Settingan Access Point Names (APN).

Penyebab yang sering terjadi yaitu pada setting Access Point Names (APN). Bila terjadi kesalahan pada settingan APN atau tidak sesuai operator maka smartphone tidak dapat mengaktifkan data seluler.  Beberapa smartphone biasanya sudah membuat Access Point Names (APN) secara otomatis sesuai dengan operator seluler yang digunakan.

Akan tetapi ada juga beberapa smartphone yang tidak membuat Access Point Names (APN) tersebut secara otomatis. Smartphone yang tidak membuat Access Point Names (APN) tersebut secara otomatis maka harus membuat Access Point Names (APN) secara manual agar smartphone dapat memunculkan jaringan internet setelah mengaktifkan  data seluler.

Permasalahan pada kartu perdana Tri (Three), maka Access Point Names (APN) yang dibuat harus sesuai dengan operator kartu perdana Tri (Three). Untuk membuat Access Point Names (APN) secara manual dengan operator kartu perdana Tri (Three) adalah sebagai berikut.

Kesalahan setting pada Access Point Names (APN) bisa diatasi dengan melakukan reset kembali Access Point Names (APN) atau mengembalikan pengaturan Access Point Names (APN) menjadi default.

Berikut ini adalah cara mengatasi data seluler tidak muncul tri dengan memperbaiki settingan APN tri:

Cara mengembalikan pengaturan Access Point Names (APN) menjadi default.

  • Buka pengaturan pada smartphone. Kemudian pilih menu Koneksi.
  • Buka  pengaturan jaringan seluler.
  • Pilih fitur Access Point Names (APN) atau Nama Poin Akses.
  • Pilih APN “3 Data”.
  • Klik tanda tiga kemudian pilih “reset to default

Selain melakukan reset kembali menjadi default, mengatasi kesalahan pada setting  Access Point Names (APN) dapat mencoba membuat APN baru.

Cara mengatasi data seluler pada kartu perdana Tri (Three) dengan membuat Access Point Names (APN) secara manual.

  • Masuk ke pengaturan smartphone android. Kemudian pilih menu Koneksi.
  • Buka  pengaturan jaringan seluler.
  • Pilih fitur Access Point Names (APN) atau Nama Poin Akses.
  • Silahkan buat APN baru dengan cara tekan klik “Tambah”.
  • Buat APN sesuai operator yang digunakan.
  • Beri nama pada APN. Nama yang digunakan bebas sesuai keinginan.
  • Klik APN dan ketik 3gprs atau 3data, lalu tekan oke.
  • Pada Username ketik 3gprs atau 3data, lalu tekan oke.
  • Pada Password ketik 3gprs atau 3data, lalu tekan oke.
  • Klik lainnya, dan pilih “Simpan”.
  • Hidupkan kembali data selulernya.

Setelah Access Point Names (APN) baru ditambahkan, maka jaringan internet akan muncul kembali setelah data seluler diaktifkan.

Cara Lainnya untuk Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Tri (Three)

Selain penyebab dan cara mengatasi yang terdapat pada tips di atas, berikut ini adalah alternatif lainnya cara mengatasi data seluler tidak muncul tri:

1. Restart Perangkat Smartphone.

Melakukan restart pada smartphone menjadi solusi yang mudah dilakukan terhadap berbagai masalah pada smartphone.

Melakukan restart pada smartphone sama dengan melakukan pembaruan sistem smartphone secara keseluruhan. Permasalahan pada kartu perdana Tri (Three) ketika dilakukan restart pada smartphone, maka akan langsung muncul perintah untuk melakukan registrasi kartu perdana.

2. Aktifkan dan Matikan Kembali Airplane Mode.

Mode pesawat atau airplane mode pada perangkat smartphone biasanya digunakan ketika melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang. Mode pesawat atau airplane mode juga menjadi salah satu solusi apabila jaringan internet tidak muncul setelah mengaktifkan data seluler.

Cara ini terbilang mudah, hanya dengan mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode selama kurang lebih 1 menit kemudian matikan kembali mode pesawat atau airplane mode. Setelah mematikan kembali mode pesawat atau airplane mode, silahkan tunggu beberapa saat dan berikan waktu untuk smartphone melakukan reset pada jaringan internet.

Mode pesawat atau airplane mode dan melakukan restart pada smartphone memlilik kesamaan fungsi yaitu mereset kembali atau memperbarui jaringan internet pada smartphone. Perbedaan antara kedua cara ini, mode pesawat atau airplane mode hanya akan melakukan reset pada beberapa fitur seperti sinya kartu perdana Tri (Three) dan jaringan internet.

Itulah tadi dijelaskan cara penyebab dan cara yang dapat dilakukan ketika kartu perdana Tri (Three) tidak muncul jaringan internet setelah mengaktifkan data seluler.

Apabila kartu perdana Tri (Three) sudah diblokir atau masa aktifnya sudah habis, maka cara di atas tidak bisa digunakan dan disarankan untuk membeli kartu perdana baru lalu lakukan registrasi kartu perdana dengan cara yang ada di atas jika menggunakan kartu perdana baru Tri (Three).

Nah itulah tadi cara mengatasi data seluler tidak muncul tri, semoga artikel ini dapat membantu kamu ya. Terimakasih telah berkunjung!