Tips Memilih Graphics Card Laptop Paling Sesuai Dengan Kebutuhan

Graphics Card Laptop

Graphics Card Laptop – Jika saat ini Anda sedang cari spek yang bagus untuk laptop jenis graphics card laptop artikel ini bisa membantu. Ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan ketika memilih sebuah perangkat keras seperti laptop dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa pertimbangannya. 

Tips Memilih Hardware Graphics Card Laptop Terbaik 

Laptop tidak hanya menjadi perangkat untuk membuat catatan laporan saja. Ada banyak kegiatan bisa dilakukan disana, salah satunya adalah gaming atau grafis. Agar bisa melakukannya dengan baik sebelum itu Anda harus bisa memilih jenis VGA laptop dengan spesifikasi yang tepat. 

1. Menentukan Keperluan Utama dari Pembelian Laptop

Hal pertama yang harus dipikirkan ketika akan membeli hardware adalah harus tahu terlebih dahulu kegunaan atau keperluannya. Apakah hanya sebatas untuk membuat laporan di word dan Excel atau memang ada keperluan lainnya. Misalnya saja bermain game online yang membutukan tampilan detail.

Untuk mendukung tampilan grafis yang jernih dan detail, kemudian juga perintah dari processor juga harus diterjemahkan ke monitor secara jelas dan gamblang. Dengan begitu barulah permainan bisa berjalan lancar. Itulah mengapa Anda butuh graphics card laptop VGA yang mumpuni. 

2. Pahami Kebutuhan Sistem Software yang akan Digunakan 

Kembali lagi setiap software pastinya memiliki keunggulan dan kelebihannya masing-masing. Agar bisa memudahkan dalam memilh graphics card laptop sebaiknya sebaiknya pahami kebutuhan sistem software yang dijalankan. Jangan pasang graphics card laptop melebihi kapasitas semestinya. 

Bila tidak dipertimbangkan dengan baik maka program pada laptop atau komputer juga tidak dapat dijalankan dengan baik. Bahkan program aplikasi juga bisa menolak bila ada ketidaksinambungan dari software juga sistem di dalamnya. Termasuk penggunaan graphics card laptop.

3. Pakai yang Sesuai dengan Motherboard

Ibarat sebuah badan maka semua organ harus berfungsi dengan baik agar tetap sehat. Begitupun laptop atau komputer, semua komponen sistem dalam motherboard harus berkesinambungan dengan baik. Anda bisa ambil contoh pada produk Asus, dukungan VGA dan graphics card laptop yang kompatible. 

Dukungan ini tentunya demi memenuhi kebutuhan dan progres performa dari laptop atau komputer. Untuk memastikan VGA graphics card laptop yang dipilih sudah benar, Anda juga harus sedikit belaajr tentang sistem pada motherboard. Karena nantinya akan dipasang pada sistem ini jadi harus pas. 

4. Menentukan Kapasitas dari VRAM 

Pertimbangan selanjutnya yang harus dilakukan adalah langsung menentukan kapasitas dari VRAM. Video RAM atau yang disingkat jadi VRAM merupakan tempat untuk menyimpan data-data berupa visual sebelum akhirnya dirender dan ditampilkan pada layar monitor. 

Walaupun secara teknis VRAM dan graphics card laptop, namun nyatanya kinerja dari keduanya tetap pada konteks yang sama yakni data-data visual. Bila kapasitas VRAM lebih besar juga tidak akan membuat VGA bekerja dua kali lipat. Keduanya tetap punya pekerjaan masing-masing. 

5. Menyesuaikan VGA Card Pada Monitor

Terakhir adalah menyesuaikan kapasitas VGA graphics card laptop dengan monitor. Karena nantinya semua data visual dari VGA memang akan ditampilkan ke monitor, pastikan keduanya punya kapasitas yang sudah sesuai agar tidak membuat kerusakan pada salah satu sistem saja. Anda bisa lihat artikel ini untuk cara cek VGA laptop.

Selain faktor koneksi Anda juga harus mempertimbangkan faktor resolusinya. Biasanya semakin tinggi tingkat resolusi pada VGA graphics card laptop maka resolusi tampilan hasil akhir juga akan bertambah bagus. Kedua faktor ini harus dipertimbangkan dengan baik agar tidak membuat performa maksimal.

Rekomendasi Kemampuan Graphics Card Laptop High End Pada Laptop

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi tentu saja produk-produk digital juga semakin canggih. Misalnya saja laptop dan komputer, jika dulunya hanya bisa dipakai untuk menulis saja. Sekarang dengan peningkatan graphics card laptop fungsinya bertambah yakni gaming misalnya. 

1. Acer Apire 3 A315-42- R3 GZ

Jenis laptop satu ini sudah masuk ke tipe high end. Dengan harga mencapai Rp 7 jutaan membuat pengguna sudah bisa merasakan grafis detail dan jernih. Menikmati penyimpanan vega 8 dan RAM 8GB. Soal graphics card laptop memang sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Akses memorinya besar bahkans sampai dua built-in stereo, sangat memuaskan untuk audio musik maupun gaming. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa merasakan kepuasan dari layar monitor berukuran 15,6 inci dengan reosulsi sampai 1.366 x 768 piksel.

2. Acer Predator Nitro 5 AN515 – 43

Tipe predator selanjutnya adalah Acer Predator Nitro 5 AN515 -43 yang masuk ke level high end selanjutnya. Generasi ketiga ini merupakan pilihan para gaming untuk melibas semua permain favorit mereka. Tampilan graphics card laptopnya memang sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Dengan tampilan graphics yang detail tentu saja pengguna akan semakin menikmati permainan favoritnya. Ditambah lagi berkat dukungan pengolahan grafis yang baik dari sistem AMD performa dari laptop satu ini semakin tak tertandingi. Belum lagi desainnya yang stylish dan maksimal.

3. Lenovo IdeaPad L340 1 51RH – 8 KID

Baru-baru ini Lenovo juga sudah mengeluarkan tipe terbarunya yakni Lenovo IdeaPad L340 51RH – 8 KID. Lewat serinya kali ini sangat memanjakan pengguna dengan tampilan graphics card laptop yang menawan. Tipe satu ini juga dinilai populer dan unggul. 

Selain itu Lenovo seri IdeaPad kali ini memiliki harga yang masih merakyat. Cukup dengan Rp 9 juta saja pengguna sudah mendapatkan laptop fungsional. Dipakai untuk keperluan administrasi bagus, untuk gaming atau grafis juga tak kalah mumpuni. 

Penutup

Perpaduan prosesor intel mumpuni dan juga harga bisa dijadikan pertimbangan ketika Anda memilih laptop grafis. Kemampuan dari graphics card laptop memang sangat penting diperhitungkan demi menjamin kepuasan saat menggunakannya. Mungkin itu saja untuk artikel kali ini, sampai ketemu lagi di artikel TeknoApps berikutnya.